» » » » Moratorium Sebabkan Krisis Guru dan Kepala Sekolah Serba Salah

Moratorium Sebabkan Krisis Guru dan Kepala Sekolah Serba Salah

Moratorium Sebabkan Krisis Guru dan Kepala Sekolah Serba Salah
Ini kondisi sulit bagi kepala sekolah, serba salah.
Dampak kebijakan moratorium penerimaan CPNS menyebabkan banyak daerah mengalami krisis guru PNS SD. Seperti di Kota Cirebon, Jawa Barat, mengalami kekurangan sekitar 900 guru SD. Hal ini terjadi karena 2018 hingga 2019 mendatang akan banyak guru-guru PNS khususnya guru SD yang memasuki usia pensiun.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Drs H Jaja Sulaeman M.Pd mengakui memang ada kekhawatiran 2-3 tahun mendatang Kota Cirebon akan mengaami krisis guru PNS khususnya guru SD. Bahkan untuik tahun sekarang saja guru yang pensiun hinga 300 orang dan akan semakin bertembah hingga 2019.

Baca juga: Guru SD Kurang tapi Mengapa Moratorium CPNS?

Saat ini saja di SD Negeri ada 3 orang guru PNS mengajar untuk 6 kelas. Penyebabnya karena 3 guru PNS lainnya sudah pensiun. Akhirnya sekolah mengangkat guru honorer meskipun dari pusat pengangkataan honorer sebenarnya tidak diperbolehkan. Akan tetapi kondisi sangat mendesak membutuhkan guru.

Risikonya, pihak sekolah bias kena masalah hukum jika honor dibayarkan dari dana BOS. "Ini kondisi sulit bagi kepala sekolah, serba salah," ujar Jaja Sulaeman yang SekolahDasar.Net lansir dari JPNN (09/11/16).






SekolahDasar.Net | 9 November 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA