• Download Aplikasi Soal Latihan UKG 2013
    Download Aplikasi Soal Latihan UKG 2013
    Uji Kompetensi Guru (UKG) rencana akan digelar pertengahan Mei mendatang. Seperti yang sudah pernah dilakukan tahun lalu, UKG 2013 akan memakai sistem online. Soal-soal UKG dikerjakan melalui software aplikasi yang sudah disediakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK).

    Tahun lalu, materi yang akan diujikan dalam UKG ada 2 kompetensi yang akan diujikan. Dua kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, dengan komposisi 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional. Jumlah soal yang harus diselesaikan berjumlah 100 soal.

    Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi khas, yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran. Sedangkan Kompetensi Profesional berupa penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

    Sebelumnya pernah berbagi kumpulan soal UKG 2013 dalam bentuk file yang bisa didownload untuk bahan latihan (belajar). Nah, kali ini tersedia soal-soal UKG 2013 yang berbentuk aplikasi flash yang dapat dipakai untuk mempersiapkan diri, khususnya bagi guru yang akan mengikuti UKG 2013. Untuk mendownloadnya, klik tautan di bawah ini

    12,22 MB

    miror link

    Soal-soal yang telah didownload bisa digunakan untuk latihan mengerjakan soal UKG dalam bentuk aplikasi flash yang bisa digunakan tanpa harus terkoneksi dengan internet. Soal-soal itu umumnya berupa uji kompetensi pedagogik, untuk guru sekolah tingkat dasar, yaitu guru TK, SD, dan SMP. Bagaimana software UKG online, bisa dilihat videonya di sini.

    more
  • Inilah Gaji Pokok Baru PNS Sesuai PP No.22/2013
    Tebel kenaikan gaji pokok PNS
    Di tengah sorotan produktivitas pegawai negeri sipil (PNS) yang dinilai masih rendah, nyatanya kesejahteraannya tetap diperhatikan. Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2013 yang mengatur tentang perubahan kenaikan gaji pokok PNS tahun 2013.

    Bagi para PNS di seluruh Indonesia, ini tentu merupakan kabar gembira. Perubahan kenaikan gaji pokok PNS 2013 ini dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna (produktivitas) serta kesejahteraan PNS.

    PP No.22/2013 tentang kenaikan gaji PNS tahun 2013 ini mulai berlaku per 1 Januari 2013. Sesuai tabel daftar perubahan kenaikan gaji pokok PNS tahun 2013 yang terdapat pada lampiran Peraturan Pemerintah, gaji terendah yaitu Rp 1.323.000 untuk PNS Golongan I/a.

    Perubahan terakhir kenaikan gaji pokok PNS terjadi tahun lalu, yang diatur Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2012. Untuk tahun ini, sesuai tabel daftar gaji pokok PNS 2013 yang terlampir dari PP No.22/2013 PNS golongan III/b mendapat gaji sebesar RP 2.278.900.

    Selengkapnya PP nomor 22 tahun 2013 yang mengatur tentang perubahan kenaikan gaji pokok PNS tahun 2013 serta tabel daftar gaji pokok baru PNS 2013 bisa dilihat dan didownload di sini.

    Dengan perhatian yang tinggi dari Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan pegawainya, sudah semestinya diikuti dengan perubahan kinerja PNS yang lebih baik lagi. Khususnya lagi bagi guru PNS yang juga mendapatkan tunjangan lainnya, harus meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya.

    more
  • Unduh Aplikasi BOS 2013 Memakai MS Office Excel
    Unduh Aplikasi BOS 2013 Memakai MS Office Excel
    Pelaporan pertanggungjawaban penggunaan Dana Operasional Sekolah (BOS) atau biasa disebut juga SPJ BOS memang menyita banyak waktu dan pikiran. Oleh itulah dibuatlah aplikasi-aplikasi yang membantu pengelolaan data dan pelaporan dana BOS. Di post sebelumnya juga sudah dibahas tentang salah aplikasi BOS yaitu Aplikasi Laporan Keungan Terpadu (LKT) BOS 2013. Aplikasi-aplikasi ini akan membantu Tim Manajemen BOS dalam menyusun laporan penggunaan dana BOS setiap triwulannya.

    Sama seperti Aplikasi LKT BOS 2013, Aplikasi BOS 2013 ini juga memakai Program MS Office Excel yang sudah banyak dipakai dan dikenal masyarakat khususnya guru atau tenaga kependidikan. Ada banyak kesamaan antar keduanya, tetapi di Aplikasi BOS 2013 ini pemasukan data lebih sederhana. Bahkan menurut pemakai yang sudah mencoba kedua aplikasi tersebut, lebih memilih Aplikasi BOS 2013 daripada Aplikasi LKT BOS 2013. Untuk mengunduhnya, silahkan klik tautan di bawah ini.

    237 kb

    miror link

    Seluruh komponen pelaporan Aplikasi BOS 2013 ini telah disesuaikan dengan JUKNIS BOS 2013 disertai juga petunjuk penggunaan aplikasi. Diantara komponen yang ada di Aplikasi BOS yang memakai MS Office Excel ini adalah:

    • Format BOS-K1 : RKAS
    • Format BOS-K2 : RKAS 1 Tahun
    • Format BOS-K3 : Buku Kas Umum (BKU)
    • Format BOS-K4 : Buku Pembantu Kas (BPK)
    • Format BOS-K5 : Buku Pembantu Bank (BPB)
    • Format BOS-K6 : Buku Pembantu Pajak (BPP)
    • Format BOS-K7 : Realisasi Penggunaan Tiap Jenis Anggaran
    • Format BOS-K7a : Rekep Penggunaan dana BOS
    • Format Lampiran BOS-K7 : Penyataan Tanggung Jawab
    • Format BOS-03 : Rencana Pengunaan Dana BOS
    • Format BOS-K4 : Laporan Penggunaan Dana BOS
    • Data Kuitansi A2

    Bapak Ibu akan mendapat kemudahan ketika membuat laporan BOS dengan Aplikasi BOS 2013. Rencananya selain membuat laporan manual, Tim Manajemen BOS Sekolah juga ditugaskan untuk memasukkan data penggunaan dana BOS dalam sistem online pada setiap triwulan. Baca di sini untuk mengetahui langkah-langkah pemasukan laporan dana BOS Online.

    more
  • Cara Memperbaiki Masalah JJM pada Dapodik
    Cara Memperbaiki Masalah JJM pada Dapodik
    Penyebab adanya guru yang belum mendapatkan SK Tunjangan Profesi atau juga dikenal SK Dirjen adalah karena adanya kesalahan pada aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Instrumen pendataan pada Dapodik yang banyak salah terjadi pada pengisian Jumlah Jam Mengajar (JJM). Instrumen tersebut harus segera diperbaiki dan agar SK Tunjangan Profesi bisa terbit.

    Data yang tampil di website P2TK Dikdas, khususnya data nomor 20 yaitu Total Jam Mengajar Sesuai terdapat 3 rincian (sub). Pertama adalah Jumlah Jam Mengajar (JJM) yaitu jumlah jam yang operator sekolah masukkan dalam aplikasi pendataan pada bagian pembagian rombongan belajar.

    Kedua adalah JJM KTSP yaitu jumlah jam mengajar yang dihitung sesuai dengan batasan maksimal kurikulum KTSP. Ketiga adalah JJM linier yaitu jam mengajar yang dibatasi KTSP, yang dihitung sesuai dengan kode sertifikasi yang dimilikinya.

    Kebanyakan permasalahan terkait jumlah jam mengajar yaitu, saat dicek di P2TK Dikdas, JJM Liniernya 0 (nol). Hal itu bisa terjadi karena guru tersebut di rombongan belajara, mata pelajaran yang diampunnya tidak sesuai dengan mata pelajaran (kode sertifikasi) yang dimilikinya.

    Selain itu jika jumlah jam mengajar tidak sesuai dengan struktur kurikulum yaitu PP. 22 Tahun 2006 tentang alokasi waktu KTSP SD/MI bisa juga menyebabkan Total Jam Mengajar Sesuai menjadi tidak valid. Untuk memecahkan masalah JJM, JJM KTSP dan JJM Linear, berikut adalah jumlah jam mengajar yang seharusnya:
    • Kelas 1: 26+4=30 jangan lebih dari jumlah tersebut.
    • Kelas 2: 27+4=31 jangan lebih dari jumlah tersebut.
    • Kelas 3: 28+4=32 jangan lebih dari jumlah tersebut.
    • Kelas 4,5, dan 6: 32+4=36 jangan lebih dari jumlah tersebut.

    Contoh pembagian jam mengajar kelas 1: Guru Kelas 24 jam, Pendidikan Agama 2 jam, Penjas 2 jam, dan Mulok 2 jam. Jadi jumlah mengajar untuk kelas 1 adalah 30 jam per minggu. Bahasa Inggris tidak termasuk atau abaikan saja, karena di kurikulum tidak ada mata pelajaran tersebut.

    Contoh pembagian jam mengajar Kelas 2: Guru Kelas 24 jam, Pendidikan Agama 3 jam, Penjas 2 Jam, dan Mulok 2 Jam. Sehingga jumlah jam mengajar untuk kelas 2 adalah 31 jam per minggu. Bahasa Inggris tidak termasuk atau abaikan saja, karena di kurikulum tidak ada mata pelajaran tersebut.

    Sedangkan pembagian jam mengajar Kelas 3 contohnya: Guru Kelas 24 jam, Pendidikan Agama 3 jam, Penjas 3 jam, dan Mulok 2 jam. Sehingga jumlah jam mengajar untuk kelas 3 adalah 32 jam per minggu. Bahasa Inggris untuk kelas 1, 2, dan 3 abaikan saja karena di kurikulum tidak ada.

    Untuk pembagian jam mengajar Kelas 4, 5, dan 6 contohnya adalah: Guru Kelas 25 jam, Pendidikan Agama 3 jam, Penjas 4 jam, Mulok 2 jam, dan Bahasa Inggris 2 jam. Jadi jumlah jam mengajar untuk kelas tinggi tersebut adalah 36 jam per minggu. Bahasa Inggris bisa masuk walaupun tidak ada dalam Kurikulum di kelas 4, 5, dan 6, yang terpenting 36 jam per minggu terpenuhi.

    Pembagian jam untuk untuk Kepala Sekolah, adalah 6 jam dari mengajar di kelas dan 18 jam dari tugas tambahan sebagai sebagai Kepala Sekolah. Agar JJM Liniernya minimal 24 sebagai syarat mendapat tunjangan, 6 jam didapatkan dari mengajar di rombongan belajar sesuai kode sertifikasinya. Misalnya jika kode sertifikasinya guru kelas, maka tambahan 6 jam itu adalah 2 jam di kelas 4, 5, dan 6 yang diisikan di pembagian rombongan belajar pada aplikasi Dapodik.

    more
  • Panduan Pemberian Tunjangan Fungsional Guru
    Panduan Pemberian Tunjangan Fungsional Guru
    Guru bukan Pegawai Negeri Sipil (GBPNS) yang diangkat oleh penyelenggara pendidikan atau satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat berhak mendapatkan Subsidi Tunjangan Fungsional (STF). Pemberian tunjangan fungsional kepada guru bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan guru sehingga penghasilan yang diterimanya dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya serta sebagai penghargaan kepada guru yang telah melaksanakan tugas dengan baik.

    Mulai tahun 2013 anggaran subsidi tunjangan fungsional bagi guru bukan PNS dianggarkan pada dana APBN Direktorat P2TK terkait. Untuk kelancaran pelaksanaan program subsidi tunjangan fungsional tersebut disusun Panduan Pelaksanaan Pemberian Subsidi Tunjangan Fungsional bagi GBPNS. Panduan pelaksanaan ini disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan pemberian tunjangan fungsional bagi guru.

    Kriteria guru penerima tunjangan fungsional sebesar Rp. 300.000,- per orang per bulan itu adalah:
    • Guru bukan PNS yang diangkat sebelum berlakunya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan mengajar pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.
    • Memenuhi kewajiban melaksanakan tugas paling sedikit 24 jam tatap muka per-minggu.
    • Guru dalam jabatan yang berkualiafikasi minimal S-1/D-IV.
    • Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
    • Guru yang belum mendapat tunjangan profesi.

    Kuota penerima tunjangan fungsional secara nasional tahun 2013 yang telah ditentukan oleh pemerintah sebagai berikut: Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) PAUDNI sebanyak 83.642 orang, Direktorat P2TK Dikdas sebanyak 196.529 orang, dan Direktorat P2TK Dikmen sebanyak 41.603 orang.

    Jadwal penyaluran subsidi tunjangan fungsional dilaksanakan 2 tahap. Tahap 1 pembayaran paling lambat bulan Juli 2013. Sedangkan Tahap 2 pembayaran paling lambat minggu kedua bulan Desember 2013. Sumber dana untuk pembiayaan program STF guru berasal dari APBN Tahun Anggaran 2013 yang dialokasikan dalam DIPA Tahun Anggaran 2013 pada masing-masing Direktorat P2TK terkait.

    Mekanisme yang digunakan untuk pelaksanaan pembayaran tunjangan fungsional tidak hanya dilakukan melalui secara manual seperti tahun lalu tetapi juga dengan sistem digital (Dapodik). Pemberkasan dengan cara sistem digital dilakukan secara online melalui Dapodik. Mekanisme proses pelaksanaan pembayaran tunjangan fungsional secara keseluruhan dijelaskan dalam Buku Panduan Pelaksanaan Pemberian Subsidi Tunjangan Fungsional bagi GBPNS yang bisa didownload di sini.

    more
  • Download Software Aplikasi BOS Terbaru
    Download Software Aplikasi BOS Terbaru
    Pelaporan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sering kali menyita banyak waktu. Software Aplikasi Laporan Keungan Terpadu (LKT) BOS 2013 akan bisa membantu petugas bendahara (pengelola) BOS dalam menyusun laporan. Sekolah membuat laporan realisasi penggunaan dana BOS setiap triwulan. Laporan tersebut disimpan di sekolah untuk keperluan monitoring dan audit sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana.

    Program BOS secara umum bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu. Sedangkan secara khusus program BOS bertujuan untuk membebaskan pungutan bagi seluruh siswa setingkat SD sampai SMP, serta meringankan beban biaya operasi sekolah.

    Sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) BOS 2013 yang sudah dikeluarkan Kemendikbud, Tim Pengelola BOS Sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab untuk:
    • Mengisi, mengirim dan meng-update data pokok pendidikan (Formulir BOS- 01A, BOS-01B dan BOS-01C) secara lengkap kedalam sistem yang telah disediakan oleh Kemdikbud.
    • Membuat RKAS yang mencakup seluruh sumber penerimaan sekolah (Formulir BOS-K1 dan BOS-K2).
    • Mengumumkan besar dana yang diterima dan dikelola oleh sekolah dan rencana penggunaan dana BOS (RKAS) di papan pengumuman sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, Bendahara dan Ketua Komite Sekolah (Formulir BOS-03).
    • Mengumumkan penggunaan dana BOS di papan pengumuman (Formulir BOS-04).
    • Membuat laporan realisasi penggunaan dana BOS triwulanan (Formulir BOS-K7 dan BOS-K7A).
    • Melakukan pembukuan secara tertib (Formulir BOS-K3, BOS-K4, BOS-K5 dan BOS-K6).
    • Memasang spanduk di sekolah terkait kebijakan pendidikan bebas pungutan (Formulir BOS-05).
    • Menandatangani surat pernyataan tanggung jawab yang menyatakan bahwa BOS yang diterima telah digunakan sesuai NPH BOS (Lampiran Format BOS-K7). 

    Semua komponen di atas mulai (1.) Perencanaan (Penyusunan RKAS, BOS K-1, BOS K-2, BOS-03); (2.) Pelaksanaan (BOS K-3, BOS K-4, BOS K-5, BOS K-6, Kwitansi, Kwitansi Buku); (3.) Pelaporan (BOS K-7, Lampiran BOS K-7, BOS K-7a, BOS K-8, SPJ, BOS 05) telah tersedia pada Software Aplikasi BOS Terbaru.

    Aplikasi BOS ini cukup mudah digunakan karena hanya memakai Program MS Office Excell yang sudah banyak dikenal dan dipakai. Yang harus dilakukan hanyalah melakukan input perencaan dan input pelaksanaan ke dalam Software Aplikasi BOS Terbaru. Setelah input dilakukan semua format BOS seperti disebut di atas akan terisi secara otomatis. Seluruh komponen pelaporan Aplikasi BOS ini telah disesuaikan dengan Juknis BOS 2013. Bagi Anda yang ingin download Software Aplikasi Laporan Keungan Terpadu (LKT) BOS 2013, silahkan klik tautan ini:




    Jika Anda kesulitan mendownload pada link yang pertama, dapat menggunakan miror link. Jangan lupa baca juga Panduan Penggunaan Software BOS  yang ada dalam folder hasil download-an. Saat membuka software aplikasi, jangan lupa untuk mengubah Options pada Security Warning Macros have been disable, pilih Enable this content.

    Mulai tahun 2013, Tim Pengelola BOS Sekolah bertugas dan bertanggung jawab untuk memasukkan data penggunaan dana BOS setiap triwulan ke dalam sistem online melalui www.bos.kemdikbud.go.id. Dengan pelaporan dana BOS secara online berarti menambah tugas bendahara sekolah dalam mengelola dana BOS.

    more
  • Widget Info Pendidikan dari SekolahDasar.Net
    Arus informasi semakin dinamis, begitupun dengan informasi dunia pendidikan. Sebagai salah blog yang membahas pendidikan, SekolahDasar.Net akan berbagi widget. Bagi guru atau orang tua siswa yang sudah mengenal blog, sudah mengetahui apa itu widget. Di dalam blog bisa menampilkan widget sebagai pernak-pernik blog yang lebih bermanfaat untuk pengunjung blog.

    Untuk bisa selalu mendapatkan update informasi terbaru dari SekolahDasar.Net atau juga ingin ikut menyebarkan informasi itu. Anda pemilik bog bisa memasang widget ini. Yaitu sebuah widget RSS Feed yang menampilkan tulisan (post) terbaru dari blog pendidikan SekolahDasar.Net. Langkah-langkah menambahkan widget bisa disimak pada tutorial berikut ini.

    Script Widget Pendidikan SekolahDasar.Net


    Anda dapat menambahkan script di atas untuk menampilkan RSS Feed SekolahDasar.Net. Sehingga dapat memperoleh informasi terbaru dari kami, dan memberikannya kepada pengunjung blog Anda. Script ini bisa dipasang di blogspot, tumblr, blogdetik dan blog-blog lain yang mendukung java script

    Cara Memasang Widget Info Pendidikan dari SekolahDasar.Net
    Untuk pengguna Blogger.com atau blogspot, juga bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
    1. Login ke akun blogger.com Anda.
    2. Pilih Tata Letak dan Tambahkan Gadget
    3. Dari daftar gadget yang ada pilih Feed

    Pilih Feed
    4. Masukan URL Feed

     http://www.sekolahdasar.net/feeds/posts/default

    Masukan URL Feed http://www.sekolahdasar.net/feeds/posts/default

    5. Setelah itu klik Lanjutkan
    6. Simpan widget jika sudah selesai.

    Selain lewat blog SekolahDasar.Net juga hadir di berbagai sosial media, seperti facebook, twitter, dan google+. Kami menyajikan berita dan informasi pendidikan, tenaga pendidik, perkembangan anak, dan motivasi. Silahkan juga bergabung dan mengikuti kami di facebook, twitter, dan google+ atau juga ikuti lewat email untuk mendapatkan update informasi terbaru.

    more
  • UN Dihapus Saja Kelulusan Diserahkan Sekolah
    UN Dihapus Saja Kelulusan Diserahkan Sekolah
    Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun ini banyak mendapatkan kritikan. Ujian yang serempak digelar di seluruh Indonesia mengalami kegagalan karena masalah naskah soal yang belum siap. Tekanan supaya UN dihapus muncul dari berbagai pihak. UN dinilai sudah tidak sesuai lagi dan hanya menyebabkan anak-anak Indonesia menjadi tertekan

    Salah satu alasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan masih tetap menyelenggarakan UN adalah karena UN sebagai alat penentu kelulusan. Pendapat berbeda dikemukan oleh Prof Nanat Fatah Natsir. Dia berpendapat UN sebaiknya dihapus, dan penentuan kelulusan siswa diserahkan saja kepada sekolah. Guru dan sekolah yang paling memahami kemampuan akademik siswa.

    "Biarkan sekolah dan guru yang membuat soal dan menguji siswa. Pemerintah cukup membuat standar dan kisi-kisi soal UN untuk menjamin kualitas UN di seluruh Indonesia sama," kata Nanat Fatah Natsir dikutip dari Kompas.com (22/4/2013).

    Sistem UN saat masih diterapkan pemerintah ini menunjukkan seolah-olah ketidakpercayaan pada kepala sekolah dan guru. Menurut Prof Nanat Fatah, mengapa tidak bisa seperti di perguruan tinggi, ketika kelulusan mahasiswa ditentukan dosen penguji dan ditetapkan rektor. Pemerintah perlu memberi kepercayaan kepada guru dan kepala sekolah, untuk menentukan kelulusan siswa berdasarkan pedoman yang sudah disusun.

    Pemerintah juga harus meningkatkan kualitas guru. Mantan Rektor UIN Bandung dan Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) itu mengatakan sebuah penelitian menyatakan, 62 persen kualitas pendidikan ditentukan oleh kualitas guru, baru kemudian kurikulum dan sarana prasarana.

    Pelaksanaan UN yang berantakan menunjukkan sistem yang diberlakukan saat ini lebih sedikit manfaatnya. Kebijakan UN yang tetap diambil pemerintah juga justru membuat siswa belajar untuk menjadi pribadi yang manipulatif dan destruktif karena dihantui ketakutan tidak lulus ujian.

    more
  • Pemerintah Tak Boleh Anak Tirikan Guru Swasta
    Ilustrasi -Admin
    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta maupun Pemerintah Kota (Pemkot) daerah lain hendaknya tidak boleh menganaktirikan keberadaan guru swasta tetapi juga memberikan perhatian setara dengan guru negeri.

    Keberadaan guru swasta sudah banyak andilnya dalam meningkatkan dunia pendidikan di wilayah ini, maka wajar bila pemerintah ikut memikirkan nasib mereka, kata Andri Hermansyah yang dikenal sebagai Guru sekolah swasta SD di Jakarta

    Kalau guru negeri di perhatikan pemerintah, maka guru swastapun seharusnya demikian pula, karena aturannya sudah tertuang dalam UU Sisdik No 20 Th 2003 pasal 11 yang menyebutkan tidak ada distriminasi antara guru negeri dan swasta.

    Menurut Andri Hermansyahi yang juga guru SD swasta di Jakarta tersebut, perhatian kepada guru swasta itu karena sekarang ini sangat minim penghasilan para guru swasta, khususnya guru di sekolah swasta yang bukan pegawai negeri.

    Para guru di sekolah swasta itu penghasilannya kebanyakan di bawah Upah Minimum Regional (UMR), bayangkan saja honor mereka mengajar diperhitungkan per jam, antara Rp 2.500 per jam hingga Rp 5.000 perjam.

    Kalau dihitung honor sebesar itu mana mungkin bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari yang belakangan harga kebutuhan terus meningkat tak sebanding dengan penghasilan yang diterima.

    Oleh karena itu, Andri Hermansyah mengharapkan kepada Pemprov Jakarta Utara kalau memiliki uang yang lebih, sudah sewajarnya memperhatikan kesejahteraan para guru swasta tersebut.

    Ia merasa bersyukur adanya aksi unjuk rasa di kalangan para guru swasta di Jakarta

    Karena dengan tunjangan kesejahteraan yang konon Rp300 ribu per bulan itu cukup meringankan beban kehidupan para guru, khususnya guru swasta. Itu pun masih kurang 300 ribu, malah yang negeri yang di naikan tunjangannya

    Selain itu pihak guru negeri maupun guru swasta juga berharap Pemkot Jakarta bisa membayarkan uang kelebihan mengajar pada tepat waktu, tidak diulur-ulur karena uang kelebihan mengajar itu sangat berguna menambah penghasilan keluarga para guru. Tetapi hanya guru negeri yang di perhatikan seperti TKD nya dan lain-lainnya, mana swasta tidak diperdulikan.

    Hal lain, tambahnya para guru di kota Jakarta merasa keberatan dengan adanya penetapan jam mengajar dari 18 jam menjadi 24 jam, dengan penepatan jam belajar yang harus di penuhi para guru tersebut maka hampir sudah dipastikan tidak ada guru yang akan mengalami kelebihan mengajar dengan kompensasi uang sebagai tambahan penghasilan.

    Penetapan 18 jam menjadi 24 jam itu berdasarkan surat edaran dari Dinas Pendidikan Kota Jakarta. Kepedihan para guru swasta ini membuat mereka benar-benar berjuang sendiri untuk melengkapi keperluan mengajarnya termasuk mencari para murid agar mau bersekolah ke sekolah swasta dimana mereka bekerja.

    Bukan seperti guru di sekolah negeri yang serba disediaan pemerintah, maka wajarlah bila pemerintah juga memperhatikan keberadaan guru swasta demikian.

    *) Ditulis dan dikirim oleh Andri Hermansyah, S.Pd.I

    more
  • Alternatif Pengecekan Data Guru dari P2TK Dikdas Banyaknya guru atau Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang ingin melihat datanya di Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Direktorat P2TK Dikdas) membuat laman situsnya sering down. Direktorat P2TK Dikdas menyediakan alamat situs baru sebagai alternatif alamat untuk cek verifikasi data PTK atau guru bisa lebih cepat jika yang lama lambat.

    Alamat situs untuk mengecek data guru yang didasarkan pada Data Pokok Kependidikan (Dapodik) itu adalah http://223.27.144.195/info.php. Jadi jika saat Anda ingin mengecek verifikasi data di P2TK Dikdas, dengan alamat http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id atau http://116.66.201.163:8000/index.php kesulitan, Anda bisa mengunjungi http://223.27.144.195/info.php sebagai alterntifnya.

    Data verifikasi PTK atau guru yang ditampilkan Direktorat P2TK Dikdas berasal dari Dapodik. Data tersebut dimasukan dan dikirim oleh operator sekolah melalui aplikasi yang sudah disediakan Kemendikbud. Dapodik sebagai bahan mentah yang digunakan untuk menyalurkan tunjangan profesi guru sesuai kriteria dan aturan yang telah ditentukan.

    Cara Mengecek Verifikasi Data Guru atau PTK Lebih Cepat di Alamat Situs Alternatif Direktorat P2TK Dikdas.
    1. Kunjungi situs alternatif P2TK http://223.27.144.195/info.php
    2. Masukan NUPTK dan password yaitu tanggal lahir dengan format YYYYMMDD. Contoh: jika tanggal lahir Anda 23 Agustus 1985 passwordnya: 19850823

    Alternatif Pengecekan Data Guru dari P2TK Dikdas
    Login dengan NUPTK dan Tanggal Lahir (YYYYMMDD)

    3. Setelah berhasil login, Anda akan melihat laman seperti di bawah ini, ada 20 baris data yang ditampilkan, ada juga informasi status, dan rincian jam mengajar.

    Alternatif Pengecekan Data Guru dari P2TK Dikdas
    Cek data Guru atau PTK

    Jika terjadi kesalahan atau data belum valid, segera perbaiki datanya melalui operator sekolah, kemudian dikirim kembali. Ada beberapa server & proses yang dilalui oleh data sebelum masuk database PTK. Jika pengiriman data dari aplikasi Dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu kemudian.

    Untuk Rincian Jam Mengajar (JJM) ada 3 jenis yang dipakai, yaitu; JJM (inputan sekolah), JJM KTSP (JJM terinput dengan batasan maksimal KTSP), dan JJM Sesuai/Linier (JJM yang dibatasi KTSP, yang sesuai dengan sertifikasinya). Data mengajar ada di modul rombel di Aplikasi Pendataan. Untuk itu update data tersebut. Khusus untuk kepala sekolah, diambil data jam tugas tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan.

    Update: Berikut adalah link untuk cek data PTK atau guru di Direktorat P2TK Dikdas, sebagai alternatif jika web utama lambat:

    more
  • Cara Cek Tunjangan Fungsional Guru di P2TK Tunjangan fungsional adalah tunjangan yang diberikan kepada guru bukan PNS. Program pemberian subsidi ini diberikan kepada guru yang diangkat oleh satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat (yayasan).

    Besarnya tunjangan fungsional adalah Rp.300.000 per bulan dan diberikan setiap 6 bulan sekali. Sumber dana untuk pembiayaan program tunjangan fungsional guru berasal dari APBN. Pemberian Tunjangan Fungsional ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan guru.

    Penyaluran subsidi tunjangan fungsional bagi guru bukan PNS jenjang TK dibayarkan melalui Direktorat P2TK PAUDNI, bagi guru jenjang SD-SMP dibayarkan melalui Direktorat P2TK Dikdas, dan bagi guru jenjang SMA/SMK dibayarkan melalui Direktorat P2TK Dikmen.

    Mekanisme yang digunakan untuk pelaksanaan pembayaran subsidi tunjangan fungsional tidak hanya dilakukan melalui secara manual seperti tahun lalu tetapi juga dengan sistem digital melalui Data pokok pendidikan (Dapodik).

    Cara untuk mengetahui atau mengecek apakah SK Tunjangan Fungsional sudah terbit atau belum bisa dilihat di website yang beralamat di Direktorat P2TK Dikdas. Cara ini sama dengan cara untuk mengecek SK Tunjangan Profesi (SKTP) bagi guru yang sudah sertifikasi.

    Cara Cek SK Tunjangan Fungsional
    1. Kunjungi salah satu link berikut ini:
    • http://223.27.144.195:8081/
    • http://223.27.144.195:8082/
    • http://223.27.144.195:8083/
    • http://223.27.144.195:8084/
    • http://223.27.144.195:8085/

    2. Login di form dengan memasukan NUPTK dan passwordnya berupa tanggal lahir (format: YYYYMMDD)

    3. Setelah klik login dan berhasil masuk akan muncul Data Guru dan status SK Tunjangan Fungsional

    Cara Cek Tunjangan Fungsional Guru di P2TK
    Kriteria guru penerima Tunjangan Fungsional adalah Guru bukan PNS yang memenuhi kewajiban melaksanakan tugas paling sedikit 24 jam tatap muka per-minggu yang dibuktikan dalam sistem Dapodik. Guru dalam jabatan yang berkualiafikasi minimal S-1/D-IV. Memiliki NUPTK dan belum mendapat tunjangan profesi. Untuk Buku panduan pelaksanaan pemberian subsidi tunjangan fungsional bagi guru bukan PNS bisa diunduh di sini.

    more
  • Download Aplikasi Simulasi UKA Guru Kelas SD
    Uji kompetensi awal 2013 yang akan diikuti oleh guru-guru yang belum sertifikasi rencana akan digelar pertengahan Mei. Ujian kompetensi guru ini akan menggunakan sistem online seperti uji kompetensi yang dilakukan tahun lalu pada guru yang sudah sertifikasi. Ujian menggunakan aplikasi atau software yang terkoneksi dengan internet.

    Sesuai dengan kisi-kisi UKA tahun lalu, ada 100 soal yang harus dikerjakan oleh guru sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Jika guru kelas SD, juga akan mengerjakan soal khusus untuk guru kelas SD sesuai dengan kisi-kisi yang ada. Materi yang diujikan dalam UKA meliputi kompetensi pedagogik dan profesional.

    Sebelumnya juga sudah dibagikan soal-soal latihan UKA dalam bentuk file yang berformat pdf dan doc dengan berbagai materi, seperti: kompetensi pedagogik, model-model pembelajaran, dan Perundang-undangan. Sekarang SekolahDasar.Net akan berbagi aplikasi untuk simulasi UKA 2013 yang dibuat oleh seorang guru. Bapak Ibu bisa mendowload aplikasi untuk latihan UKA 2013, di tautan berikut:


    Dengan mendownload file berformat exe itu, Bapak Ibu bisa mencoba mengerjakan 100 soal latihan UKA 2013 tanpa harus terkoneksi dengan internet. Bisa dibuka dan dikerjakan kapanpun. Itu bukanlah aplikasi resmi yang akan digunakan ujian nanti, hanya untuk latihan mempersiapkan menghadapi uji kompetensi guru. Tampilannya akan seperti aplikasi yang tahun lalu, tetapi hanya untuk soal-soal pedagogik seperti ini.

    more
  • UKA 2013 Dilaksanakan Pada Pertengahan Mei
    UKA 2013 Dilaksanakan Pada Pertengahan Mei
    Uji kompetensi bagi guru yang belum  mengikuti sertifikasi atau Uji Kompetensi Awal (UKA) 2013 akan dilaksanakan pada pertengahan Mei. Sebelumnya Kemendikbud memang pernah menggelar UKA untuk calon guru yang masuk dalam kuota sertifikasi tahun lalu.

    Seperti yang dilakukan kepada guru bersertifikat di tahun lalu, pelaksanaan uji kompetensi guru ini untuk pemetaan kompetensi guru-guru. Adapun untuk bisa ikut sertifikasi, tetap mengacu pada aturan yang ada, yakni melihat usia dan golongan masa kerja.

    Menurut Unifah Rosyidi, Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, seperti dikutip dari Kompas (18/04/2013). Sampai Senin sore kemarin (15/04/2013) tercatat ada 623.489.000 guru TK sampai SMA yang ikut pendaftaran uji kompetensi awal.

    "Uji kompetensi untuk tahun ini diikuti guru-guru yang belum ikut sertifikasi. Para guru yang ikut, yang namanya masuk dalam database kami yang didaftarkan dinas pendidikan daerahnya," kata Unifah Rosyidi

    Untuk peserta sertifikasi tahun 2013, yang juga diprioritaskan ialah para guru yang gagal di UKA 2012, tetapi sudah mengikuti pelatihan, serta guru yang tidak lulus dalam pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) tahun 2011.

    Pada tahun lalu, Uji kompetensi bagi guru yang sudah sertifikasi dilaksanakan secara online serentak di seluruh Indonesia. Ujian ini untuk memetakan penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru.

    more
  • Jika SKTP Belum Keluar Segera Perbaiki Dapodik
    Jika SKTP Belum Keluar Segera Perbaiki Dapodik
    Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) atau juga dikenal SK Dirjen sebagian besar sudah diterbitkan oleh Direktorat P2TK. Bagi guru yang sudah mengecek SK Dirjen-nya dan belum keluar tentu gelisah. Ini terjadi karena namanya belum terjaring dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Sehingga terancam tidak akan mendapat tunjangan profesi.

    Bagi guru yang belum dikeluarkan SKTP-nya tidak perlu khawatir, ini disampaikan oleh Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Surapranata. Jika belum mendapatkan SKTP, itu terjadi karena pengisian instrumen pendataan oleh operator sekolah belum lengkap. Maka yang perlu dilakukan adalah melengkapi instrumen pendataan.

    “Bagi guru yang tidak keluar SK-nya sekarang, itu bukan kiamat. Silakan melengkapi persyaratan-persyaratan, nanti di tengah jalan akan keluar. Haknya dari bulan Januari tidak hilang,” kata Surapranata dikutip dari website Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

    Setelah data di Dapodik diperbaiki dan lengkap lalu SK Tunjangan Profesi dikeluar, guru mendapat tunjangan secara rapel tanpa ada pemotongan sepeserpun. Seperti juga diberitakan sebelumnya, data yang belum benar harus diperbaiki oleh guru yang bersangkutan melalui operator sekolah paling lambat triwulan II.

    Secara terpisah Kepala Sub Bagian Data dan Informasi, Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Supriyatno mengatakan salah satu penyebab SK tidak keluar karena pengisian instrumen data oleh operator sekolah di Dapodik tidak lengkap.

    Seharusnya data yang dimasukkan dalam aplikasi Dapodik lengkap, benar dan wajar. Jangan sampai ada variabel yang kosong dan terlewat diisi. Jika ada satu saja variabel tak diisi, maka data secara keseluruhan tidak bisa diolah. “Misalnya saya mengajar, tapi rombongan belajarnya (rombel) tidak diisi, bagaimana bukti mengajarnya?” kata Supriyatno.

    Dapodik merupakan program pendataan yang digalang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjaring tiga entitas data pokok pendidikan di seluruh Indonesia secara individual dan relasional. Tiga entitas data tersebut yaitu peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), dan satuan pendidikan.

    Tidak lengkapnya data yang diunggah ke sistem Dapodik merupakan tanggung jawab kepala sekolah. Maka ia berharap kepala sekolah memberi perhatian lebih kepada operator karena tugas mereka lumayan berat. “Sekolah-sekolah yang perhatian terhadap operatornya, operatornya bekerja dengan tenang. Semua variabel datanya dilengkapi. Mereka mulus saja,” ujarnya.

    Dalam kesempatan menanggapi keluhan sejumlah guru yang namanya belum tercantum dalam Dapodik, Supriyatno menjelaskan, aplikasi Dapodik tidak menentukan seorang guru mendapat tunjangan profesi atau tidak. Dapodik sekadar menyajikan data secara individual dan terelasi dengan sekolah dan rombongan belajar yang diemban/diampu. Dapodik sekadar bahan mentah yang digunakan untuk menyalurkan tunjangan sesuai kriteria dan aturan yang telah ditentukan.

    Selain melalui Dapodik, penjaringan data dilakukan pula dengan pengecekan secara manual. Operator sekolah yang bersangkutan dihubungi baik melalui telepon, pesan layanan singkat, ataupun surat. Kepala sekolah dan dinas pendidikan setempat juga turut dihubungi. Dengan begitu, penjaringan instrumen pendataan akan cepat tuntas.

    Sumarna juga menyampaikan, tunjangan khusus yaitu tunjangan untuk guru-guru yang mengabdi di kawasan yang tergolong daerah khusus telah tersalur 100 persen. Dana tunjangan profesi dikirim ke rekening masing-masing guru. Untuk tunjangan profesi baru tersalurkan sekitar 40 persen.

    more
  • Jadwal Pembayaran Tunjangan Profesi Guru 2013
    Jadwal Pembayaran Tunjangan Profesi Guru 2013
    Kapan tunjangan profesi dibayarkan, kapan cair dan dikirim ke rekening. Menjadi pertanyaan bagi guru-guru yang sudah bersertifikasi dan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) sudah diterbitkan. Bagi guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik berhak mendapatkan tunjangan setara dengan satu kali gaji pokok dibayarkan paling banyak 12 bulan dalam satu tahun.

    Bedasarkan Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Guru 2013, Tunjangan profesi disalurkan kepada rekening guru setiap tiga bulan sekali. Bagi seluruh guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) lulusan program sertifikasi tahun 2006 sampai dengan tahun 2012 dibayarkan melalui dana transfer daerah.  Pembayarannya antara tanggal 9 - 16 setiap triwulan. Berikut jadwal pencairan tunjangan profesi ke rekening guru:

    • Triwulan I dibayarkan antara tanggal 9 - 16 April 2013
    • Triwulan II dibayarkan antara tanggal 9 - 16 Juli 2013
    • Triwulan III dibayarkan antara tanggal 9 - 16 Oktober 2013
    • Triwulan IV dibayarkan antara tanggal 9 - 16 Desember 2013

    Dana untuk pembayaran tunjangan profesi bagi guru PNSD bersumber dari APBN yang ditransfer ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui mekanisme dana transfer daerah. Berdasarkan rekening kas umum daerah melalui bank yang ditunjuk mentransfer dana tunjangan profesi kepada rekening masing-masing guru.

    Calon penerima tunjangan harus memenuhi kriteria, yaitu;
    1) Memiliki Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP)
    2) Guru mengajar pada satuan pendidikan binaan Kemendikbud.
    3) Memiliki sertifikat pendidik yang telah diberi satu NRG.
    4) Memenuhi kewajiban jam mengajar minimal 24 jam per minggu.

    Walaupun sejak awal, jadwal pembayaran tunjangan profesi guru sudah dikeluarkan melalui Petunjuk Teknis, tetapi kenyataannya sering terlambat dan tidak sesuai anggaran. Pembayaran tunjangan profesi yang ditransfer langsung ke kabupaten kota masih bermasalah. Dari segi penyaluran juga yang sering telat dan tidak sesuai anggaran.

    Tidak hanya telat namun ada juga pembayaran tunjangan profesi kekurangan jumlah dan bulan pembayarannya. Bahkan, yang lebih memprihatinkan adalah terjadi pemotongan tunjangan profesi di berbagai daerah. Pembayaran dengan sistem rapel tiga bulanan seperti saat ini dinilai tidak efektif dalam mendorong upaya peningkatan profesionalitas guru dan mengundang rasa konsumtif guru.

    more
  • Download Kumpulan Soal Latihan UKA 2013
    Download Kumpulan Soal Latihan UKA 2013
    Masih ingat dengan berita Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk guru sudah bersertifikasi tahun lalu? Tahun ini Uji Kompetensi Awal (UKA) bagi guru belum bersertifikasi yang akan mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) menggunakan format seperti UKG. Ujian akan menggunakan Software, soal dikerjakan secara online.

    Hasil uji kompetensi awal menjadi salah satu pertimbangan guru tersebut bisa mengikuti PLPG atau tidak. Selain hasil UKA pertimbangan lain adalah umur dan masa kerja guru. Jika berhasil mengikuti PLPG dan lulus guru akan mendapatkan sertifikat pendidik sebagai syarat penerima tunjangan profesi.

    Jadwal UKA 2013 yang semula akan dilaksankan April, diundur menjadi Mei mendatang. Sampai saat ini, belum ada kisi-kisi UKA 2013, di website Sertifikasi Guru Kemendikbud yang ada masih kisi-kisi UKA 2012. Begitupun dengan petunjuk teknis pelaksanaan UKA 2013 belum dirilis.

    Dengan adanya kisi-kisi ini akan memudahkan guru dalam mempelajari materi dan menjawab soal yang diujikan. Kisi-kisi UKA diberikan sesuai dengan bidang studi tertentu yang diikuti guru dan jenjang pendidikan. Kisi-kisi ini memberi gambaran kepada peserta tentang soal-soal yang akan di ujikan dalam UKA 2013.

    Sedangkan pada UKG  ada 2 aspek materi yang akan diujikan, yaitu Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional, dengan komposisi 30% Kompetensi Pedagogik dan 70% Kompetensi Profesional. Berikut adalah kumpulan soal yang digunakan untuk latihan UKA 2013:

    • Download - Soal UKA Uji Kompetensi Pedagogik Guru Kelas SD
    • Download - Soal UKA Uji Kompetensi Pedagogik Dan Jawaban
    • Download - Soal UKA materi Uji Kompetensi Pedagogik
    • Download - Soal UKA tentang Kompetensi Kepribadian dan Sosial
    • Download - Soal UKA tentang Perundang-undangan
    • Download - Soal UKA tentang Model-model Pembelajaran Inovatif
    • Download - Soal UKA tentang Pengembangan Profesi Guru
    • Lihat Contoh - Soal UKA online Guru Penjas SD
    • Lihat Contoh - Soal UKA online Guru TK/PAUD
    • Lihat Contoh  - Soal UKA online Guru PAI SD
    • Lihat Contoh - Soal UKA Guru Kelas SD

    Setelah UKA, Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (PSDMPK-PMP) menetapkan peserta sertifikasi guru tahun 2013 berdasarkan urutan prioritas penetapan peserta, hasil perangkingan berdasarkan usia, masa kerja, dan pangkat/golongan, serta skor uji kompetensi.

    more
  • Kurikulum 2013 Akan Tetap Dilaksanakan Juli
    Kurikulum 2013 Akan Tetap Dilaksanakan Juli
    Kurikulum 2013 akan tetap dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2013/2014 yang dimulai pertengahan Juli mendatang. Meskipun banyak kritik dan penolakan terhadap Kurikulum 2013 tidak menyurutkan niat pemerintah untuk menerapkan pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pada tahap awal Kurikulum 2013 diterapkan dengan pendekatan terbatas dan bertahap.

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh menegaskan bahwa tidak akan ada penundaan atau uji coba terhadap Kurikulum 2013. Dikutip dari Kompas.com (13/4/2013) Mohammad Nuh siap bertemu dengan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono untuk melaporkan perkembangan kurikulum baru ini.

    "Kurikulum 2013 akan tetap dilaksanakan tahun ini. Saya akan lapor ke Presiden," kata Nuh di Jakarta.

    Menurut pengakuan M Nuh, sejak awal Presiden mendukung dengan perubahan kurikulum dan meminta untuk mempersiapkan Kurikulum Baru. Orang nomor satu di Indonesia itu juga memberikan arahan terkait implementasi Kurikulum 2013.

    Paparan terkait dengan implementasi Kurikulum 2013 juga telah disampaikan di hadapan Wakil Presiden Boediono. Tanggapan positif muncul dari Wapres dan juga ada kebijakan baru untuk Kurikulum 2013 mengenai jumlah sasaran sekolah yang akan menerapkan Kurikulum 2013.

    Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) yang rencananya di tahun pertama penerapannya dilakukan pada 30 persen SD dikurangi menjadi hanya 5 persen. Pada tahap pertama penerapan kurikulum 2013 dilaksanakan pada kelas I dan kelas IV.

    "Awalnya, kan, untuk SD target 30 persen. Tapi karena terbatas dan realistis saja, dikurangi menjadi hanya lima persen. Untuk SMP ada tujuh persen dan SMA/SMK tetap 100 persen," kata M Nuh.

    more
  • SKTP Diterbitkan Melalui Dapodik dan Manual
    Mekanisme penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Penerbitan SKTP atau juga dikenal dengan SK Dirjen menggunakan sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik). SKTP diterbitkan oleh Direktorat P2TK terkait secara otomatis dengan menggunakan data guru dari Dapodik dan juga diterbitkan secara manual.

    Sekilas tentang Dapodik adalah pendataan sekolah, siswa, dan guru yang dilakukan oleh sekolah sendiri dengan menggunakan aplikasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Data yang sudah dientri oleh operator sekolah dikirim ke secara online ke server pusat Dapodik. Sebagai sistem digital (Dapodik) masih perlu penyempurnaan. Banyak proses entri data yang belum sesuai sehingga ditemui data guru di Direktorat P2TK Dikdas menjadi tidak valid.

    Penerbitan SK Tunjangan Profesi melalui Dapodik diawali dengan Direktorat P2TK Dikdas memverifikasi kelayakan calon penerima tunjangan profesi. lulusan tahun 2007 sampai dengan 2011 maupun lulusan tahun 2012. Data yang diverifikasi diantaranya; beban mengajar 24 jam, rasio siswa guru, masa kerja, golongan, dan gaji pokok. Verifikasi dilakukan secara digital melalui Dapodik sebelum SKTP diterbitkan.

    Bagi guru yang SKTP belum terbit karena datanya belum memenuhi persyaratan, akan diterbitkan jika guru tersebut memenuhi syarat berdasarkan hasil pengecekan Dapodik. Datanya sudah diperbaiki oleh guru yang bersangkutan melalui operator sekolah paling lambat triwulan II. SK Tunjangan Profesi tersebut mencakup seluruh hak guru jika guru tersebut memenuhi persyaratan menerima tunjangan profesi sejak triwulan I.

    Selain secara digital (melalui Dapodik) penerbitan SKTP juga melalui mekanisme manual. Mengingat sistem digital (Dapodik dan PAS) masih dalam proses penyempurnaan, mengakibatkan ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan untuk diproses melalui sistem digital. Sehingga perlu pemberkasan secara manual.

    Proses penerbitan SK bagi guru yang sudah sertifikasi ini dimulai dengan Direktorat P2TK terkait meminta dinas pendidikan kabupaten/kota memverifikasi kelayakan calon penerima tunjangan profesi. Baik bagi guru lulusan tahun 2007 sampai dengan 2011 maupun lulusan tahun 2012. Data yang diverifikasi meliputi; beban mengajar 24 jam, rasio siswa guru, masa kerja, golongan, gaji pokok, dan NPWP sebelum SKTP diterbitkan secara manual.

    more
  • Mengingat Kembali Materi Lewat Kalendar Ingatan
    Mengingat Kembali Materi Lewat Kalendar Ingatan
    Kalendar ingatan adalah sebuah perangkat administrasi yang secara tidak sengaja telah terfikirkan oleh saya yang kemudian saya aplikasikan di dalam KBM. Ini merupakan cara saya untuk memancing para siswa agar mau mengingat kembali isi materi pembelajaran yang telah disampaikan pada hari-hari atau minggu sebelumnya.

    Pada kalendar ingatan ini, saya telah mencatat beberapa pokok penting tentang suatu materi, guna mempermudah peristiwa yang pernah dialami siswa, tentunya yang berkaitan dengan proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Alhasil, ini sangat membantu seorang guru agar siswanya tidak mudah lupa pada materi ajar yang sudah diajarkan.

    Ini merupakan salah satu cara dari sekian banyak cara untuk menyuguhkan sesuatu yang baru dan inovatif di dunia pendidikan. Kalendar ingatan sangat mudah dibuat dan digunakan oleh para guru, cukup sediakan kalendar yang sudah tidak terpakai, kemudian pada bagian yang polos kita beri garis lurus yang digunakan untuk mencatat hari, tanggal, bulan dan tahun serta pokok-pokok pembelajarn yang akan disampaikan.

    Kemudian setelah jadi, langsung kita pakai dan beri penjelasan kepada siswa mengenai peran kalendar ingatan tersebut. Cukup sekian dari saya, terima kasih banyak. Mudah-mudahan bermanfaat. Amin.

    *) Ditulis dan dikirim oleh Moh. Alfa Hasyim, S.Pd
    Penulis adalah guru honorer SD Negeri 2 Karangsembung, Kec.Karangsembung, Kab.Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Lulusan UPI Kampus Sumedang Fakultas Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar jenjang SI. Lulus pada tahun 2010. Senang bersepeda, mengenal teknologi, dan membaca bacaan tentang Silogisme.

    Anda juga ingin mengirim tulisan? Kirim saja di sini.

    more
  • Mekanisme Pembayaran Tunjangan Profesi Guru
    Mekanisme Penyaluran Tunjangan Profesi Guru
    Mekanisme penyaluran tunjangan profesi melalui mekanisme dana transfer daerah tahun 2013 memiliki beberapa alur. Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan PSDMP dan PMP menyerahkan data kelulusan dan NRG tahun 2012 ke Direktorat P2TK terkait. Diterbitkan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) satu kali dalam satu tahun bagi calon penerima tunjangan profesi yang memenuhi syarat.

    Guru penerima tunjangan profesi harus memiliki beban mengajar minimal 24 jam tatap muka per minggu, yang dibuktikan dengan surat resmi atau surat keterangan dari pihak yang berwenang. Dinas Pendidikan kabupaten/kota dan dinas pendidikan provinsi melaporkan realisasi pembayaran kepada:

    • Direktorat P2TK terkait, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setiap triwulan melalui online: ptkdikmen.kemdiknas.go.id/kemdikbud-klienkeu
    • Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan. PMK pada bulan Agustus untuk laporan semester I (tri wulan 1 dan 2) dan pada bulan April tahun anggaran berikutnya untuk semester II (tri wulan 3 dan 4).

    Berdasarkan SKTP, Bendahara Pengeluaran/ Pelaksana Kegiatan yang ditunjuk menyiapkan berkas SPP untuk diajukan ke Pengguna Anggaran (PA)/Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang ditunjuk. PA/KPA yang ditunjuk menelaah dan menerbitkan Surat Perintah Membayar (SPM) dan mengirimkan ke Bendahara Umum Daerah (BUD) atau Kuasa Bendahara Umum Daerah (KBUD).

    BUD/KBUD menelaah usulan SPM dan menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D). Selanjutnya BUD/KBUD yang ditunjuk mengambil dana tunjangan profesi yang ditransfer oleh Kementerian Keuangan melalui rekening kas umum daerah yang disimpan pada bank yang ditunjuk.

    Berdasarkan rekening kas umum daerah melalui bank yang ditunjuk mentransfer dana tunjangan profesi kepada rekening masing-masing guru. Apabila terjadi kesalahan data antara lain penulisan nama dan nomor rekening yang menyebabkan tunjangan profesi guru tidak dapat disalurkan oleh bank yang ditunjuk maka akan terjadi retur.

    Tunjangan profesi disalurkan kepada rekening guru yang memenuhi persyaratan antara tanggal 9 - 16 setiap triwulan (9 – 16 April 2013 untuk triwulan I, 9 – 16 Juli 2013 untuk triwulan II, 9 – 16 Oktober 2013 untuk triwulan III, dan 9 – 16 Desember 2013 untuk triwulan IV). Mekanisme penyaluran tunjangan guru sertifikasi ini bisa dipelajari di Petunjuk Teknis Pembayaran Tunjangan Profesi Guru.

    more
  • Mekanisme Penerbitan SK Tunjangan Profesi Guru Salah satu kriteria guru penerima tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok adalah guru yang memiliki Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP). SK Tunjangan Profesi atau juga dikenal dengan SK Dirjen dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk satu tahun berjalan.

    Mulai 2013 berdasarkan Petunjuk Teknis Pembayaran Tunjangan Profesi Guru, mekanisme yang digunakan untuk penerbitan SKTP dilakukan melalui 2 cara yaitu dengan cara digital dan manual. Status penerbitan SKTP bisa dicek secara online melalui website Direktorat P2TK Pendidikan Dasar.

    Mekanisme Penerbitan SK Tunjangan Profesi Guru
    Cara Cek Status SKTP

    Secara digital yaitu menggunakan sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik). SKTP diterbitkan oleh Direktorat P2TK terkait secara otomatis dengan menggunakan data PTK dari Dapodik sehingga dinas pendidikan kabupaten/kota tidak perlu melakukan verifikasi data pendukung persyaratan calon penerima tunjangan profesi.

    Penerbitan SKTP secara manual yaitu Dinas pendidikan kabupaten/kota melakukan verifikasi data pendukung persyaratan calon penerima tunjangan profesi. Setelah data dinyatakan valid, Direktorat P2TK terkait menerbitkan SKTP.

    Selain memiliki SKTP, calon penerima tunjangan harus memenuhi kriteria lainnya, seperti; (1) Guru yang mengajar pada satuan pendidikan di bawah binaan Kemendikbud kecuali guru pendidikan agama. (2) Memiliki sertifikat pendidik yang telah diberi satu Nomor Registrasi Guru (NRG). (3) Memenuhi kewajiban melaksanakan tugas paling sedikit 24 jam per minggu sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimilikinya.

    more
  • Cara Cek Status SK Tunjangan Profesi di P2TK Untuk melakukan pengecekan apakah SK Tunjangan Profesi (SKTP) sudah cetak apa belum bisa dilakukan di website Direktorat P2TK Pendidikan Dasar. April 2013 ini tunjangan sertifikasi guru cair. Tunjangan profesi dibayarkan paling banyak 12 (dua belas) bulan dalam satu tahun.

    Mulai tahun ini, mekanisme yang digunakan untuk pelaksanaan pembayaran tunjangan profesi dengan cara sistem digital dan manual. Melalui sistem digital, pemberkasan tidak lagi seluruhnya dilakukan secara manual tetapi dilakukan secara online melalui Dapodik.

    Berdasarkan Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Guru 2013. Tunjangan profesi guru sertifikasi disalurkan kepada rekening guru yang memenuhi persyaratan antara tanggal 9 - 16 setiap triwulan, dengan rincian:
    • 9 – 16 April 2013 untuk triwulan I
    • 9 – 16 Juli 2013 untuk triwulan II
    • 9 – 16 Oktober 2013 untuk triwulan III
    • 9 – 16 Desember 2013 untuk triwulan IV

    Sebelum tunjangan profesi guru dicairkan, diterbitkan SKTP untuk satu tahun berjalan. Untuk melihat status penerbitan SK Tunjangan Profesi atau yang lebih dikenal dengan SK Dirjen bisa dicek secara online. Data yang bisa diketahui adalah data diri guru dan status tunjangan profesi.

    Berikut adalah cara mengecek SKTP di P2TK Dikdas.
    1. Kunjungi website Direktorat P2TK Pendidikan Dasar [Klik di sini]

    Anda akan melihat tampilan laman seperti ini

    2. Login di form INFO SK, dengan memasukan NUPTK dan passwordnya adalah tanggal lahir anda dengan format YYYYMMHH. Contoh 29 Januari 1987 menjadi 19870129.
    3. Jika Anda berhasil login, maka dapat mengetahui status apakah SKTP Anda sudah cetak atau belum, dan data Anda seperti gambar di bawah ini.

    Tampilan jika Anda berhasil login

    Perlu diketahui, data yang ditampilkan pada laman hasil login tidak dapat dijadikan dasar acuan untuk proses pembayaran tunjangan. Data sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan. Proses pembayaran tunjangan mengacu pada SK cetak yang dikirim ke pengelola masing-masing tunjangan.

    Sudahkah Bapak Ibu mengecek datanya? Jika Bapak Ibu kesulitan mengakses website Direktorat P2TK Pendidikan Dasar yang beralamat di http://116.66.201.163:8000/index.php itu bisa dikarenakan beberapa hal. Terlalu banyak orang yang mengakses web tersebut sehingg server down ataupun bisa jadi website memang dalam pemeliharaan sehingga tidak bisa dibuka. Coba akses pada jam-jam sepi, semisal tengah malam atau subuh untuk mengecek status SKTP.

    more
  • Inilah 4 Kiat Sukses Hadapi Ujian Nasional UN 2013
    Ujian Nasional (UN) sudah semakin dekat, tanggal 6-8 Mei mendatang siswa tingkat sekolah dasar akan melaksanakan UN. Semua yang terlibat berusaha untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional yang mengujikan tiga mata pelajaran itu, mulai dari guru, orang tua bahkan siswa sendiri.

    Berbagai kiat dan strategi dilakukan untuk menyiapkan diri agar dapat mengerjakan berbagai soal yang diujikan dengan benar sehingga dapat lulus dan memperoleh nilai maksimal. Tanpa kiat persiapan yang tepat, hasilnya tentu tidak akan optimal pada saat ujian.

    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para guru, orang tua dan siswa saat tengah mempersiapkan diri. Terkadang anak-anak belajar dengan 'mati-matian' semua materi yang ada tanpa strategi yang benar sehingga justru bisa membuat tidak fokus pada pelaksanaannya.

    Inilah 4 strategi sukses hadapi UN 2013 yang diungkapkan oleh Pemerhati Pendidikan, Saufi Sauniwati, seperti dikutip dari Kompas.com (27/3/2013):

    1. Jangan hanya menghafal
    Kiat pertama mempersiapkan diri menghadapi ujian adalah penguasaan bahan yang akan diujikan. Yang dimaksud pada penguasaan bahan ini bukan hanya menghafal semua materi yang ada. Namun, agar lebih mudah, biasakan diri berlatih soal untuk mengaplikasikan rumus yang ada dengan tepat.

    2. Rajin mengevaluasi diri
    Kiat kedua untuk sukses UN adalah rajin melakukan evaluasi diri. Ini berkaitan dengan latihan soal yang dilakukan oleh siswa. Latihan saja tidak cukup apabila tidak dievaluasi dengan baik. Evaluasi ini tidak hanya sekadar menilai benar dan salah, tetapi juga harus dievaluasi durasi pengerjaan soalnya.

    3 Istirahat dan jaga kesehatan
    Kiat ketiga menghadapi ujian adalah membagi waktu antara belajar dan melepaskan penat (istirahat). Saat menjelang UN, anak-anak biasanya belajar tiada henti dan ikut berbagai macam try out. Hal ini akan bermasalah jika tidak ada jeda untuk meregangkan pikiran dan dapat berakibat anak mengalami stress.

    3. Berdoa
    Kiat terakhir tentu saja berdoa agar diberi kelancaran. Tidak heran jika banyak sekolah yang kemudian menggelar doa bersama saat menjelang UN. Dengan berdoa ini, siswa dan guru dapat memperoleh ketenangan tersendiri sebelum dan saat UN.

    more
  • Download Kumpulan Soal Ujian Sekolah USBN SD
    Download Kumpulan Soal Ujian Sekolah USBN SD
    Selain Ujian Nasional (UN) siswa tingakt sekolah dasar juga melaksanakan Ujian Sekolah atau biasa disebut juga USEK yang berstandar nasional, USBN. Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN adalah semua mata pelajaran di SD. Ada dua jenis tes (ujian) yaitu ujian tulis dan ujian praktek.

    Soal-soal dalam ujian sekolah disusun berdasarkan kompetensi dasar dan indikator dalam kisi-kisi USBN yang sudah diterbitkan. Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah ditentukan oleh masing-masing Kabupaten Kota. Berbagai try out atau uji coba untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian sekolah pun sudah mulai dilakukan.

    Berikut adalah Kumpulan Soal-Soal Semua Mata Pelajaran Ujian Sekolah USBN Tahun 2013

    Untuk melengkapi kumpulan latihan soal Ujian Sekolah untuk SD tahun 2013, bisa juga Anda mendownload kumpulan soal-soal UN SD/MI 2013, di tautan ini dan tautan ini. Dan untuk lebih banyak soal USBN PAI SD, bisa didownload di sini. Penting untuk mempersiapkan diri, agar bisa mendapatkan nilai yang terbaik. Selamat Belajar :)

    more
  • Buku Kurikulum Baru Disempurnakan Sampai 7 Kali
    Buku Kurikulum Baru Disempurnakan Sampai 7 Kali
    Perubahan kurikulum baru selalu diikuti dengan perubahan buku ajar yang akan digunakan. Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) buku baru Kurikulum 2013 yang disusun oleh tim yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengalami penyempurnaan naskah sampai tujuh kali. Buku tematik integratif untuk SD itu akan digunakan dalam kurikulum yang akan diterapkan mulai Juli mendatang.

    Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim mengklaim buku tematik terpadu ini baru pertama kali ditulis di Indonesia, khususnya oleh pemerintah. Menurutnya dengan penyempurnaan berulang kali ini untuk menghasilkan tulisan yang baik.

    "Jadi memang perlu dilakukan penulisan dan pengulasan berulang kali. Saat ini naskah yang masuk ke tim penyempurnaan telah masuk ke penulisan naskah ketujuh," kata Musliar. "Semoga penulisan naskah ketujuh ini akan menghasilkan buku yang kita harapkan," imbuhnya, seperti dikutip dari Kompas.com.

    Dalam penulisan buku kurikulum baru, melibatkan banyak penulis dari berbagai kalangan yang memang ahli dan tidak ketinggalan para guru. Proses penyusunan buku ajar kurikulum baru adalah dimulia dari para penulis yang awalnya menulis sendiri-sendiri kemudian baru disatukan untuk kemudian dikirim ke reviewer.

    Setelah dilakukan review, naskah dikembalikan ke penulis untuk diperbaiki. Kemudian setelah diperbaiki diulas lalu masuk tahap editing. Pasca tahap penyempurnaan, naskah akan dicetak dan kemudian dibaca oleh para reviewer dan orang-orang yang memiliki kapasitas untuk dapat memberikan kritik dan saran terhadap buku itu. Penyusunan buku ditarget selesai 20 April 2013.

    Untuk diketahui, setengah dari anggaran kurikulum baru atau Rp 1,3 triliun, akan digunakan untuk proyek pengadaan buku. Inilah yang menjadikan salah satu alasan Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Koalisi Pendidikan menolak Kurikulum Baru. Menurutnya pengadaan buku berpotensi dikorupsi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pengadaan buku adalah lahan basah.

    more
  • Juknis Pembayaran Tunjangan Profesi Guru
    Juknis Pembayaran Tunjangan Profesi Guru
    Penyaluran tunjangan profesi guru tahun 2013 berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) penyaluran tunjangan profesi guru, terdapat dua mekanisme pembayaran. Bagi seluruh guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) lulusan program sertifikasi tahun 2006 sampai dengan tahun 2012 dibayarkan melalui dana transfer daerah. Sedangkan penyaluran tunjangan profesi bagi guru bukan PNS dan guru PNS binaan provinsi dan pengawas satuan pendidikan dibayarkan melalui pusat.

    Mulai tahun ini, mekanisme yang digunakan untuk pelaksanaan pembayaran tunjangan profesi melalui DIPA tahun 2013 dilakukan melalui 2 cara yaitu dengan cara sistem digital dan manual. Melalui sistem digital, pemberkasan tidak lagi seluruhnya dilakukan secara manual tetapi dilakukan secara online melalui Dapodik dan PAS (Data Pokok Pendidikan dan Program Aplikasi Sekolah) yang harus diisi dan diperbarui (updated) secara terus menerus.

    Tunjangan profesi yang dibayarkan melalui mekanisme dana transfer adalah tunjangan yang diberikan kepada seluruh guru PNSD, kecuali guru pendidikan agama, yang telah memiliki sertifikat pendidik dan memenuhi persyaratan lainnya.

    Tunjangan profesi dibayarkan paling banyak 12 (dua belas) bulan dalam satu tahun, serta diberikan kepada seluruh guru PNSD terhitung mulai awal tahun anggaran berikut setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus sertifikasi dan memperoleh Nomor Registrasi Guru (NRG) dari Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    Tunjangan profesi bagi guru PNS Daerah adalah setara dengan 1 (satu) kali gaji pokok sesuai peraturan perundang-undangan bagi guru PNSD yang memiliki sertifikat pendidik dan memenuhi persyaratan lainnya sesuai dengan petunjuk teknis ini, dan dikenakan pajak penghasilan. Tunjangan Profesi bersifat tetap selama guru yang bersangkutan melaksanakan tugas sebagai guru dengan memenuhi persyaratan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

    Dana untuk pembayaran tunjangan profesi bagi guru PNSD bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang ditransfer ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui mekanisme dana transfer daerah. Jika terdapat kelebihan dana setelah realisasi pembayaran tunjangan profesi di masing-masing kas daerah tahun sebelumnya, maka dana tersebut dapat digunakan sebagai penambah sumber pendanaan tahun sesudahnya untuk pemenuhan kekurangan tunjangan profesi.

    Tunjangan profesi melalui mekanisme transfer diberikan kepada guru PNSD yang telah ditetapkan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengenai penerima tunjangan profesi guru PNSD yang melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Selengkapnya, Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Guru, dapat dibaca dan didownload di sini.

    more
  • Cara Cek Dapodik Sekolah di Pendataan Dikdas Sampai saat ini proses pengiriman data pokok pendidikan (Dapodik) sekolah masih terus berlangsung. Dapodik menjadi sangat penting karena dijadikan dasar dalam banyak hal, seperti; pemberian bantuan sekolah, tunjangan profesi guru, bahkan juga untuk dasar pemilihan sekolah yang akan menerapkan Kurikulum Baru. Semua data sekolah, mulai dari sarana prasarana, tenaga pendidik dan peserta didik bisa didapatkan di Dapodik.

    Ada beberapa cara untuk mengecek data yang sudah dientri dan dikirim oleh Operator Dapodik Sekolah apakah sudah terkirim atau sudah diterima oleh server pusat Dapodik. Data pendidikan dientri melalui software (aplikasi) yang disediakan oleh Pendataan Dikdas Kemendikbud dan bisa diunduh gratis. Data pendidikan dari masing-masing sekolah dikirim secara online ke server pusat Dapodik

    infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
    Cara Cek Dapodik Sekolah di Info Pendataan Dikdas
    1. Kunjungi http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/
    2. Di sana ditampilkan report pendataan pendidikan dasar
    3. Klik tanda plus (+) di samping kiri nama propinsi yang dipilih
    4. Dari nama provinsi akan muncul nama-nama kabupaten/kotanya
    5. Klik tanda plus (+) di samping kiri nama Kabupaten/kota Anda
    6. Pilih kecamatan dan terakhir nama sekolah
    7. Pada tabel sekolah akan muncul keterangan, yaitu:
    • Apabila sudah diterima maka aka nada keterangan tanggal diterima dan statusnya.
    • Jika tertulis Berhasil Diproses berarti sudah diterima server.
    • Jika tertulis Cek Konversi berarti masih dalam proses sinkronisasi.
    • Jika masih status kosong berarti sekolah belum mengirim data atau gagal dalam pengiriman ke server.
    http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
    Cara Cek Data Sekolah Melalui Sistem Manajemen Pendataan
    1. Kunjungi http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
    2. Masukan username dan password seperti yang digunakan operator sekolah.
    3. Setelah berhasil login, akan terlihat menu Beranda, Sekolah, dan Register Pengiriman.
    4. Klik menu Sekolah di sebelah kiri atau Tab Data Sekolah pada bagian atas, untuk melihat data sekolah, data PTK, dan data siswa.
    5. Untuk melihat data, klik nama sekolah Anda yang tercantum pada daftar sekolah.
    6. Anda dapat menampilkan data sekolah, daftar sarpras, daftar rombel, daftar siswa, dan daftar PTK.

    Dari Manajemen Pendataan Pendidikan itu, Anda bisa dapat informasi tentang input data yang sudah dilakukan, mulai Data sekolah yang terdiri dari data siswa, sarpras, rombel, dan PTK. Tersedia juga informasi Daftar register pengiriman, untuk mengecek status file dan verifikasi.

    Masukan NUPTK dan password yaitu tanggal lahir dengan format YYYYMMDD
    Cara Cek Verifikasi Data Guru di P2TK Dikdas
    1. Kunjungi http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id atau klik di sini.
    2. Masukan NUPTK dan password yaitu tanggal lahir (YYYYMMDD).
    3. Setelah berhasil login, Anda akan melihat 20 baris data.

    Data guru tersebut ini diinput dan dikirim sendiri oleh Operator sekolahan masing-masing melalui Aplikasi Pendataan Pendidikan ke server pusat secara online. Anda bisa melihat informasi status data, valid ataukah belum. Data guru di P2TK Dikdas harus benar dan valid, agar tidak bermasalah dengan penerbitan SK TP atau pencairan tunjangan sertifikasi.

    more

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Baca Informasi Terbaru