» » » » Hari Kartini dengan Kampung Dolananku di Kelas

Hari Kartini dengan Kampung Dolananku di Kelas

Memperingati hari Kartini dengan tema "Kampung dolananku ono ing kelas".

Kartini adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.Hari kartini diperingati setiap tgl 21 April yang tahun ini bertepatan pada hari Jumat tanggal 21 April 2017. Kartini sebagai sosok pahlawan yang membuat keseteraan kaum perempuan diakui. Bukan soal kebaya yang selalu harus menjadi trademark dalam perayaan hari Kartini, lebih dari itu semangat juangnya yang membuat kaum wanita lebih harus memaknai arti emansipasi wanita pada era sekarang.

Baca juga: Peran Pendidikan Keluarga Melanjutkan Semangat Kartini

SD Muhammadiyah 9 Malang dalam rangka memperingati hari Kartini membuat program pemakaian baju kebaya selama proses pembelajaran tepat tanggal 21 April 2017. Program untuk mengiringi pemakaian kebaya sebagai peringatan hari Kartini dan penanda sosok Kartini dilimpahkan pada kreatifitas guru masing-masing.

Hasil koordinasi team kelas 5 SD Muhammadiyah 9 Malang dalam rangka mensukseskan program sekolah untuk memperingati hari Kartini mengusung tema” Kampung dolananku ono ing kelas”. Tema ini diangkat dalam rangka mengisi peringatan hari Kartini sekaligus mengenalkan bentuk dolanan atau permainan tradisional Indonesia pada peserta didik. Harapannya media peringatan hari Kartini dan pemakaian kebaya oleh peserta didik mampu mendukung kembalinya suasana tempo dulu dengan didukung aktifitas bermain tempo dulu atau permainan tradisional Indonesia.

Jenis permaian tradisional Indonesia yang akan di gelar di ruangan kelas 5 adalah permaian dakon, bola bekel, kempyeng dan kelereng. Permainan tradisional Indonesia tersebut sekaligus sebagai sarana pembelajaran pendidikan budaya dan karakter peserta didik. Peserta didik bermain dengan memaksimalkan aktifitas motorik dan secara bawah sadar pengembangan beberapa indikator pendidikan budaya dan karakter seperti kejujuran, kerjasama, cinta tanah air, toleransi, bersahabat/komunikatif serta rasa ingin tahu, karena banyak sekali peserta didik yang tidak mengenal jenis permainan tradisional Indonesia, nama saja asing apalagi cara bermainnya. Maka perlu sekaranglah waktu tepat untuk mengenalkan jenis permainan tradisional Indonesia dan gurulah sebagai fasilitator hebat untuk memulainya.

Teknis dalam memperingati hari Kartini dengan tema ”Kampung dolananku ono ing kelas” adalah sebagai berikut:

Tahap persiapan:
- 2-3 hari sebelum pelaksanaan peserta didik dibagi tugas membawa media sesuai dengan jenis permainan tradisional Indonesia yang dimainkan.
- Guru membagi jumlah media sesuai kapasitas kelas dengan mempertimbangkan cara bermain.
- Menata kelas pada H-1 pelaksanaan permaianan, sehingga pada saat pelaksanaan lokasi sudah cukup mendukung.

Tahap pelaksanaan:
- Demonstrasi permainan, Siswa yang mampu atau dibantu guru mendemonstrasikan jenis permainan tradisional Indonesia seperti dakon, bola bekel, kempyeng dan kelereng di depan kelas.
- Siswa secara serempak melakukan permaian dengan aturan bermain yang sesuai pada masing-masing jenis permainan tradisional Indonesia seperti dakon, bola bekel, kempyeng dan kelereng dalam waktu yang telah ditentukan
- Permaian akan bergulir pada jenis permainan tradisional Indonesia yang lain dengan dibatasi waktu. Dengan harapan semua merasakan jenis permainan tradisional Indonesia secara langsung.

Semoga bermanfaat dan mampu menginspirasi pembaca untuk mulai mengenalkan jenis permainan tradisional Indonesia sekaligus sebagai pengingat peringatan hari besar Nasional serta sebagai upaya pelestarian budaya Indonesia pada generasi Indonesia yang hebat.

*) Ditulis oleh Louis Ifka Arishinta, M.Pd. Guru SD Muhammadiyah 9 Malang

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 21 April 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA

Suka dan Ikuti SekolahDasar.Net