» » » » Program Bela Negara Akan Masuk Kurikulum SD

Program Bela Negara Akan Masuk Kurikulum SD

Program Bela Negara Akan Masuk Kurikulum SD
Untuk anak SD, kegiatan bela negara dilakukan pada kelas V.
Mulai tahun 2016 program bela negara akan dimasukkan ke kurikulum Sekolah Dasar (SD). Bahkan program ini akan diajarkan sejak usia Taman Kanak-Kanak (TK) sampai dewasa.

"Mulai tahun depan sudah masuk kurikulum. Ini untuk melahirkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap bangsa," kata Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu yang SekolahDasar.Net kutip dari Berita Satu (13/12/15).

Program bela negara telah dikoordinasikan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) serta Menteri Agama. Dengan Mendikbud terkait muatan materi pendidikan, sementara dengan Menteri Agama terkait masalah ahklak dan moral.

Baca juga: Kurikulum Baru Setelah K-13 Bernama Kurikulum Nasional

Untuk anak SD, kegiatan bela negara dilakukan pada kelas V dan anak SMP serta SMA dilakukan saat kelas II. Sedangkan untuk mahasiswa dilakukan saat penerimaan mahasiswa baru berupa kegiatan orientasi mahasiwa.

Program bela negara hanya dilakukan atau diajarkan selama lima hari yaitu dari Senin sampai Jumat. Setelah mengikuti kegiatan tersebut, para peserta akan diberikan sertifikat yang menyatakan telah mengikuti pendidikan bela negara.

Saat ini, Kemhan dibantu anggota dari Komando Daerah Militer (Kodam) yang berada di daerah-daerah sedang mengajar para guru dan tenaga pendidik. Mereka akan meneruskan pengajaran bela negara kepada anak didik maupun masyarakat umum.



SekolahDasar.Net | 13 Desember 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA