Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Guru Honorer Gagal yang Minta Diangkat Jadi PNS

Jadi saat ini mereka yang gagal itulah yang protes, menuntut untuk diangkat sebagai guru PNS.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan menjelaskan terkait guru honorer yang protes menuntut untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Menurutnya, mereka yang sering menuntut untuk diangkat sebagai guru PNS adalah guru honorer yang gagal atau tidak lulus tes kompetensi.

Guru honorer dianggap valid apabila telah mengajar selama satu tahun, mendapat gaji resmi dari APBN atau APBD, dan mengajar tanpa putus sejak 2004 sampai 2013. Kemudian persoalan kepegawaian mereka, kata Anies, diselesaikan bertahap sejak 2007 hingga 2010.

Gelombang pertama disebut K1 (kelompok 1), sisanya masuk kategori K2 (kelompok 2) sebanyak 650 ribu per November 2013. Pemerintah, melalui Menpan RB, mengambil keputusan bahwa guru honorer K2 wajib mengikuti tes kompetensi agar bisa diangkat sebagai PNS.

"Hasilnya, 166 ribu lulus tes, sisanya sebanyak 439 ribu tidak lulus. Jadi saat ini mereka yang gagal itulah yang protes, menuntut untuk diangkat sebagai guru PNS, walaupun mereka tidak memenuhi kompetensi sebagai guru," kata Anies yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (10/03).

Baca juga: Guru Honorer Tanggung Jawab Pemerintah Daerah

Anies mengatakan, Pemerintah pusat tidak merekrut guru honorer. Tapi sekarang, pemerintah pusat malah dipaksa untuk mem-PNS-kan hasil rekrutmen yang tidak dilakukan dengan pertimbangan matang. Hal ini, menurut Anies, tentu akan berpengaruh pada kualitas pendidikan itu sendiri.

"Berbeda dengan pengangkatan PNS biasa. Pengangangkatan PNS guru menentukan kualitas pendidikan. Cara kita mengangkat guru kita akan sangat menentukan wajah masa depan republik ini. Pertanyaan sederhana, haruskah kita biarkan siapa saja, tanpa pertimbangan kompeten atau tidak, untuk jadi guru bagi anak-anak kita?," kata Anies.