Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Paguyuban Kelas

Keterlibatan orang tua siswa terhadap kepentingan sekolah merupakan salah satu peran serta masyarakat terhadap pendidikan. Keterlibatan ini diwujudkan salah satunya melalui paguyuban kelas. Dalam paguyuban kelas tersebut, orang tua dapat menyampaikan ide dan membantu terwujudnya kemajuan anak-anaknya, serta dapat mengetahui bagaimana aktivitas belajar anaknya di sekolah.

Tujuan utama paguyuban kelas adalah kerjasama yang diadakan untuk memajukan kelas berdasarkan kesepakatan bersama, antara guru, siswa, dan orang tua siswa. Secara kesluruhan, paguyuban merupakan langkah yang paling dasar untuk mewujudkan peningkatan kualitas dalam suatu sekolah.

Dalam satu sekolah, program dan gerakan dari paguyuban kelas berbeda-beda. Hal itu tergantung dari kesepakatan tiap-tiap kelas, dan kondisi kelas itu sendiri.
Melalui paguyuban kelas, orang tua juga dapat memotivasi dan mendidik anak di luar KBM di kelas. Termasuk mengadakan kegiatan sosial dan praktik pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, anak tidak hanya memiliki prestasi akademik, tetapi juga memiliki wawasan di bidang yang lain.