» » » » Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD 2017

Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD 2017

Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017
Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melaksanakan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru SD tahun 2017. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan di SD. Melalui perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel), karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi guru SD dalam peningkatan mutu pembelajaran.

Baca juga: Olimpiade Guru Nasional Untuk Guru SD Tahun 2017

Pelaksanaan perlombaan tersebut merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru SD, baik dalam hal pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran untuk memecahkan masalah pembelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar peserta didik. Sehingga berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional.

Sasaran kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 adalah guru SD di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mencakup 3 bidang lomba, yaitu:

1. Guru Kelas yang melakukan inovasi pembelajaran Matematika atau Ilmu Pengetahuan Alam.

2. Guru Kelas yang melakukan inovasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial atau Bahasa Indonesia.

3. Guru Mata Pelajaran yang melakukan inovasi pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan, Pendidikan Agama, dan Muatan Lokal.

Ruang lingkup kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tahun 2017 berisi tentang pengalaman pembelajaran terbaik guru SD yang merupakan hasil inovasi/hal-hal baru/pembaharuan dalam pembelajaran (model, strategi, metode, media pembelajaran, dan teknik penilaian) untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Hasil inovasi dituangkan dalam bentuk naskah yang dikirim melalui laman http://www.kesharlindungdikdas.id

Tema Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 adalah “Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Cerdas, Kreatif, Unggul, dan Berkarakter”. Adapun isi karya lomba mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan model, strategi, metode, media pembelajaran, dan teknik penilaian yang mengacu pada pembelajaran tematik.

Informasi selengkapnya mengenai Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 seperti persyaratan peserta, persyaratan karya dan naskah dapat mendownload PEDOMAN PERLOMBAAN KARYA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SD TAHUN 2017. Bagi juara Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD untuk tingkat pusat/nasional akan mendapatkan penghargaan.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 19 Maret 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA

Suka dan Ikuti SekolahDasar.Net