Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pembelajaran Menggunakan Media Komik “SUKI”

Apakah itu komik “Suki”? Komik Suki merupakan kependekan dari “ Semua Untuk Karakter Siswa”. Salah satu inovasi yang dihasilkan oleh salah satu kelompok inovasi pendidikan mahasiswa PGSD UNY 2009. Komik Suki merupakan media pembelajaran yang dikembangkan untuk lebih memahamkan siswa mengenai karakter tertentu. Dalam komik yang pertama adalah mengenalkan mengenai karakter kedisiplinan.

Komik Suki menceritakan seorang anak yang tidak disiplin dan yang kurang disiplin. Setiap hari dia terlambat. Di juga jarang mandi. Kemudian ada suatu kejadian yang mengakibatkan dia kapok untuk tidak disiplin. Apa gerangan kejadian tersebut. Silahkan di baca.

Strategi pembelajaran menggunakan media komik “SUKI” (Semua Untuk Karakter Siswa) . Komik ini diberikan untuk anak kelas tinggi pada pembelajaran tentang karakter. Dapat diberikan dengan terintegrasi dengan mata pelajaran tertentu pada kurikulum 2013, bahasa Indonesia atau mata peajaran PKn. Ciri khas pada komik ini adalah berkolaborasi dengan metode cooperative learnening serta “SUKI” sebagai seorang tokoh atau mascot dalam komik.

Bentuk Komik. Kritik dan saran sangat kami harapkan
Langkah Penggunaan
Komik SUKI digunakan dalam sebuah pembelajaran, komik ini disajikan untuk memberikan contoh perilaku yang kurang baik yang kadang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Langkah-langkah penggunaan komik SUKI dalam pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Apersepsi mengenai kondisi saat ini, masa depan dan keseharian warga kelas.
2. Guru membagikan komik kepada siwa.
3. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa.
4. Siswa berdiskusi mengenai tokoh, sifat dan pesan yang terkandung dalam komik yang dibacanya.
5. Guru memberikan penekanan mengenai berbagai cerita, unsur yang ada di dalamnya.

*) Ditulis dan dikirim oleh Anjar Nanuwijaya | anjarnanuwijaya@gmail.com