Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bahasa Inggris Tidak Tepat Dipelajari Siswa SD

Bahasa Inggris Tidak Tepat Dipelajari Siswa SD
Bahasa Inggris tidak tepat dipelajari siswa SD apalagi TK, hal ini akan mengacaukan kemampuan berbahasa anak.
Mata pelajaran (mapel) Bahasa Inggris tidak tepat dipelajari siswa SD apalagi TK. Hal ini dikatakan Kepala Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Mahsun. Menurutnya Bahasa Inggris sebenarnya lebih tepat dipelajari di tingkat SMP atau sederajat.

"Mempelajari bahasa Inggris itu sebenarnya di SMP," kata Mahsun di sela-sela Seminar dan Lokakarya Kebahasaan Adat dengan tema “70 Tahun Negara Berbahasa Indonesia: Merajut Kebhinekaan Bangsa Menuju Bahasa MEA”, seperti yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (18/08/15).

Mahsun mengingatkan mempelajari mapel itu tidak pantas diterapkan di SD, TK maupun PAUD. Hal ini akan mengacaukan kemampuan berbahasa anak nantinya. Penerapan mapel itu sudah ada dalam aturan. Menurutnya mapel Bahasa Inggris tidak diharuskan dipelajari pada tingkat SD.

Baca juga: Eksklusivitas Pelajaran Bahasa Inggris

Mengenai sekolah internasional, penggunaan Bahasa Inggris dalam komunikasi juga tidak diwajibkan. Kecuali jika seluruh siswanya merupakan warga negara asing. Mahsun mengatakan sekolah label internasional itu bukan dilihat komunikasi bahasanya tetapi kualitasnya.