» » Tujuan Administrsi Sekolah

Tujuan Administrsi Sekolah

Pelaksanaan kegiatan administrasi baik secara individu maupun kelompok organisasi berkaitan denga tujuan organisasi. Agar tujuan organisasi dapat tercapai secara efektif maka dilakukan efesiensi kerja. Berbicara masalah efesiensi kerja tentunya berkaitan dengan pengaturan atau tata kelola administrasi yang dalam hal ini adalalah tata kelola administrasi sekolah.

Efisien (daya guna) adalah proses penghematan 7M+ 1I (man, money,material, machines, methods, marketing, and minutes + informasi) dengan cara melakukan pekerjaan dengan benar (do things right), sedangkan efektif (hasil guna) adalah tingkat keberhasilan pencapaian tujuan (outcome) dengan cara melakukan pekerjaan yang benar (do the right things). Efektif juga berarti mampu mencapai tujuan dengan baik. Jika efiesien lebih memfokuskan diri pada proses penghematan maka efektivitas lebih memfokuskan diri pada output atau hasil yang diharapkan. Sesuatu yang efektif belum tentu efisien dan sesuatu yang efisien juga belum tentu efektif.

Kegiatan administrasi meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya organisasi. Keempat komponen tersebut merupakan suatu sistem yang terpadu, yakni antara satu dengan lainnya saling berkaitan secara utuh. Artinya, Perencanaan harus diorganisasikan, diarahkan, dan dikendalikan. Pengorganisasian juga harus direncanakan, diarahkan, dan kemudian dikendalikan. Begitu pula pengendalian pun harus rencanakan, diorganisasikan, diarahkan, dan dikendalikan.

Berdasarkan illustrasi di atas maka dapat dirumuskan tujuan administrasi sekolah sebagai berikut.
1. Memberi arah dalam penyelenggaran sekolah,
2. Memberikan umpan balik bagi perbaikan proses dan hasil pendidikan di sekolah.
3. Meningkatkan mutu penyelenggaraan administrasi sekolah,
4. Menuju tertib administrasi.
5. Mewujudkan suasana belajar dan proses Pembelajaran, yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM).
6. Menunjang tercapaianya program sekolah secara efektif dan efisien.



SekolahDasar.Net | 8 Juli 2010
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA