» » » » Cara Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Soal

Cara Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Soal

Cara Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Soal
Kemampuan siswa untuk menemukan key word perlu dilatih dan dibiasakan.
Ujian Nasional (UN) masih menjadi salah satu tolak ukur kelulusan dan prasyarat menempuh jenjang pendidikan lanjutan. Dalam menghadapi UN banyak upaya yang dilakukan sekolah dan guru dalam mencapai keberhasilan maksimal UN terhadap anak didiknya, agar berhasil memperoleh nilai UN dengan baik sehingga bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan sesuai keinginan siswa.

Banyak hal yang menjadi pertimbangan UN masih diperlukan dalam bidang pendidikan antara lain: UN membuat persebaran nilai menjadi lebih lebar, sehingga dapat terlihat lebih nyata kemampuan siswa terhadap pelajaran yang diterima selama sekolah, UN sebagi sarana evaluasi dimana evaluasi adalah dimensi penting dalam manajemen bidang pendidikan, UN sebagai syarat kelulusan, UN sebagai bentuk evaluasi dan mampu mendorong sikap positif, karena siswa terdorong untuk belajardan berdoa lebih giat, UN adalah untuk pemetaan kualitas pendidikan di Indonesia, UN adalah salah satu proyek pemerintah yang berorientasi output, UN untuk mengukur kualitas hasil dalam bidang pendidikan, kualitas identik dengan standar dan standar itu diperlukan dalam bidang pendidikan.

Pelaksanaan UN masih menggunakan soal dalam bentuk tertulis oleh sebab itu perlu upaya untuk mengerjakan dengan baik dalam menyelesaikan permasalahan yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Salah satu cara meningkatkan pemahaman soal dalam bentuk tulis adalah menemukan key word  (kata kunci soal). Key word dalam soal adalah kata atau ungkapan yang mewakili konsep atau gagasan yang menandai suatu kelompok soal. Kemampuan siswa untuk menemukan key word perlu dilatih dan dibiasakan mulai pada jenjang pendidikan dasar.

Penulis mencoba membiasakan siswa pada jenjang sekolah dasar dalam menemukan kata kunci pada soal dengan cara: siswa membaca soal lebih dari satu kali, siswa menggaris bawahi kata-kata penting yang menjadi inti pertanyaan soal dan merupakan kata yang mewakili konsep dalam sebuah soal.

Baca juga: Kumpulan Soal UN & US SD/MI Tahun 2012 - 2014

Keuntungan yang diperoleh siswa dengan terbiasa mencari key word antara lain: siswa paham maksud soal sehingga mampu menjawab dengan benar, siswa terhindar dari persepsi ganda terhadap soal, siswa dapat meningkatkan ketelitian dalam menentukan inti dari pertanyaan soal, siswa tidak terkecoh dengan kata berlawanan seperti” tidak dan kecuali”.

Contoh:
Ibu menampung air hujan di depan rumah dalam bak hingga penuhsebagai persediaan menyiram tanaman ketika hujan tidak turun.Kesesokan harinya panas sangat terik, ketika sore ibu mermaksuk menyiram tanamannya ternyata air dalam bak tinggal sedikit. Perubahan wujud apakah yang terjadi pada peristiwa tersebut....
a. membeku
b. mengkistal
c. menguap
d. mencair

Melatih dan membiasakan siswa menemukan key word mulai dari sekarang merupakan langkah tepat untuk mempersiapkan siswa dalam menempuh UN yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk hasil nilai UN yang lebih baik.

*) Ditulis oleh Louis Ifka Arishinta, Guru SD Muhammadiyah 9 Malang
Anda juga dapat mengirim tulisan Anda ke SekolahDasar.Net



SekolahDasar.Net | 8 Februari 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA