» » METODOLOGI PENULISAN TUGAS AKHIR PENGELOLAAN KELAS

METODOLOGI PENULISAN TUGAS AKHIR PENGELOLAAN KELAS

A. Metode Penulisan
Untuk penulisan tugas akhir ini penulis bertujuan untuk mendiskripsikan  tentang pengelolaan kelas ditinjau dari  situasi dan kondisi kelas. Berdasarkan hal tersebut penulisan ini memfokuskan pada hasil pengamatan secara obyektif  di lapangan tentang pengelolaan kelas ditinjau dari situasi dan kondisi kelas. Metode penulisan akhir ini adalah menggunakan metode penulisan deskriptif. Metode deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai data yang diperoleh.
B. Sasaran Penulisan
Sasaran pengamatan dalam penulisan pengamatan pengelolaan kelas adalah guru kelas VA SDN Bendogerit 01.
C. Teknik Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data-data tentang pelaksanaan pengelolaan kelas VA di SDN Bendogerit 01 kota Blitar, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara.
1. Observasi (Pengamatan)


24
Observasi adalah teknik atau cara untuk mengamati suatu keadaan atau suatu kegiatan  (tingkah laku). Untuk memperlancar kegiatan observasi digunakan alat observasi berupa checklist dan untuk teknik observasi yang digunakan adalah observasi parsitipatif dimana observer berada di dalam situasi yang diamati. Observasi dilaksanakan pada saat proses belajar mengajar di dalam kelas. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang pengelolaan kelas.
Waktu pelaksanaan observasi dilaksanakan pada tanggal 14 November 2008 di  kelas VA di SDN Bendogerit 01 kota Blitar.
2. Wawancara
Wawancara adalah teknik pengumpulan informasi melalui komunikasi langsung dengan responden dalam hal ini bisa siswa, orang tua siswa, guru, atau orang lain yang dimintai keterangan tentang siswa.
Wawancara dilakukan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang diperlukan dirancang dan disusun terlebih dahulu yaitu ditujukan pada wali kelas VA di SDN Bendogerit 01 kota Blitar. Digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan
Waktu pelaksanaan wawancara dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2008.
D. Teknik Analisis Data
Setelah data pengamatan terkumpul semua, maka dilaksanakan analisis data. Kegiatan analisis ini dimaksudkan agar data yang telah diperoleh dari pengamatan dapat diartikan secara jelas. Data-data yang ada disederhanakan dan difokuskan pada topik yang dibahas yaitu pengelolaan kelas ditinjau dari situasi dan kondisi kelas kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.



SekolahDasar.Net | 9 April 2009
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA