» » » » Peran Guru di Luar Sekolah

Peran Guru di Luar Sekolah

Peran guru di luar sekolah untuk dapat juga memantau anak, janganlah beranggapan tugas guru hanya di dalam sekolah saja.
Guru mengatakan “ itu bukan tugas kami lagi, kalau di luar sekolah sudah menjadi tugas orang tua”. Peran guru diharapkan bukanlah hanya sebatas di sekolah saja, tetapi juga harus mampu sampai di lingkungan luar, mengapa hal itu harus dilakukan?.

Memang berat kita sebagai guru melaksanakan tugas itu, begitu banyak tugas yang dilakukan di sekolah ditambah lagi peduli dengan anak di luar sekolah. Jika kita mampu berkaca pada masa kecil, kita dapat melihat begitu takutnya kita dengan guru kita jika bertemu di luar sekolah, hal ini disebabkan guru kita pada zaman dahulu langsung menegur dan bertanya apa yang kita lakukan. Sekarang zaman sudah berubah, anak tidak segan lagi bertemu dengan guru, dan guru massa bodoh dengan perbuatan anak di luar, sehingga janganlah heran jika anak bertingkah di sekolah.

Baca juga: Peran Guru dalam Penumbuhan Budi Pekerti

Mengapa hal ini dapat terjadi, apakah tugas kita guru hanya mengajar dan bukan mendidik. Apakah yang kita didik di sekolah sudah cukup mewakili sampai di luar sekolah. Jawabannya sebenarnya tidak, didikan yang kita ajarkan di sekolah kadangkala tidak sampai di rumah, hal ini disebabkan kebiasaan yang ada di rumah berbeda dengan apa yang di dapatkan sekolah. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya penyimpangan prilaku terhadap anak.

Hal inilah merupakan salah satu faktor guru harus peduli dengan anak di luar sekolah, karena anak merasa butuh kepedulian orang dewasa terutama guru. Jika kita lihat begitu banyak anak yang mempunyai orang tua, tapi dalam pelaksanaanya orang tua tidak peduli dengan anak, sehingga anak mencari pelarian. Di sinilah timbulnya awal permasalahan anak mencari sendiri tanpa ada bimbingan, anak berkumpul tanpa ada pengawasan dari orang tua, anak keluar dari rumah tanpa ada alasan yang jelas, dan yang paling memperparah keadaan, orang tua apabila anak belum bisa melakukan ini atau itu tidak dianggap tidak trend, sehingga anak belum usianya sudah mampu melakukan. Banyak hal lain lagi permasalahan anak yang lepas dari pantauan orang tua yang sibuk, sehingga anak dengan bebasnya berbuat.

Di sinilah diharapkan peran guru di luar sekolah untuk dapat juga memantau anak, janganlah beranggapan tugas guru hanya di dalam sekolah saja. Jika di luar sekolah itu sudah menjadi tanggung jawab orang tua.

Selamat memajukan anak bangsa, semoga mereka menjadi pengganti yang lebih baik daripada kita.

*) Ditulis dan dikirim ke SekolahDasar.Net oleh Yasrizal. Guru SDN 002 Nongsa Kota Batam



SekolahDasar.Net | 24 Mei 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA