• Download POS UN SD/MI/SDLB Tahun 2013
    Badan Nasional Pendidikan (BNSP) telah merilis Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2012/2013 untuk tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)/SDLB. Dalam POS UN SD/MI dan SDLB, Tahun Pelajaran 2012/2013 tercantum beberapa sub bab yang menjadi pedoman dalam penyelenggaraan UN SD/MI/SDLB.

    Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional, selanjutnya disebut POS UN, Tahun Pelajaran 2012/2013 menyebutkan beberapa ketentuan, misalnya:

    Ujian Sekolah/Madrasah selanjutnya disebut Ujian S/M adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh sekolah/madrasah.

    Ujian Nasional SD/MI, SDLB, yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian kompetensi lulusan SD/MI, SDLB, secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

    Kisi-kisi soal UN adalah acuan dalam pengembangan dan perakitan soal UN yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar.

    Pada Sub kedua POS UN SD/MI/SDLB, memberikan penjelasan tentang peserta ujian nasional yang menyangkut: (A.) Persyaratan Peserta Ujian Nasional (UN), (B.) Pendaftaran Peserta UN. Selanjutnya pada sub ketiga menjelaskan tentang Penyelenggara UN yang terdiri atas Penyelenggara UN Tingkat Pusat, Penyelenggara UN Tingkat Provinsi, Penyelenggara UN Tingkat Kabupaten/Kota, dan Penyelenggara UN Tingkat Sekolah/Madrasah.

    Selengkapnya POS UN SD/MI dan SDLB, Tahun Pelajaran 2012/2013 bisa didownload di sini atau di sini.

    more
  • Jadwal Pengangkatan Honorer K2 Jadi CPNS 2013
    Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2012 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS, Ada beberapa ketentuan pengangkatan tenaga honorer kategori 2 (K2) menjadi CPNS. Tenaga honorer K2 dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan negara berdasarkan formasi sampai dengan Tahun Anggaran 2014.

    Pengangkatan tenaga honorer K2 dilakukan melalui pemeriksaan kelengkapan administrasi dan lulus seleksi ujian tertulis kompetensi dasar dan kompetensi bidang sesama tenaga honorer. Seleksi ujian tertulis kompetensi dasar sesama tenaga honorer K2 dilaksanakan 1 (satu) kali dengan materi Tes Kompetensi Dasar (TKD).

    Kabar terbaru menyebutkan pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) segera diproses. Menteri PAN-RB telah menetapkan jadwal tes honorer K2 pada Juli 2013, formasi penempatan Agustus 2013, dan SK CPNS direncanakan diterbitkan Januari 2014.

    Jadwal rencana proses pengangkatan honorer K2 jadi CPNS

    Februari 2013
    * Penyampaian listing data tenaga honorer kepada instansi untuk dilakukan pengumuman (uji publik) selama 21 hari melalui media koran lokal dan media online (website BKN) BKN /Kanreg BKN
    * Penyampaian laporan hasil uji publik oleh instansi kepada Men.PAN&RB / BKN
    * Sosialisasi rencana seleksi tenaga honorer K II secara nasional

    Maret 2013
    * Penerimaan dan penyelesaian pengaduan dalam masa sanggah setelah uji public
    * Penyusunan dan penetapan kebijakan pengadaan CPNS tahun 2013 oleh MenPAN&RB
    * Penyusunan juknis pengadaan CPNS tahun 2013 oleh BKN

    April 2013
    * Penyusunan nominatif TH Kategori II yang tidak ada masalah
    * Keputusan kepastian jumlah TH Kategori II per instansi oleh BKN
    * Pembuatan formulir pendaftaran dan tanda pengenal peserta ujian oleh instansi
    * Pembuatan buku petunjuk/tata tertib ujian

    Juni 2013
    * Pembuatan master soal ujian kompetensi bidang/teknis oleh instansi pembina jabatan fungsional
    * Penyampaian master soal (encrypt) dan formulir LJK ujian kompetensi dasar oleh Konsorsium kepada Panselnas dan disimpan bersama ke brankas BRI disaksikan oleh Karo Humas/Inspektur KemPAN-RB

    Juli 2013
    * Penentuan jadwal dan tempat pelaksanaan ujian kompetensi dasar dan kompetensi bidang oleh Instansi dan Panselnas
    * Penyerahan master soal, formulir LJK ujian kompetensi dasar kepada instansi untuk digandakan dan didistribusikan ke lokasi tes
    * Pelaksanaan ujian tertulis kompetensi dasar dan kompetensi bidang
    * Penentuan kelulusan ujian kompetensi dasar sesuai dengan passing grade dan kompetensi bidang dan batas waktu penyampaian berkas

    Agustus 2013
    Penetapan formasi dan penempatan tenaga honorer kategori II per instansi secara nasional berdasarkan pertimbangan Kepala BKN

    Desember 2013
    Proses penetapan NIP TH kategori II

    Januari 2014
    Penetapan SK CPNS oleh instansi

    Selengkapnya jadwal  tabel jadwal pelaksanaan tenaga honorer kategori II bisa didownload di sini.

    more
  • 7 Pertimbangan dalam Memilih Sekolah untuk Anak
    Setiap orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Pendidikan adalah 'investasi jangka panjang' untuk kesuksesan anak di masa datang. Oleh sebab itu orang tua tidak akan sembarangan dalam memilih sekolah untuk anaknya.

    Orang tua rela membayar mahal demi meraih pendidikan yang berkualitas. Namun, sebenarnya apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak Anda? Menurut Psikolog dan pengamat pendidikan anak, Seto Mulyadi, dikutip dari Kompas.com, Setidaknya ada 7 kriteria yang menjadi acuan orang tua dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak.

    1. Lihat visi misi sekolah tersebut. Visi misi sekolah akan menentukan kurikulum yang digunakan. Sesuaikah visi misi sekolah tersebut dengan pandangan pendidikan di keluarga dan harapan orangtua?

    2. Pertimbangkan sekolah bagus dengan tenaga pengajar yang bagus juga. Guru adalah ujung tombak yang menentukan anak akan belajar dan bermain dengan menyenangkan atau tidak.

    3. Perhatikan kondisi sekolah dan lingkungan di sekitarnya, termasuk kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah. Cukupkah untuk mendukung proses belajar-mengajar yang menyenangkan bagi anak?

    4. Perhitungkan jarak sekolah dari rumah. Jangan sampai terlalu jauh sehingga anak lelah di jalan dan tidak semangat belajar.

    5. Kenali karakter anak dan kebutuhannya untuk menentukan sekolah yang sesuai dengan anak. Misalnya, anak yang suka bergerak cocok disekolahkan di sekolah alam.

    6. Pengenalan akan karakter dan kebutuhan juga membantu mengenali durasi bersekolah dan komposisi durasi pengajaran di sekolah, misalnya dengan untuk menentukan butuh sekolah dengan durasi yang lebih banyak waktu bermain atau belajar.

    7. And last but not least, pikirkan matang-matang kemampuan finansial Anda untuk membayar segala biaya yang dibutuhkan, baik uang pangkal maupun uang bulanan ke depannya. Pastikan Anda memiliki sumber-sumber dana yang cukup untuk konsisten membayar ke depannya.

    Biaya yang mahal belum tentu menetukan kualitas sekolah. Di masa sekarang ini, dalam memilih sekolah tidak hanya sekedar fasilitas sekolah yang serba tersedia, orang tua juga harus cermat dan cerdas dalam memilihkan sekolah untuk anaknya tersayang. Sekolah yang tepat akan memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak.

    Selain mempertimbangkan tujuh kriteria di atas, orang tua juga harus melibatkan anak dalam meilih sekolah. Orang tua mengetahui kriteria apa yang patut dipertimbangkan dan mengenali lebih dulu kebutuhan anak-anak dalam pendidikan. Caranya, anak diberikan hak bersuara untuk menentukan sekolah yang menyenangkan baginya untuk belajar dan bermain.

    more
  • Download Kumpulan Soal PKn Kelas 5 Semester 2
    Kumpulan Soal PKn Kelas 5 Semester 2
    Kumpulan Soal PKn Kelas 5 Semester 2
    Kumpulan soal pendidikan kewarganegaraan (Pkn) untuk kelas 5 SD semester 2, untuk soal-soal ulangan harian atau formatif. Pkn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.

    Stándar Kompetensi dan Kompetensi Dasar PKn Kelas V, Semester 2
    3. Memahami kebebasan berorganisasi
    3.1 Mendeskripsikan pengertian organisasi
    3.2 Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
    3.3 Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah

    4. Menghargai keputusan bersama
    4.1 Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama
    4.2 Mematuhi keputusan bersama

    Berikut adalah link atau tautan untuk mendownload kumpulan soal Pkn kelas 5 semester 2, untuk ulangan harian atau untuk latihan soal. Nantinya, bapak ibu guru SD/MI bisa mengembangkannya lagi.

    SOAL UH 1 PKn KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]
    SOAL UH 2 PKn KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]
    SOAL UH 3 PKn KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]
    SOAL UH 4 PKn KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]
    SOAL UH 5 PKn KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]

    Klik download pada link di atas, dan jangan lupa berbagi dengan yang yang lain dengan cara tekan tombol like/suka, atau dengan tweet. Dan untuk mendapatkan soal PKn kelas 5 yang semester 1, bisa didownload di sini.

    more
  • Download Soal Matematika Kelas 5 Semester 2
    Kumpulan Soal Matematika Kelas 5
    Kumpulan Soal Matematika Kelas 5

    Banyak anak yang ketika mengerjakan soal matematika hasilnya kurang baik. Ada juga yang menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. Selain melalui penanam konsep matematika yang menyenangkan dan kreatif, hendaknya guru juga rajin memberikan soal-soal latihan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.

    Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SD/MI meliputi aspek-aspek: 1. Bilangan, 2. Geometri dan pengukuran, dan 3. Pengolahan data. Berikut Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas V Semester 2:

    5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
    5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
    5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
    5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
    5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala

    6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
    6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
    6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
    6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
    6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
    6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana


    Berikut adalah link/tautan untuk mendownload kumpulan soal ulangan harian Matematika kelas 5 semester 2. Nantinya, bisa Bapak Ibu guru SD/MI kembangkan lagi.

    SOAL UH 1 MATEMATIKA KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]
    SOAL UH 2 MATEMATIKA KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]
    SOAL UH 3 MATEMATIKA KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]
    SOAL UH 4 MATEMATIKA KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]

    Klik download pada link di atas, dan jangan lupa berbagi dengan yang yang lain dengan cara tekan tombol like/suka, atau dengan tweet. Dan untuk mendapatkan soal Matematika kelas 5 yang semester 1, bisa didownload di sini.

    more
  • Usulan Guru SD Dampingi Siswa Sejak Kelas I - VI
    Usulan Guru SD Dampingi Siswa Sejak Kelas I - VI
    Guru mengetahui persis perkembangan setiap siswa (ilustrasi: republika)
    Ada usulan untuk guru sekolah dasar (SD) sebaiknya membimbing atau mendidik siswa sejak kelas I sampai kelas VI. Ketika seorang guru mengajar kelas 1 lalu tahun berikutnya mengajar siswa yang sama di kelas II dan seterusnya sampai kelas VI. Bukan hanya siswa yang naik kelas, gurunya juga. Dengan pendampingan siswa secara berkelanjutan guru bisa mengetahui persis perkembangan setiap siswa. Metode ini juga dapat mengembangkan wawasan keilmuan dan kompetensi guru.

    Usulan guru kelas SD mendampingi siswa sejak dari kelas I sampai kelas 6 ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Guru Besar Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang, Supriyono. ”Bukan hanya siswa yang naik kelas, gurunya juga. Jadi, guru tak selamanya di kelas I atau kelas II. Mau tidak mau wawasan keilmuannya akan bertumbuh,” kata Supriyono seusai rapat dengar pendapat umum dengan panitia kerja kurikulum Komisi X DPR (21/01/2013).

    Metode seperti ini akan sesuai dengan metode yang akan digunakan pada Kurikulum 2013 yaitu pembelajaran tematik integratif. Dalam metode tematik integratif, materi ajar tidak disampaikan berdasarkan mata pelajaran tertentu, melainkan dalam bentuk tema.

    Supriyono mengapresiasi upaya pengembalian pendidikan dasar pada metode pembelajaran tematik integratif integratif. Pendidikan dasar harus umum karena menjadi dasar bagi jenjang pendidikan selanjutnya. Kekhawatirannya adalah kesiapan mental guru dalam menerapkannya pada kurikulum baru.

    ”Tak bisa langsung spesialisasi bidang tertentu. Risikonya, penyiapan guru butuh waktu paling tidak setahun. Saya khawatir guru tak siap secara mental jika dilaksanakan tahun ini,” kata Supriyono.

    Sementara itu, pengamat pendidikan HAR Tilaar mempunyai pemikiran yang berbeda dengan Supriyono. Ia menilai metode tematik integratif itulah yang menjadi persoalan di Kurikulum 2013. Contohnya peleburan mata pelajaran IPA dan IPS ke Bahasa Indonesia, tak bisa dilakukan karena akan menyulitkan menumbuhkan minat siswa terhadap sains.

    ”Pendidikan dasar itu mengajarkan tiga hal. Membaca, menulis, dan menghitung. Bagaimana caranya mau disatukan dalam Bahasa Indonesia? Uji coba dan evaluasi saja dulu. Jangan-jangan nanti anak bisa membaca tapi tak bisa menghitung,” kata Tilaar dikutip dari Kompas.com

    Mohammad Fakry Gaffar, Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia menilai Kurikulum 2013 belum siap diterapkan. Banyak hal perlu diselesaikan, seperti kelengkapan dokumen, konten/isi kurikulum, dan panduan implementasinya yang belum tersusun lengkap. ”Dokumennya saja belum lengkap. Kesiapan implementasi ini yang dipertanyakan banyak pihak,” kata Fakry

    Bagaimana menurut pendapat Bapak Ibu mengenai usulan guru kelas SD mendampingi siswanya, mengikuti mulai dari kelas I hingga kelas VI? Apakah hal ini tidak akan menyeabakan kebosanan bagi siswa maupun guru, karena itu berarti selama 6 tahun akan bersama guru dan siswa yang sama? Dan bagaimana juga kesiapan Bapak Ibu terhadap Kurikulum 2013, sudahkan siap? Tulis saja komentarnya di kotak komentar!

    more
  • Download Kumpulan Soal IPA Kelas 5 Semester 2
    Download Kumpulan Soal IPA Kelas 5 Semester 2
    SekolahDasar.Net - Kumpulan Soal
    Kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), siswa harus dievaluasi, salah satu tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dan untuk melakukan program perbaikan. Bentuk tes evaluasi yang bisa dipakai adalah tes, untuk mengetahui hasil akhir belajar siswa setelah mempelajari materi IPA.

    Sesuai standar isi kurikulum, IPA di SD/MI terdapat Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh siswa.

    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPA Kelas 5 Semester 2
    5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
    5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
    5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat

    6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
    6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
    6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya

    7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
    7.1 Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan
    7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
    7.3 Mendeskripsikan struktur bumi
    7.4 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya
    7.5 Mendeskripsikan perlunya penghematan air
    7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan
    7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)


    Inilah beberapa soal-soal IPA SD untuk kelas 5 semester 2. Dengan memberikan evaluasi, guru bisa memperbaiki program pengajaran sehingga nantinya didapatkan hasil maksimal belajar siswa.

    SOAL UH 1 IPA KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]
    SOAL UH 2 IPA KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]
    SOAL UH 3 IPA KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]
    SOAL UH 4 IPA KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]
    SOAL UH 5 IPA KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]

    Klik link/tautan untuk mendownload kumpulan soal IPA kelas 5 semester 2. Nantinya, nantinya Bapak Ibu mengembangkannya lagi. Untuk mendownload yang semester 1, bisa di sini dan Jangan lupa berbagi dengan yang yang lain dengan cara tekan tombol like/suka, atau dengan tweet.

    more
  • Download Soal Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 Setelah semester satu lalu sudah memposting Kumpulan soal Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1, kini saatnya untuk berlanjut ke semester 2. Bahasa Indonesia pada dasarnya mencakup komponen berbahasa dan mengapresiasi sastra. Ruang lingkup Bahasa Indonesia di SD meliputi: mendengarkan, berbicara, menulis dan membaca.

    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Kelas V Semester 2
    5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
    5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan
    5.2 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)

    6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
    6.1 Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
    6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

    7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
    7.1 Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca
    7.2 Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan melalui membaca memindai
    7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat

    8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
    8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
    8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan
    8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat



    Berikut adalah link/tautan untuk mendownload kumpulan soal Bahasa Indonesia kelas 5 semester 2. Nantinya, bisa Bapak Ibu guru SD/MI kembangkan lagi.

    SOAL UH 1 BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]
    SOAL UH 2 BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]
    SOAL UH 3 BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER 2 [DOWNLOAD]

    Klik download pada link di atas, dan jangan lupa berbagi dengan yang yang lain dengan cara tekan tombol like/suka, atau dengan tweet.

    more
  • Penerapan Kurikulum Baru Berlaku Penuh 2014
    Tahun 2013 kurikulum baru diterapkan pada 30 persen wilayah dan di tahun berikutnya tahun ajaran 2014 akan berlaku penuh di seluruh Indonesia. Mendikbud Mohammad Nuh menegaskan bahwa Kurikulum Baru akan terlebih dahulu diterapkan kepada 30 persen sekolah dasar atau SD dan ditargetkan berlaku 100 persen pada tahun 2014 di seluruh Indonesia.

    "Penerapan yang nggak total itu khusus untuk sekolah dasar atau SD, yakni minimal 30 persen dari SD yang ada di setiap kabupaten, tapi tahun berikutnya (2014) sudah harus 100 persen," kata Mohammad Nuh setelah Sosialisasi Kurikulum 2013 di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (19/01/2013).

    Kriteria 30 persen SD yang akan memberlakukan Kurikulum Baru, didasarkan pada tiga hal berkeadilan yakni merepresentasikan wilayah daerah kabupaten/kota, sekolah negeri dan swasta, serta merepresentasikan akreditasi A, B, dan C. Bagi daerah yang sudah siap, boleh menerapkan Kurikulum baru ini secara penuh mulai tahun ajaran 2013.

    "Kalau ada daerah yang bisa 100 persen seperti Surabaya ya silakan saja, karena penerapan 30 persen itu sifatnya minimal. Penerapan minimal itu kami lakukan karena sumber daya manusia Kemendikbud yang terbatas, tapi 2014 sudah harus berlaku total dan di seluruh Indonesia," kata Nuh.

    Dalam sosialisasi yang diikuti oleh guru se-Malang Raya, mereka umumnya siap melaksanakan Kurikulum 2013, karena Kurikulum baru itu tidak akan membuat guru menjadi sibuk dengan merancang silabus dan pola pembelajaran, sehingga efektivitas pembelajaran lebih maksimal. Selain di Malang sosialisasi kurikulum baru juga dilaksanakan di Gresik.

    Sumber: Antara

    more
  • Cara Pelaporan Penggunaan Dana BOS Online Ada sedikit perbedaan antara Petunjuk Teknis atau JUKNIS BOS 2013 dengan sebelumnya. Perbedaan itu salah satunya terlihat dari perintah untuk memperbarui Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sekolah seperti yang sudah berlangsung selama ini.

    Melalui Aplikasi Pendataan Sekolah data yang sudah diperbarui tersebut dikirim secara online. Dapodik akan digunakan sebagai sebagai dasar perencanaan dalam pelaksanaan program yang bersifat transaksional, seperti : penyaluran dana BOS, rehab, tunjangan guru, dan subsidi siswa miskin.

    Mulai tahun 2013 seperti yang tercantum pada JUKNIS BOS 2013, Tim Manajemen BOS Sekolah bertugas dan bertanggung jawab untuk memasukkan data penggunaan dana BOS setiap triwulan kedalam sistem online melalui www.bos.kemdikbud.go.id. Dengan pelaporan dana BOS secara online berarti menambah tugas bendahara sekolah dalam mengelola dana BOS

    Langkah-langkah pemasukan laporan dana BOS Online
    1. Kunjungi website BOS Kemendikbud di sini
    2. Untuk login ketikan Kode Registrasi Sekolah, dan Passwordnya adalah NPSN.
    Kode registrasi adalah sama seperti kode registrasi sekolah yang digunakan Aplikasi Pendataan Sekolah
    3. Setelah berhasil, tekanlah tombol "Ubah" kemudian masukkanlah data penggunaan dana BOS menurut 13 komponen
    4. Jika sudah selesai mengisi data tekan tombol "Simpan". Data tsb akan terekam di sistem pelaporan.
    5. Tekanlah "Log out" untuk keluar dari menu pemasukan data.

    Jika Bapak Ibu mengalami masalah silahkan email ke: pelaporan.BOS@gmail.com dengan menyebutkan nama sekolah, Kode Registrasi dan NPSN

    more
  • Sekolah Swasta Pun Bisa Mendapat Guru PNS
    Pada 2010, guru-guru berstatus pegawai negeri sipil yang diperbantukan di sekolah swasta ditarik dan diminta oleh dinas pendidikan untuk berdinas di sekolah negeri. Persoalan sekolah swasta tak lagi dapat bantuan tenaga pengajar dari pemerintah tak perlu terjadi lagi. Guru PNS tetap bisa diperbantukan di sekolah swasta.

    Saat ini pemerintah memberi payung hukum dalam rancangan perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Rencana revisi peratura pemerintah tersebut memberikan peluang untuk guru-guru PNS dibolehkan mengajar di sekolah swasta. Kebijakan ini dapat mengurangi keresahan sekolah swasta, yang umumnya tak mampu mengangkat semua guru menjadi guru tetap yayasan.

    ”Kebijakan soal guru PNS diperbantukan di sekolah swasta melegakan karena meringankan beban sekolah swasta. Kami juga mendorong pemerintah memperbanyak bantuan guru PNS ke sekolah swasta,” kata Sekretaris Jenderal Pengurus Besar PGRI Sahiri Hermawan dikutip dari Kompas.com (16/01/2013).

    Kabar berita guru-guru berstatus PNS boleh mengajar di sekolah swasta ini juga dibenarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Pemerintah merestui guru PNS diperbantukan ke sekolah swasta. Sebab, sekolah swasta juga berperan membantu pendidikan anak-anak bangsa.

    Terkait tunjangan profesi untuk guru-guru swasta, pemerintah juga diminta menyetarakan masa kerja guru swasta seperti guru PNS. Selama ini untuk pembayaran tunjangan profesi guru swasta, pemerintah memukul rata tunjangan profesi sebesar Rp 1,5 juta per bulan bagi guru swasta.

    PGRI mengusulkan adanya perubahan beban kerja jam guru minimal 24 jam mengajar tatap muka per minggu. Guru dengan tugas tambahan sebagai kepala sekolah, wali kelas, diusulkan 12 jam per minggu. Adapun guru selama 18 jam per minggu. Begitupun juga soal penghasilan minimal guru, pemerintah diminta menetapkan gaji minimal guru. Supaya tidak ada lagi guru yang dibayar tak layak

    ”Beban kerja guru tak hanya tatap muka di kelas. Seharusnya tugas tambahan guru yang lain juga diperhitungkan. Tampaknya ini diakomodasi di rancangan revisi PP Guru,” kata Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Sulistiyo.

    more
  • Pasang Iklan di Blog Pendidikan SekolahDasar.Net Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin bekerjasama dengan SekolahDasar.Net untuk mengembangkan usaha Anda. Era internet dan sosial media memberi peluang bagi kita untuk memperluas jangkauan pengenalan produk atau iklan. Sebagai salah satu blog, SekolahDasar.Net telah berkembang menjadi media informasi dengan kategori berita pendidikan yang dilihat lebih dari 800.000 kali/bulan. Berikut detail mengenai SekolahDasar.Net dan jaringannya yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam beriklan:

    1. Google Page Rank 3 dan Alexa Traffic Rank di bawah 200 ribu
    2. 2.500 lebih pelanggan RSS FEED via email
    3. 24.000 lebih menyukai halaman facebook SEKOLAH DASAR
    4. 2.500 lebih follower @sekolahdasar di twitter
    5. 400 lebih follower blog dan juga hadir di Google+
    6. Page view rata-rata perharinya lebih dari 30.000

    Statistik SekolahDasar.Net

    Blog SekolahDasar.Net diperbarui (update) secara berkala, 1-2 post setiap harinya. Memberikan informasi seputar pendidikan dengan pengunjungnya adalah pendidik, orang tua, dan mahasiswa, umur antara 18 - 45 tahun.

    Kami memberikan banyak model pilihan dalam beriklan, diantaranya:
    Iklan Banner dengan ukuran 465x60, 300x250, 160x600 dengan hanya menyediakan tidak lebih dari 4 spot pada halaman blog dan letak yang pasti terlihat agar iklan Anda maksimal hasilnya.

    Paid review, yaitu ulasan mengenai produk atau jasa Anda melalui postingan blog, baik dari artikel Anda sendiri atau kami yang tulis. Tingkat keterbacaan blog post yang dipublikasikan cukup tinggi karena juga disebarkan lewat sosial media dan sosial bookmark.

    Kami juga memberikan konsultasi model beriklan yang sesuai dengan keinginandan dan produk (jasa) Anda. Kami tidak menerima iklan yang mengandung dan berhubungan dengan pornografi, SARA, perjudian, dan yang melanggar Undang-Undang.

    Jika Anda berminat memasang iklan, hubungi kami

    Mari Bergabung

    more
  • Inilah Pengembangan Struktur Kurikulum Baru SD Kurikulum baru yang akan diterapkan pada ajaran baru tahun 2013 diklaim dikembangkan dari kurikulum yang sekarang masih dipakai, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam kurikulum baru perubahan yang mencolok adalah berkurangnya jumlah mata pelajaran dari 10 menjadi 6. Ada penambahan jam belajar, yaitu bertambah 4 jam perminggunya menjadi 36 jam untuk kelas tinggi.

    Dalam uji publik kurikulum kemarin, yang hanya menampilkan slide kurikulum 2013 terdapat materi seperti gambar di bawah ini:

    klik gambar untuk memperbesar

    Terilihat pada kurikulum KTSP yang semula 10 mata pelajaran menjadi 6 di kurikulum baru, yaitu: Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya, dan Penjas. Pada struktur kurikulum baru terjadi penambahan jam belajar 4 jam. Dengan metode tematik intergratif yang akan dipakai membuat guru harus menyesipkan materi yang hilang ke mata pelajaran yang masih tetap ada.

    Pada pengembangan struktur kurikulum baru rencananya yang akan menghapus mata pelajaran IPA dan IPS menuai banyak protes. Sehingga muncullah usulan struktur kurikulumbaru seperti pada slide seperti ini:

    Klik gambar untuk memperbesar

    Seperti yang nampak pada gambar slide di atas, mata pelajaran IPA dan IPS akan diajarkan pada sebagai mata pelajaran pada kelas 4 atau 5. Sebelumnya hanya ada rencana IPA dan IPS hanya akan diintegrasikan dengan mata pelajaran lain. IPA dan IPS hanya akan mendapatkan 3 jam per minggunya.

    Perubahan kurikulum 2013 untuk SD pada tahap awal hanya akan diterapkan pada 30% SD yang ada di seluruh Indonesia. Banyak kalangan menilai, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terlalu memksakan kurikulum baru ini, bahkan pengembangannya tanpa mengevaluasi kurikulum sebelumnya, KTSP. Bagaimana komentar Bapak Ibu terhapap srtuktur kurikulum baru ini?

    more
  • Kurikulum Baru Diterapkan Pada 30 Persen SD
    Pada tahap pertama penerapan kurikulum baru yang dimulai Juni 2013 untuk tingkat sekolah dasar (SD) hanya akan menyasar kepada 30 persen SD yang ada di seluruh Indonesia. Pemilihan SD sebagai awal penerapan kurikulum 2013 tanpa terbatas pada wilayah, jenis sekolah dan akreditasinya.

    Kriteria pemilihan 30 persen SD yang dijadikan sasaran penerapan tahap awal kurikulum baru pun didasarkan pada tiga hal yaitu wilayah daerah kabupaten/kota, jenis sekolah dan akreditasinya. Masing-masing akan dibagi sesuai proporsi yang sudah disiapkan oleh pihak kementerian.

    "Jadi dilihat dalam satu kabupaten/kota ada berapa jumlah SD, itu diambil 30 persennya. Nanti dibagi lagi negeri atau swastanya berapa. Kemudian dilihat lagi akreditasinya apa," jelas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh (07/01/2013) seperti dikutip dari Kompas.com

    Kemendikbud menargetkan 100 persen SD sudah menerapkan kurikulum baru pada tahun 2014. Mohammad Nuh, mengatakan bahwa sisa 70 persen SD akan menerapkan kurikulum baru pada tahun 2014. Sehingga, tidak semua siswa kelas I dan IV bisa langsung merasakan kurikulum baru ini. Bahkan jika sekolah tersebut tidak masuk dalam kuota tahap pertama maka bagi siswa yang baru akan menggunakan kurikulum baru pada kelas II dan V.

    Pemilihan 30 persen SD dilakukan supaya penerapan kurikulum baru ini merata di semua wilayah kabupaten/kota dan tanpa membedakan antara sekolah negeri atau swasta dengan akreditasi apapun. Pasalnya, penerapan kurikulum seperti ini sudah semestinya diperuntukkan bagi semua sekolah tanpa pandang bulu.

    "Dengan dibagi ini, jadi tersebar. Tidak hanya yang di kota saja yang dapat. Kemudian tidak hanya negeri saja atau akreditasi tertentu saja yang dapat. Representatif pokoknya," kata Nuh. Akses penerapan kurikulum baru ini harus semuanya. Tapi untuk SD cara ini dinilai paling sesuai karena beberapa hal yang masih terbatas.

    more
  • Jadwal UKA dan Sertifikasi Guru 2013
    Tahap penetapan calon peserta Sertifikasi Guru (Sergu) 2013 dimulai dengan Uji Kompetensi Awal (UKA). Seluruh calon peserta sertifikasi guru tahun 2013 akan mengikuti uji kompetensi yang berlokasi masing-masing kabupaten/kota. UKA 2013 dijadwalkan Februari dan sertifikasi guru dimulai April 2013 melalui tiga pola. Berikut rencana jadwal tahapan sertifikasi guru 2013 sebagaimana Lampiran Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru 2013:

    Januari 2013, Verifikasi data pada Format Verifikasi
    Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mencetak format verifikasi data dari Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru (AP2SG). Dalam format ini sudah berisi data guru yang diperlukan untuk proses sertifikasi guru berdasarkan hasil pemutahiran data guru yang telah dilaksanakan oleh operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Format tersebut diberikan kepada peserta untuk diverifikasi dan dikoreksi kebenaran datanya.

    Data guru yang akan mengikuti sertifikasi guru harus benar dan valid karena data tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2013 menetapkan soal uji kompetensi, bidang studi sertifikasi, dan data yang akan dicantumkan dalam sertifikat pendidik. Oleh karena itu, guru harus melakukan verifikasi dan koreksi data yang tercantum pada format verifikasi data. Semua koreksi data didasarkan atas dokumen pendukung.


    Februari - Maret 2013
    1. Pelaksanaan Uji Kompetensi Awal (UKA) 
    Uji kompetensi rencana akan dilakukan secara online bertempat di TUK yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Masing-masing calon peserta akan mendapat Kartu Peserta Uji Kompetensi yang dapat dicetak dari AP2SG. Bidang studi yang akan diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi guru yang telah ditetapkan.

    2. Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2013
    Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (PSDMPK-PMP) menetapkan peserta sertifikasi guru tahun 2013 berdasarkan: 1) urutan prioritas penetapan peserta; 2) hasil perangkingan berdasarkan usia, masa kerja, dan pangkat/golongan; 3) skor uji kompetensi. Hasil penetapan peserta sertifikasi guru tahun 2013 akan diinformasikan melalui website.

    3. Pencetakan Format A0
    Guru yang telah ditetapkan sebagai peserta sertifikasi guru tahun 2013 mencetak Format A0 dari AP2SG. Format A0 berisi data calon peserta sertifikasi guru hasil perbaikan data yang dilakukan oleh operator dinas pendidikan kabupaten/ kota. Peserta sertifikasi guru tahun 2013 melakukan verifikasi dan koreksi kembali terhadap data yang tercetak tersebut. Pada tahapan ini guru wajib menetapkan pola sertifikasi guru, yaitu:
    a. penerbitan sertifikat pendidik secara langsung (PSPL)
    b. portofolio (PF)
    c. pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG)

    4. Verifikasi Berkas Peserta Sertifikasi Guru 2013
    Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota memverifikasi dokumen/berkas peserta sertifikasi guru. Verifikasi data mencakup kebenaran dan kesesuaian data antara Format A0 dengan dokumen pendukung, dan kelengkapan jenis dokumen/berkas sertifikasi guru.

    5. Persetujuan (Approval) Format A1 dan Penetapan Nomor Peserta Sertifikasi Guru
    Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) melakukan verifikasi dokumen/berkas sertifikasi guru bagi peserta sertifikasi tahun 2013 yang telah ditetapkan. LPMP melakukan verifikasi kelengkapan dengan cara mengisi format verifikasi kelengkapan data yang sudah diisi oleh guru dan dinas. Kemudian LPMP melakukan persetujuan (approval) terhadap data peserta melalui AP2SG. Setelah persetujuan dilakukan, maka sistem AP2SG akan memberikan nomor peserta. Kemudian Format A1 baru dapat dicetak. Batas waktu pelaksanaan verifikasi dan validasi berkas di LPMP sampai dengan tanggal 31 Maret 2013

    April - Agustus 2013, Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2013
    Adapun 3 (tiga) pola sertifikasi guru yaitu: (1.) penerbitan sertifikat pendidik secara langsung (PSPL), (2.) portofolio (PF), dan (3.) pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG). Salah satu perubahan yang mendasar dari pelaksanaan sertifikasi guru adalah pemberian modul/bahan ajar PLPG lebih awal. Tujuannya agar guru mempunyai waktu yang cukup untuk mempelajari dan mempersiapkan diri secara substansi dalam mengikuti PLPG. Disamping itu, guru diberi informasi tentang proses PLPG dan tugas-tugas yang harus diselesaikan.

    Walaupun jadwal pelaksanaan sertifikasi guru dimulai April 2013, awal penyelenggaraan tergantung pada setiap Rayon LPTK Penyelenggara Sertifikasi Guru. Jadwal akan dibuat dengan pertimbangan antara lain kegiatan kampus (perkuliahan) dan jumlah peserta sertifikasi pada rayon yang bersangkutan.

    more
  • Nasib Mulok Bahasa Daerah di Kurikulum 2013
    Kurikulum 2013 mengakibatkan banyak perubahan, khususnya pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Metode tematik integratif yang akan diterapkan membuat mata pelajaran muatan lokal, seperti Bahasa Daerah nasibnya menjadi tidak menentu, begitupun guru-guru yang mengajar muatan lokal (Mulok) Bahasa Daerah. Guru Bahasa Daerah di Indonesia terancam kehilangan pekerjaan jika Kurikulum 2013 yang sesuai uji publik jadi diterapkan.

    Sempat terjadi aksi unjuk rasa menolak Kurikulum 2013 di depan Gedung Sate Bandung, karena perubahan kurikulum tersebut dilakukan secara reaktif dan terkesan tergesa-gesa sehingga tidak memperlihatkan adanya visi pendidikan yang jelas. Perubahan kurikulum juga tidak didahului oleh riset dan evaluasi yang sungguh-sungguh atas kurikulum saat ini yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

    "Perubahan kurikulum ini mereduksi mata pelajaran mulok khususnya pelajaran bahasa daerah," kata Iwan Hermawan dari Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Kota Bandung (31/12/2012)Kurikulum baru ini, akan mengintegrasikan pelajaran bahasa daerah ke dalam pelajaran seni budaya dan olah raga. Pengajar seni, budaya, dan olah raga akan disatugurukan sehingga selain mengancam guru bahasa daerah, Kurikulum 2013 juga mengancam guru pengajar mulok lainnya seperti guru bahasa inggris SD dan TIK.

    Sementara itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh menegaskan bahwa mata pelajaran Bahasa Daerah masih tetap ada dalam kurikulum 2013 yang pelaksanaannya diserahkan kepada masing-masing daerah. "Saya tegaskan bahwa mata pelajaran bahasa daerah tetap ada sehingga tidak perlu dikhawatirkan," kata Nuh ketika di Jambi (06/01/2013).

    Mendikbud Nuh mengatakan bahwa mata pelajaran Bahasa Daerah tetap ada yakni di kolom kurikulum seni budaya dan prakarya. Mata pelajaran Bahasa Daerah tetap sejajar dengan mata pelajaran yang lain. Bahasa Daerah dan kelompok muatan lokal lainnya tetap terbuka untuk dimasukkan ke kurikulum baru. Kemdikbud akan menyampaikannya ke publik setelah uji publik terumuskan. 

    Masih banyak pihak yang belum mengetahui bahwa Bahasa Daerah tetap ada sehingga menimbulkan polemik di masyarakat. "Sekarang banyak yang protes karena mereka belum jelas mengenai kurikulum baru ini. Kemdikbud akan menyampaikannya ke publik," jelas Nuh. Pelajaran Bahasa Daerah, akan disesuaikan pada daerah masing-masing seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur menggunakan bahasa Jawa.

     Sumber: antaranews.com

    more
  • Download Kumpulan Soal Ulangan Harian Kelas 1
    Kumpulan Soal Ulangan Harian Kelas 1

    Sekarang sudah memasuki semester 2. Tentu harus disambut dengan semangat baru untuk bisa lebih baik dari semester 1. Kali ini SekolahDasar.Net yang memberikan kumpulan soal ulangan harian untuk kelas 1 semester 2. Soal evaluasi ini digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar

    Pada kumpulan soal untuk kelas 1 ini terdiri dari 5 ulangan harian untuk semua mata pelajaran kelas 1 (IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, PKn, Seni Budaya dan Ketrampilan) sekolah dasar. Kumpulan soal ulangan harian (formatif) untuk kelas 1 ini berformat Doc. (MS Word) sehingga masih bisa diedit kembali. Untuk mendownload kumpulan soal ulangan harian kelas satu semester 2 (dua), klik link berikut ini:


    Tema Kelas 1 Semester 2:
    1. TEMA : BUDI PEKERTI
    2. TEMA : KELUARGA
    3. TEMA : LINGKUNGAN
    4. TEMA : KEBERSIHAN
    5. TEMA : KESEHATAN
    6. TEMA : PERISTIWA

    more
  • Download dan Lirik Lagu Terima Kasih Guruku

    Video Terima Kasih Guruku

    Lirik Lagu Lagu Terima Kasih Guruku
    Pagiku cerahku
    Matahari bersinar…
    Ku gendong tas merahku di pundak…
    Slamat pagi semua

    Ku nantikan dirimu
    Di depan kelasku menantikan kami..
    Guruku tersayang
    Guru tercinta

    Tanpamu apa jadinya aku…
    Tak bisa baca tulis
    Mengerti banyak hal..
    Guruku terima kasihku…

    Nakalnya diriku kadang buatmu marah…
    Namun segala maaf kau berikan..

    reff
    Guruku tersayang …
    Guru tercinta tanpamu apa jadinya aku…
    Tak bisa baca tulis mengerti banyak hal…
    Guruku terima kasihku…


    http://www.sekolahdasar.net/

    more
  • Kebutuhan Layanan Fisio Terapi Bagi Anak Tuna Daksa
    Pengertian Fisio Terapi adalah :
    Menurut Sayarti Sutopo dkk : fisio terapi adalah suatu usaha penyembuhan suatu kelainan fungsi tubuh tanpa menggunakan obat – obatan kimia ataupun pembedahan akan tetapi menggunakan tenaga alam yang ada di sekitar kita.

    Tujuan Fisio terapi :
    a.Menjaga bidang kemampuan gerak sendi ( range of motion )
    b.Mencegah terjadinya pemendekan otot – otot (contracture ) baik otot yang sehat maupum otot yang sakit. Untuk itu perlu latihan – latihan aktif pada anggota yang sehat dan memberikan gerakan –gerakan yang pasif pada anggota yang sakit, yang kemudian memberikan posisi tertentu bagi anggota tubuhnya.
    c. Mendidik kembali perasaan , terutama pada sendi dengan jalan memberikan pengertian kembali pada penderita, agar mereka melihat dan merasakan sewaktu diberikan gerakan pasif misalnya : dijelaskan ini ekstensi ( lurus ) atau fleksi ( menekuk )
    d. Mendidik gerakan kembali otot –otot ,disisni biberikan perangsang –perangsang agar otot dapat bergerak kembali dengan disadari.
    e. Mendidik gerakan fungsional atau melatih gerkan sehari-hari misalnya gerkan duduk sendiri, berdiri sendiri yang sudah barang tentu menggunakan alat Bantu penguat organ tubuh seperti : sprint, tripot dll.
    f. Menjaga agar otot yang sehat tidak atropi / mengecil dengan memberikan latihan penguatan.

    Macam – macam Fisio terapi :
    1. Hidroterapi yaitu pengobatan dengan menggunakan air sebagai sarananya.
    Macam hidroterapi meliputi :
    a. Hidrokinetik :pemanfaatan pengaruh tekanan air.
    Misalnya dengan disemprotkan.
    b. Hidrotermal : pemanfaatan pengaruh suhu sebagai daya penyembuhan.
    Misalnya air hangat
    c. Hidrokemis : mengambil pengaruh kimianya.
    Misalnya sumber air belerang.
    d. Kyroterapi : mengambil pengaruh dinginnya suhu es.
    Misalnya : dikompres dengan es.

    2 Light therapy : suatu upaya penyembuhan dengan memakai sinar sebagai sarananya. Yang dimaksud sinar disini adalah sinar ultra violet,baik dari sinar matahari maupun dari lampu ultra violet ( sinar buatan )Sinar ini bagi jaringan kulit manusia dapat membunuh bakteri, mengaktifkan jaringan tubuh baru, pembentukan vitamin D dsb.

    3. Termotherapy : pengobatan dengan menggunakan sinar panas.Dari sinar panas ini dapat dapat menimbulkan relaksasi, mengurangi rasa nyeri dan peningkatan metabolisme.

    4. Elektrotherapy:pengobatan dengan menggunakan arus listriksebagai sarananya.baik menggunakan arus listrik frekwensi tinggi atau rendah.penggunaan frekwensi rendah untuk merangsang syaraf / otot yang layuh ,sedangkan frekwensi tinngi untuk memperbaiki peredaran darah.

    5. Mekano terapy : pengobatan dengan menggunakan tenaga mekanis / gerakan missal exercise therapy yang meliputi gerakan pasif , gerakan aktif dan gerakan reflek.

    6 Massase : upaya penyembuhan dangan jalan mengadakan pemijatan , gerakan , gosokan pukulan jari/telapak tangan / genggaman.

    7. Gymnastiek: latihan-latihan dengan cara menggerakkan badan agar otot-otot(spice spier) yang lemah menjadi kuat kembali dengan m,enggunakan berbagai macam alat dan dengan cara senam jasmani, berenang.

    8. Immobilisation: membuat anggota gerak/ sendi tidak dapat bergerak lagi dengan membalutnya dengan bebat/ bidai.

    Alat –alat Fisiotherapy.
    Banyak alat yang dapat digunakan untuk fisio therapy diantaranya :
    a. Rocker table : melatih keseimbangan dan memiliki reaksi yang baik.
    b. Pararel bar / palang sejajar.
    c. Walk bar
    d. Tripot : alat bantu jalan berkaki tiga.
    e. Brace : alat penguat untuk kaki.
    f. Krek
    g. Kursi roda
    h. Papan tulis ,dll

    Referensi
    1. Ortopedagogik Lanjut, Anak Tunadaksa, Drs. A. Salim Choiri, UNS, 1993
    2. Ortopedagogik Anak Tunadaksa, Drs. Musjafak Assjari, M.Pd, Dirjen Dikti
    3. Anak Tunadaksa, Mumpuniarti, M.Pd,

    *) Ditulis dan dikirim oleh Septi Indrawati,S.Pd.
    Pendidik di SLB Bangun Putra Bantul

    more
  • Download Petunjuk Teknis (JUKNIS) BOS 2013
    Download Petunjuk Teknis (JUKNIS) BOS 2013
    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Permendikbud Nomor 76 tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun Anggaran 2013. Petunjuk Teknis tersebut selanjutnya disebut Juknis BOS Tahun 2013 yang merupakan acuan atau pedoman dalam penggunaan dana BOS tahun anggaran 2013.

    Program BOS mengalami perubahan mekanisme penyaluran sesuai Undang-Undang APBN yang berlaku. Sejak tahun 2012 penyaluran dana BOS dilakukan dengan mekanisme transfer ke provinsi. Pelaksanaan program BOS diatur dengan 3 peraturan menteri, yaitu: Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

    BOS adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Secara umum program BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu. Sedangkan secara khusus program BOS bertujuan untuk membebaskan pungutan bagi seluruh siswa setingkat SD sampai SMP, serta meringankan beban biaya operasi sekolah.

    Sasaran program BOS adalah semua sekolah SD/SDLB dan SMP/SMPLB/SMPT, termasuk SD-SMP Satu Atap (SATAP) dan Tempat Kegiatan Belajar Mandiri (TKB Mandiri) yang diselenggarakan oleh masyarakat, baik negeri maupun swasta di seluruh provinsi di Indonesia. Besar biaya satuan BOS yang diterima oleh sekolah, dihitung berdasarkan jumlah siswa dengan ketentuan untuk SD/SDLB Rp 580.000,-/siswa/tahun sedangkan untuk SMP/SMPLB/SMPT/SATAP adalah Rp 710.000,-/siswa/tahun.

    Penyaluran dana BOS dilakukan setiap periode 3 bulanan, yaitu periode Januari-Maret, April-Juni, Juli-September, dan Oktober-Desember. Pada tahun anggaran 2013, dana BOS akan diberikan selama 12 bulan untuk periode Januari sampai dengan Desember 2013, yaitu Triwulan I dan II tahun anggaran 2013 tahun ajaran 2012/2013 dan Triwulan III dan IV tahun anggaran 2013 tahun ajaran 2013/2014.

    Selangkapnya Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun Anggaran 2013, yang juga disebut Juknis BOS Tahun 2013, bisa didownload di link berikut ini:

    more
  • Cara Memperbaiki Data Guru (PTK) Bermasalah
    Sudahkah Bapak Ibu mengecek data dirinya yang ada di Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (DIREKTORAT P2TK DIKDAS)? Seperti diberitakan sebelumnya, mulai tahun 2013 penerbitan SK Tunjangan Profesi (SK TP) bagi guru yang sudah bersertifikat akan didasarkan pada Data Pokok Kependidikan (DAPODIK).

    Sampai saat ini masih saja banyak ditemukan data guru atau PTK yang masih banyak bermasalah. Dan banyak pertanyaan muncul terkait pendataan guru atau PTK, sampai-sampai DIREKTORAT P2TK DIKDAS membuat laman web, yang memberikan informasi yang banyak ditanyakan oleh guru atau PTK, agar tidak banyak pertanyaan serupa yang masuk ke emailnya (cekdataguru.dikdas@gmail.com)

    Diantara salah satu dari banyak data PTK yang bermasalah adalah guru atau PTK sudah input data kode sertifikasi, tetapi mengapa masih invalid data yang ada di nomer 17? Ini terjadi karena data sertifikasi diambil dari basis data Sertifikasi/NRG dari BPSDMP & PMP. Namun kode NUPTK guru atau PTK yang bersangkutan belum tercantum di basis data NRG yang ada pada Dit.P2TK Dikdas dan akan coba mengupdate data. Di saat yang sama guru atau PTK tersebut juga dapat menanyakan kepada yang bersangkutan.

    Data yang juga banyak dipermasalhkan adalah Jumlah Jam Mengajar (JJM) guru atau PTK kok selalu kosong terus atau salah? Jawaban dari DIREKTORAT P2TK DIKDAS adalah Data mengajar diambil dari modul rombel di Aplikasi Pendataan, untuk itu terus update data tersebut. Khusus untuk kepala sekolah, JJM diambil data jam tugas tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk jabatan lainnya sementara ini kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul pada saat penambahan PTK di kolom tugas ptk.

    Ada juga pertanyaan seperti ini;
    Pertanyaan: "Masa kerja saya masih salah, sehingga gaji pokok juga salah"
    Jawaban: Karena keterbatasan formulir Dapodik, data SK berkala dan data MKG tidak bisa kami dapatkan sehingga kami menghitung dari TMT Pengangkatan dan/atau TMT PNS. Tentu saja ini belum memperhitungkan faktor honorer/CPNS dll ataupun sistim perhitungan masa kerja segaris. Ke depan kami akan bekerjasama dengan BKN sehingga dapat diperoleh data yang paling akurat.

    Selengkapnya, tentang data-data yang masih banyak dinggap bermasalah dan penyebab atau jawabannya bisa dilihat di http://116.66.201.163:8083/info_faq.php. Perbaikan data guru atau PTK yang masih bermasalah hanya bisa dilakukan dengan Aplikasi Pendataan Sekolah oleh operator dapodik sekolah masing-masing yang kemudian hasil perbaikan data tersebut dikirim kembali ke server DAPODIK, untuk diproses lebih lanjut.

    Ada beberapa server & proses yang dilalui oleh data sebelum masuk database PTK. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru-guru lainnya.

    more
  • Tunjangan Profesi Disalurkan Langsung ke Guru
    Mulai tahun 2013 pencairan uang tunjangan profesi bagi guru yang sudah sertifikasi tidak akan melalui pemerintah daerah lagi. Tunjangan profesi akan langsung disalurkan ke rekening guru.

    Penyaluran dana tunjangan sertifikasi sebelumnya melalui pemerintah kota atau kabupaten sering kali terlambat diterima guru. Hal inilah yang mendasari kebijakan pemerintah untuk menyalurkan langsung uang tunjangan sertifikasi ke rekening guru.

    Ketika evaluasi program pendidikan 2012 dan rencana tahun 2013 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh seperti dikutip dari Kompas.com (03/01/2013) mengatakan ”Setelah dilakukan evaluasi secara menyeluruh, pemerintah pengambil kebijakan akan menyalurkan langsung dana itu ke tangan guru,”.

    Pemerintah mengalokasikan dana Rp 43 triliun untuk tunjangan profesi guru dari total anggaran fungsi pendidikan sebesar Rp 337 triliun di tahun 2013. Besarnya tunjangan profesi diterima guru adalah satu kali gaji pokok.

    Dengan sistem penyaluran tunjangan profesi langsung ke rekening guru, diakui M. Nuh bukan hal yang mudah. ”Kami menyadari ini pekerjaan rumah yang sulit. Kami akan kawal dana itu agar benar-benar sampai di tangan guru,” kata M Nuh.

    Sebelumnya menurut Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), keterlambatan penyaluran tunjangan profesi pada tahun 2012 terjadi karena terkadang anggaran tunjangan profesi guru diendapkan dulu dalam rekening birokrat daerah agar memperoleh bunga dari uang tersebut. Bunga uang yang diendapkan itu hanya dinikmati oleh kalangan birokrat di daerah. Ini jugalah yang menyebabkan mengapa waktu pemberian tunjangan guru itu berbeda-beda, seperti ada yang 3 bulan sekali, 6 bulan sekali.

    Selain terlambat, menurut Ketua Pengurus Besar PGRI, uang tunjangan profesi yang diterima guru juga tidak utuh karena dipotong dinas pendidikan daerah dengan berbagai alasan. Kalaupun tidak dipotong, saat pencairan tunjangan profesi, guru diharuskan membeli berbagai perlengkapan pendidikan seperti laptop yang harganya lebih mahal dibandingkan harga pasar.

    more
  • Cek Verifikasi Data Guru atau PTK di P2TK Dikdas Mulai tahun 2013 penerbitan SK Tunjangan Profesi (SK TP) atau juga dikenal dengan SK Dirjen akan didasarkan pada Data Pokok Kependidikan (DAPODIK) yang ada di Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (DIREKTORAT P2TK DIKDAS). Data guru atau Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) ini diinput dan dikirim sendiri oleh sekolahan masing-masing melalui Aplikasi Pendataan Pendidikan ke server pusat DAPODIK secara online.

    Sistem online DAPODIK ini berdampak pada guru atau PTK yang sudah memiliki sertifikat pendidik. Data Anda sebagai guru atau PTK harus benar dan valid, sehingga nantinya tidak bermasalah dengan penerbitan SK TP atau pencairan tunjangan sertifikasi. Ada data-data terkait guru atau PTK pada Dapodik yang wajib untuk diisi karena akan berpengaruh langsung pada program-program di P2TK DIKDAS.

    Cara Mengecek Verifikasi Data Guru atau PTK di P2TK Dikdas
    Untuk melihat data masing-masing guru atau PTK sudah sudah terisi dan valid atau belum bisa mengeceknya di website P2TK DIKDAS. Dengan langkah-langkah sebagai berikut:
    1. Kunjungi website P2TK Dikdas

    • http://223.27.144.195/info.php
    • http://223.27.144.195:8083/info.php
    • http://223.27.144.195:8082/info.php
    • http://223.27.144.195:8081/info.php

    Login untuk melihat data guru di P2TK Dikdas
    2. Untuk melihat data, login terlebih dahulu dengan memakai NUPTK dan password yaitu tanggal lahir dengan format YYYYMMDD. Contoh: jika tanggal lahir Anda 23 Agustus 1985 passwordnya: 19850823

    Jika berhasil login akan terlihat Lembar Info PTK
    Jika berhasil login akan terlihat Lembar Info PTK
    3. Setelah berhasil login, Anda akan menjumpai halaman seperti di atas, data yang ditampilkan, ada juga informasi status, valid ataukah belum.

    Jika login gagal, akan ada keterangan mengenai alasan kegagalan di bawah form. Jika muncul informasi NUPTK tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan. 1) Kolom NUPTK belum diisi pada data DAPODIK Anda; 2) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik. 3) Data DAPODIK belum ter-import ke basis data.

    Jika terjadi kesalahan atau memperbaiki data, guru atau PTK bisa megubahnya lewat Aplikasi Pendataan yang ada di masing-masing sekolah bersangkutan melalui operator dan dikirimkan kembali ke server pusat DAPODIK.

    Dengan pendataan sistem online pihak guru atau PTK harus aktif dalam mencari informasi terkait profesinya. Selain mencari informasi di Dinas Pendidikan setempat, guru atau PTK juga harus rajin memantau informasi di website pendidikan.

    more
  • Sayap Pipit yang Terluka (Cerpen)
    RAHASIA INDAH
    Melangkah bersamamu ibarat fatamorgana ditengah kehampaan mayapada. Angan –angan tentang keindahan, sosok tentang kepribadian justru mengambang dan aku ragu.

    “ Mas, aku ingin kau memahami segala yang kulakukan.Aku ingin kau mengerti posisi kita masing- masing.Janganlah kau tambah beban di hati ini “ pintaku dengan sangat ketika kalimat yang tak sepantasnya meluncur dari bibirmu.Kata –kata itu tak seharusnya kau ucapkan padaku, sahabatku sekaligaus teman dari suamiku.

    “ Tapi aku tak bisa memungkiri perasaan ini Mey,berkali-kali ingin kukubur bayangmu,tapi apa yang kudapat ?”Justru senyum tulus dan wajah ayumu menari-nari berlarian dirongga dadaku “ tegas Mas Ondy dengan tatapan yang sulit keterka.Tuhan, beri aku kekuatan untuk tak larut dalam pesonanya.Bantu aku tuk meyakinkan bahwa aku bukan siapa-siapa.Ada yang lebih pantas mendapatkan segalanya.

    Aku tak menyangka kalau kepindahanmu ke kota Yogya akan merubah segalanya.Kami bertemu lagi dalam satu sekolah yang sama. Segala yang dahulu tampak tenang dan adem ayem sekarang berganti dengan gejolak asa yang tak seharusnya terjadi.Aku juga tak menyangka persahabatan yang telah kita jalani lima tahun yang lalu akan merubah dan mengkhianati benang merah tali perkawinan.Dan aku harus menghentikannya, sebelum segalanya benar-benar hancur.

    Malam makin larut. Mataku tak mampu terpejam jua.Aku baru menyadari ketika bebersamaan yang selama ini kurajut mesti kuakhiri agar segalanya menjadi indah,tanpa harus menguraikan dan membuatnya menjadi kusut.Aku tak mau mengorbankan mahligai suci perkawinanku dengan Mas Rio dan aku harus menjaga kepercayaan yang diberikannya padaku.

    “ Ma …minum “ kata Salza putri mungilku yang sedang lucu- lucunya membuyarkan lamunanku.Bergegas kuambilkan gelas dan kurapikan selimut yang menyingkap dari tubuhnya.Ternyata Mas Rio juga bangun.

    “ Ma sudah malam,jaga kondisi ntar sakit lagi”dengan pelukannya direbahkannya tubuhku kesampingnya.Mas, maafkan aku yang telah mengotori kesucian kasih dan sayangmu.Maafkan aku yang tlah mecoreng tirai biru perahu kita.

    Tuhan seharusnya aku bersyukur akan nikmat yang tlah banyak kau limpahkan kepadaku.Seharusnya tak kubiarkan perahuku oleng dihempas badai.Tak seharusnya kubiarkan ada penumpang lain di biduk kami.

    Suasana sekolah masih tampak sepi saat kusandarkan sepeda motorku digarasi sekolah.Sebagai insan pendidik untuk anak yang mengalami keterbatasan fisik dan mental.,kami memang harus dituntut kesabaran dan loyalitas yang tinggi agar keikhlasan kami mendapat ridho dari –Nya.

    Ketika anak –anak sedang merapikan tas,tiba-tiba aku dikejutkan oleh suara yang tak asung lagi bagiku.

    “ Pagi Mey” kata Mas Ondy sambil dijulurrkannya tangan yang kekar kearhku.
    “ Pagi juga “sahutku ketika kami sama-sama mengulurkan tangan tuk berjabat.
    “Besok jadi berangkat ke Seminar kan ?” tanya Mas Ondy sambil mempersiapkan buku dan alat peraga untuk pembelajaran hari ini.

    “Sampai ketemu besok disana ya!” kataku.Kebetulan kami berdua akan mengikuti Seminar Nasional yang bertema “ OPTIMALISASI PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS “ yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Propinsi.

    Aku baru saja turun dari boncengan Mas Rio ketika kulihat Mas Ondy dengan sikap dinginnya menyapa Mas Rio.

    “Lama kita jumpa.Bagaimana kabar isteri dan anakmu?” tanya Mas Rio sambil mereka berjabat tangan.Aku hanya bisa diam dan terpaku melihat keakraban mereka.Mas …maafkan aku semoga aku sanggup bertahan dideruan ombak yang siap menggulungku.
    “Dy, aku nanti tolong antar Mey sampai rumah ya “ pinta Mas Rio sambil menstarter motornya meninggalkan kami berdua.

    Seminar yang begitu menarik membuatku lupa akan kejenuhan dan kepenatanku sejenak akan tugas utamaku ketika libur, biasanya kuhabiskan waktu untuk anak dan Mas Rio.Dan tak terasa jam bergulir begitu cepat.

    Tiba disuatu tempat Mas Ondy menghentikan motornya kearah Rumah Makan.
    “Mey aku pingin ngomong tentang satu hal.Kuharap kau mau menemaniku sebentar”
    Dengan langkah yang lunglai kuayunkan kakiku kearah Mas Ondy.

    Temaram lampu berbalut ukiran kuno menjadi saksi bahwa aku tak boleh hanyut dengan pesona yang dipancarkannya.

    “ Mey ijinkan aku tuk mengagumimu.Ijinkan aku tuk menikmati keanggunanmu diibalik kelembutan hatimu.Kaulah wanita sempurna yang aku temukan selama ini,walau kadang aku tahu aku tak pantas mengucapkan semua ini padamu.Sekali lagi ku hanya ingin kau tahu tingginya khayalku bersamamu.Hanya dalam khayal Mey!!! ” tak kusangka kalimat itu meluncur begitu tiba-tiba.

    “ Mas…sadarkah apa yang Mas ucapkan ?” tanyaku.
    “Ingat Mas…. Kita sama-sama tidak dapat dan tak sanggup serta tak mampu meruntuhkan benteng kesetiaan yang mbak Jati bangun untuk melindungimu “
    Rupanya Mas Ondy tetap pada ucapannya.

    “Mas… maafkan aku kalau aku harus mengatakan ini sejujurnya,Pada akhirnya kita harus bisa menerima keadaan kita mas…Kita harus mengakhiri semuanya mas.Mengakhiri tanpa harus ada yang tersakiti dan harus ada kesadaran dari kita mas…”
    “Mungkin inilah saat yang tepat bika aku pergi dari sisimu mas…aku pergi bukan lantaran aku benci,atau cintaku tlah basi.Sebelum perjalanan kita terlalu jauh mas.Aku tak sanggup menghancurkannya.Aku tak tega melukainya mas!”
    “Tapi Mey “ potong Mas Han sambil diraihnya kedua jemariku.

    Mas…andai kau tahu apa yang sedang berkecamuk dalam hatiku…ah.aku tak boleh berandai-andai.aku harus tegar!
    Sebelum segalanya hancur ijinkan aku mohon maaf ,aku tak sanggup menghadapi kenyataan ini jika tabir ini terkuak.

    “Tapi tak mampu melupakanmu Mey,aku tak sanggup kalau harus jauh dari sisimu.”dengan suara parau Mas Ondy mengucapkan itu
    “Mas, aku akan membantumu melupakan kenangan indahmu bersamaku.”ujarku.
    Maafkan aku Mas Ondy karena aku tak mau ada yang terluka, dan biarlah kenangan itu menjadi rahasia indah kita berdua.

    Tahun Ajaran baru tinggal dua bulan lagi dan aku akan mengurus surat mutasi ke SLB lain demi semuanya….demi mereka yang kusayangi.
    Relakan aku pergi dari sisimu.dan seandainya kita masih dipertemukan tentu demi kebaikan keluarga kita.



    Ditulis dan dikirim oleh Septi Indrawati, S. Pd
    Pendidik anak tunarungu di SLB Bangun Putra Bantul

    more

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Informasi Terbaru