» » » » Mengapa Anak Kelas 1 SD Belum Bisa Membaca?

Mengapa Anak Kelas 1 SD Belum Bisa Membaca?

Mengapa Anak Kelas 1 SD Belum Bisa Membaca?
Anak dengan kemampuan lebih lambat bukan berarti bermasalah.
Anak-anak yang duduk di kelas 1 SD biasanya sudah bisa membaca. Namun jika jika belum bisa, orang tua tak perlu khawatir. Umumnya anak-anak memiliki kemampuan membaca saat duduk di kelas 1 SD, tetapi usia tersebut bukanlah patokan anak harus bisa membaca. Karena orangtua juga harus memahami kondisi sang anak.

"Ajak anak berkembang sesuai dengan kemampuan fisik dan psikologis. Kelas 1 SD anak-anak belajar menulis dan membaca, ada kelompok anak yang berkembang lebih dulu," kata Psikolog Anak, Retno Dewanti Purba, yang SekolahDasar.Net kutip dari Okezone (22/10/16).

Masing-masing anak memiliki usia pertumbuhan yang berbeda. Sehingga bisa jadi, pada usia yang sama, anak lain sudah memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu lebih cepat, sedangkan yang lainnya cukup lambat. Meski demikian, anak dengan kemampuan lebih lambat bukan berarti bermasalah.

Baca juga: Belajar Calistung Sebelum Waktunya Bisa Rusak Tatanan Otak Anak

Orangtua harus memahami kelambatan pada kemampuan membaca sang anak. Retno mengatakan, ada anak yang lebih cepat, ada yang lebih lambat. Pada proses belajar yang melibatkan anak menjadi pelajar, orangtua harus melihat kondisi individu anak.



SekolahDasar.Net | 22 Oktober 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA