» » » » Soal UKG atau UTN PLPG dan Kunci Jawabannya

Soal UKG atau UTN PLPG dan Kunci Jawabannya

Download soal latihan UKG/UTN PLPG sesuai kisi-kisi dengan disertai kunci jawaban.
Download soal latihan UKG/UTN PLPG sesuai kisi-kisi dengan disertai kunci jawaban.
Ujian Tulis Nasional (UTN) harus diikuti oleh peserta sertifikasi guru melalui jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Hasil nilai UTN atau Uji Kompetensi Guru (UKG) diakhir PLPG ini menentukan apakah guru menerima sertifikat pendidik sebagai syarat menerima tunjangan profesi, atau tidak. Nilai minimal (passing grade) kelulusan UTN/UKG yang ditetapkan sebesar 80 poin. Bagi peserta dengan status Tidak Lulus UTN/UKG akan diberikan kesempatan untuk mengikuti UKG ulang.

Baca juga: Nilai Minimal Kelulusan UKG Minta Diturunkan

Seperti UKG yang diselenggarakan tahun-tahun sebelumnya, UTN/UKG ulang ini juga dilaksanakan dengan Computer Based Test (CBT) atau online. Setiap guru diberi waktu selama 120 menit untuk menyelesaikan soal sebanyak 60 sampai 100 soal pilihan ganda. Masing-masing guru peserta UKG/UTN ulang akan mendapatkan soal berbeda-beda namun bobotnya tetap sama. Ada 2 aspek materi yang akan diujikan pada UKG/UTN, yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.


Contoh Soal Latihan UKG/UTN PLPG

18) Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ...
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melakukan prosedur
D. pemecahan masalah dan sikap .

19) Konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabannya adalah konsep dan strategi ....
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning

60) Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali kedua bilangan itu sama dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut adalah ....
A. 4 dan 16
B. 5 dan 15
C. 6 dan 14
D. 8 dan 12

Selengkapnya kumpulan soal UKG/UTN PLPG sesuai kisi-kisi dengan disertai kunci jawaban dan pembahasannya dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Jika mereka lulus pada UKG/UTN diakhir PLPG dengan nilai minimal 80, akan mendapatkan sertifikat profesi pendidik, sebagai syarat menerima tunjangan profesi guru (TPG). Guru dapat mengikuti ujian lagi tanpa mengikuti PLPG lagi, maksimal empat kali. Ujian sertifikasi guru dilaksanakan dua kali dalam satu tahun. Hasil nilai UTN/UKG ulang diumumkan secara online dan serentak seluruh Indonesia melalui website rayon/sub rayon LPTK penyelanggara PLPG.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 11 April 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA

Suka dan Ikuti SekolahDasar.Net