» » » Media Pembelajaran Slaide Dari Kalender Bekas

Media Pembelajaran Slaide Dari Kalender Bekas

Menjadi guru di era globalisasi memerlukan pemikiran yang kreatif dan inofatif, menanamkan kosep kepada siswa dan menumbuhkan siawa berfikir kreatif adalah tantangan untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran. Kesulitan dalam membelajarkan siswa kelas 5 (lima) tentang bagian – bagian batang tumbuhan pada siswa SD Negeri 1 Winongsari telah mengispirasi saya untuk membuat media yang inofatif dan kreatif , sudah beberapa kali memberi tugas dan menjelaskan ternyata masih ada beberapa anak yang belum bisa menyebutkan bagian bagian batang tumbuhan. Keterbatasan media pembelajaran membuat saya berfikir dan berinofasi sampai akhirnya saya menemukan slaide sederhana dari kalender bekas sebagi media dalam pembelajaran.

Slaide kalender adalah sebuah media yang terbuat dari kalender bekas dan dibuat menyerupai slaide. Slaide ini mempunyai beberapa slaide yang di gunakan untuk membedakan bagian -bagian batang. Media pembelajaran ini memanfaatkan barang bekas untuk membuatnya, media ini mudah karena bahan-bahanya mudah di temukan dan menumbuhkan kreatifitas siswa.

Sujono Trimo memberikan pengertian motivasi adalah suatu kekuatan penggerak dalam prilaku individu dalam prilaku individu baik yang akam menentukan arah maupun daya tahan (perintence) tiap perilaku manusia yang didalamnya terkandung pula ungsur-ungsur emosional insane yang berasangkutan.

Siswa membuat slaide dari kalender bekas dalam kelompok Dalam kegiatan awal saya memberika motifasi agar siswa dalam berfikir lebih siap, pemberian buku dan materi yang sesuai, dan menjelaskan kegiatan kegiatan yang perlu dilakukan dalam kelompok siswa bekerja dalam kelompok untuk menentukan poin–poin yang akan di masukan pada slaide kalender.

Siswa membuat slaide dari kalender bekas dalam kelompok

Memberikan motifasi kepada anak sangat penting karena dengan motifasi yang baik akan menimbulkan rasa percaya diri anak sehingga proses pembelajaran akan lebih evektif dan kretifitas anak sangat dibutuhkan agar terwujutnya pembelajaran yang berkarakter sebagai guru bukan hanya pandai mengajar dan pandai memilih metode pembelajaran tetapi bagaimana membuat anak bisa berkreasi dan bisa menghasilkan karya dan sesui dengan materi pembelajaran, ceramah yang lama, member pekerjaan ruamah yang berlebiahan sekarang sudah bukan menjadi tuntutan yang utama dalam dunia pendidikan.

Dalam kegiatan kelompok siswa mengambar slaide bagian-bagian batang tumbuhan dengan mengunakan kreatifitas mereka dan kebersamaan yang terlihat menambah kegiatan pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan.

Dengan diskusi dan kreatifitas siswa mengambar bagian slaide

Contoh Slaid kalender karya siswa

Pada slaide pertama siswa mengambarkan tumbuhan dan member judul, slaide kedua siswa menggambar batang tumbuhan ,untuk slaide yang ke 3 siswa mengambar dan member tanda untuk bagian kulit terluar (crok) dan fungsinya dan bagian yang ke 4 siwa menggambar bagian floem beserta fungsinya , bagian slaide yang ke 4 siswa menggambar dan memberi tanda untuk bagian xylem sebagai slaide yang terakhir siswa mengisi dengan kesimpulan.

Siswa mempresentasikan hasil karya siswa

Dalam kegiatan akhir siswa mempresentasikan hasil karya meraka, dengan slaide dari kalender siswa mampu menjelaskan bagiaan-bagian batang tumbuhan dan manfaatnya, dengan kegiatan persentasi dapat menumbuhkan keberanian siwa berbicara didalam kelas untuk menjelaskan materi pembelajaran yang sesuai.

Melalui slaide kalender bekas ini saya terbantun untuk melakuan pembelajaran yang efektif dan terbantu untuk melakukan penilaian karena disamping bisa melakukan penial produk saya juga bisa menilai performance, saya bisa mengetahui kemampuan siswa bekerja sama dalam kelompok dan kreatifitas siwa melalui pembuatan media sederhana dari kalender bekas.dan melihat kemampuan anak untuk menyampaikan materi di depan kelas dengan bantuan media yang mereka buat bersama – sama dalam kelompok.

*) Dikirim oleh SUKONO, S.Pd
Lahir tahun 1987 lulus kuliah tahun 2010 sekarang menjadi guru wiata bakti di SD Negeri 1 Winongsari Kec Kaliwiro, Kab Wonosobo.


SekolahDasar.Net | 30 Juni 2013
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA