Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mendikbud: Tidak Ada Rencana Cabut Sekolah Gratis

Mendikbud: Tidak Ada Rencana Cabut Sekolah Gratis
Tidak benar pemerintah mau lepas tangan. Tidak ada rencana mencabut sekolah gratis.
Program wajib belajar 12 tahun akan terus berjalan dan negara tetap memenuhi kewajibannya untuk menggratiskan biaya pendidikan dasar, yakni tingkat SD dan SMP. Hal itu dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menanggapi isu berkembang terkait kebijakan sekolah gratis akan dicabut oleh pemerintah.

“Jadi tidak benar pemerintah mau lepas tangan. Tidak ada rencana mencabut sekolah gratis itu,” kata Muhadjir.

Menurutnya, justru saat ini pemerintah tengah gencar-gencarnya mengalokasikan anggaran untuk memperkecil kesenjangan akses pendidikan. Sehingga untuk siswa-siswa kurang mampu tak hanya gratis tetapi juga memperoleh tambahan dana melalui Program Indonesia Pintar (PIP) dengan instrumen Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Baca juga: Tahun‎ Ini Guru dan Siswa Akan Lebih Sejahtera

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan pihaknya ingin menggali potensi masyarakat yang akan berpartisipasi dalam pendidikan melalui komite sekolah. Selain itu, diperlukan alokasi anggaran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat agar sekolah semakin berkualitas. Namun demikian, biaya pendidikan tidak boleh memberatkan orang tua siswa.

Mantan Rektor Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) itu menyampaikan bahwa biaya pendidikan yang disalurkan melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) masih bersifat terbatas untuk memenuhi kebutuhan minimum sekolah. Jika ingin sekolah maju dan berkualitas tidak bisa hanya mengandalkan dana BOS.

"BOS itu prinsipnya bantuan untuk sekolah agar dapat menyelenggarakan pelayanan minimal. Kalau sekolah ingin maju, tidak mungkin hanya mengandalkan dana BOS saja," ujar Muhadjir.