» » » » Tips Menghadapi Perubahan Zaman untuk Para Guru

Tips Menghadapi Perubahan Zaman untuk Para Guru

Inilah tips untuk guru dalam menghadapi perubahan zaman.

Seorang guru harus siap dengan berbagai macam perubahan. Misalnya, ketika kurikulum berubah juga harus bisa menyesuaikan. Karena kurikulum bukan segala-galanya. Guru tetap menjadi penentu keberhasilan belajar mengajar. Hal yang wajar kalau awal itu terasa sulit, toh lama-lama akan juga menyesuaikan.

Akhir-akhir ini terjadi perubahan yang sangat cepat. Salah satunya perubahan dalam pemanfaatan hand phone (HP), serta gaya interaksi masyarakat lainnya menyebabkan semua berubah. Era destruktif atau era banyak gangguan. Inilah tips untuk guru dalam menghadapi perubahan menurut Motivator nasional H Dwiyono Iriyanto MM CPC.

1. Menjadi problem solver

Sebenarnya ketika terjadi banyak perubahan zaman yang cenderung menimbulkan masalah baru, sangat perlu guru untuk menjadi problem solver. Guru mampu memberikan alternatif-alternatif untuk menyelesaikan masalah atau gangguan. Seorang guru tidak perlu gampang gupuhan dalam menghadapi berbagai macam perubahan.

2. Mengisi pikiran dengan hal-hal yang baik

Kolumnis Harian Republika ini mengatakan kalau kita memasukan air teh ke teko, maka ketika kita akan menuangkannya ke gelas, yang keluar nanti pasti ya akan air teh, ngak mungkin berubah menjadi air putih, sama dengan manusia, jika menyerap informasi yang baik, maka yang dikeluarkan juga yang baik-baik.

3. Menjadi teladan dan memberikan inspirasi

Guru harus selalu meningkatkan potensi yang dimilikinya. Sudah saatnya guru bisa memberikan inspirasi bagi siswa. Karena itu guru harus bisa menjadi teladan. Jangan sedikit-sedikit marah atau salah paham. Guru juga harus mengerti kondisi siswa yang mungkin persepsinya berbeda dengan kita.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 14 Mei 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA