» » » » Empat Pola Pengajaran untuk Hadapi Tantangan Masa Depan

Empat Pola Pengajaran untuk Hadapi Tantangan Masa Depan

Berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif adalah empat pola pengajaran untuk siap hadapi masa depan.
Untuk siap menghadapi tantangan masa depan, pola pengajaran berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif dapat diterapkan kepada peserta didik. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, empat pola pengajaran ini sifatnya adalah mengajarkan, menginspirasi, dan menggerakkan.

"Guru yang menjadi teladan untuk berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif sangat dibutuhkan bagi para guru masa depan," kata Anies yang SekolahDasar.Net kutip dari laman kemdikbud.go.id (06/08/15).

Jika dulu pendidikan lebih menekankan pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, maka guru masa depan adalah pendidik yang mampu membaca perubahan zaman. Jika seorang guru dapat melakukan empat pola ini, secara tidak langsung mengajak siswa untuk melihat tantangan masa depan.

Dengan pendidikan yang menginspirasi dan menggerakkan, para siswa akan dapat bersaing di masanya. Dan gurunya, kata dia, dengan menjadi seorang inspirator bagi siswanya tentu akan diingat sepanjang masa.

Baca juga: Peran Guru dalam Penumbuhan Budi Pekerti Siswa

Guru diharapkan dapat selalu berinteraksi dengan baik kepada para siswa, sehingga para siswa akan meneladani dengan melihat apa saja yang dilakukan gurunya. Menurut Anies, hal ini menjadi kunci keberhasilan dalam proses belajar mengajar.



SekolahDasar.Net | 6 Agustus 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA