» » » Untuk Orangtua, Inilah Cara Membuat Anak Bahagia

Untuk Orangtua, Inilah Cara Membuat Anak Bahagia

Cara Membuat Anak Bahagia
Ada berbagai macam cara untuk menciptakan suasana indah di dalam keluarga dan memberikan anak kebahagiaan.
Tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anak, orangtua juga harus mengajarkan kepada mereka untuk menggunakan kebijaksanaan dalam kehidupan sehari-hari. Ada berbagai macam cara untuk menciptakan suasana indah di dalam keluarga dan memberikan anak kesempatan untuk mengembangkan potensinya. Berikut cara membuat anak Anda lebih bahagia ketika bersama keluarga, seperti yang SekolahDasar.Net lansir dari Republika (21/07/15).

Dongeng dan Perumpamaan
Psikolog menyakini bahwa dongeng membantu anak-anak memahami realitas. Dongeng dan perumpamaan memudahkan kita untuk menjelaskan apa yang baik dan apa yang buruk kepada anak. Dengan kata lain, dongeng adalah refleksi dari kehidupan nyata, komunikasi dan hubungan antara orang-orang. Ketika mendengarkan dongeng, anak akan membayangkan karakter, perasaan dan emosi mereka selain itu mengembangkan keterampilan imajinasi anak. [ Baca juga: Membentuk Karakter Anak Melalui Dongeng ]

Hewan Peliharaan
Hewan dapat memainkan peran dalam proses pembentukan identitas anak. Mereka selalu berhubungan baik dan cinta tulus terhadap hewan peliharaan mereka. Ada semacam hubungan antara hewan peliharaan dan anak-anak, hewan dapat membantu orangtua menumbuhkan tanggung jawab, kasih sayang, rasa percaya diri dan kehati-hatian pada anak-anak.

Bagi anak-anak yang tumbuh tanpa saudara kadang-kadang merasa kesepian, terutama bila orangtua sedang sibuk bekerja, hewan sering bertindak sebagai psikoterapi. Anak-anak memiliki kesempatan untuk berbicara dengan hewan peliharaan atau berbagi perasaan mereka yang memberi mereka bantuan besar dari stres dan kekhawatiran.

Aktivitas fisik
Dokter menyarankan untuk menjaga keseimbangan antara aktivitas mental dan fisik sepanjang waktu, karena tubuh manusia tidak dapat berfungsi secara normal tanpa latihan fisik. Hal ini dapat dilakukan dengan membiasakan anak-anak untuk senam dan olahraga dari usia dini. Dengan menjadikan kebiasaan anak yang kuat yang akhirnay dapat berubah menjadi hobi.

Olahraga adalah terapi terbaik terhadap kesedihan dan banyak masalah kesehatan lainnya. Olahraga mengajarkan anak-anak untuk bekerja sama sebagai anggota tim dan menemukan teman sejati. Anak-anak harus melakukan latihan fisik setidaknya 30 menit sehari secara teratur karena olahraga adalah kunci untuk hidup sehat dan panjang umur.



SekolahDasar.Net | 21 Juli 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA