Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Dua Kata yang Sebaiknya Tidak Diucapkan ke Anak

Sebaiknya orangtua menghindari kata "jangan" dan "tidak boleh" dalam melarang anak melakukan sesuatu.
Seringkali anak melakukan apa yang menurut orangtua itu keliru. Kebanyakan orangtua menggunakan kata kata "jangan" dan "tidak boleh" dalam melarang anak melakukan sesuatu. Psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi, Psi, menyarankan orangtua untuk menghindari dua kata tersebut.

Baca juga: Jangan Bebani Anak dengan Target Orang Tua

Ayoe mencontohkan, misalnya saat mengatakan "jangan meloncat-loncat", anak jadi penasaran mengapa hal tersebut tidak dibolehkan sehingga dia menuruti perintah orang tua. Bukannya anak menurut, anak akan cenderung melakukan hal sebaliknya.

"Ganti dengan 'duduk yang manis' atau 'jalannya pelan-pelan'," kata Ayoe seperti yang SekolahDasar.Net kutip dari Antara (29/05/15).

Orangtua juga harus menjaga sikap dan ekspresi untuk tetap tenang di depan anak dalam situasi tertentu, misalnya saat anak terjatuh. Menurutnya, Anak usia 1 sampai 3 tahun itu meniru ekspresi orangtuanya.

Jika orangtua menunjukkan rasa panik secara berlebihan pada saat anak jatuh, meski hanya lecet biasa, akhirnya anak akan menganggap kejadian jatuh sebagai hal yang patut dibesar-besarkan.