» » » » Ruang Kelas Baru Untuk SD Masih Perlu Ditambah

Ruang Kelas Baru Untuk SD Masih Perlu Ditambah

Kita masih membutuhkan ruang kelas untuk pembelajaran yang ideal.
Jumlah rombongan belajar (Rombel) tingkat Sekolah Dasar (SD) berdasarkan data dari Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) ada sebanyak 1.095.684 dengan ruang kelas sebanyak 975.951. Jelas kondisi tersebut tidak seimbang.

Baca juga: Alasan Program Dapodik Berlanjut Meski Dikecam

“Ini indikasi kita masih membutuhkan ruang kelas untuk pembelajaran yang ideal,” ungkap Yudistira, Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kemendikbud (15/06/15).

Meski kekurangan ruang kelas, selama ini proses pembelajaran tetap berjalan. Sekolah membagi waktu pembelajaran dalam dua waktu yaitu pagi dan siang. Ada juga sekolah yang menyekat satu ruang kelas untuk dua rombongan belajar.

Menurut Yudistira, seperti SekolahDasar.Net kutip dari dikdas.kemdikbud.go.id, pemenuhan atas kekurangan ruang kelas baru itu, seharusnya tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Pemerintah Daerah dan masyarakat juga harus terlibat.

Di sinilah peran Komite Sekolah dibutuhkan dengan mendorong Pemerintah daerah dan sekolah untuk bekerja sama memenuhi berbagai kebutuhan sarana dan prasarana sekolah. Komite Sekolah juga bisa membuat program kerja sama dengan perusahaan untuk memberikan Company Social Responsibility (CSR).



SekolahDasar.Net | 15 Juni 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA