» » » » Warisan Ilmu Lebih Berharga daripada Harta

Warisan Ilmu Lebih Berharga daripada Harta

Salah satu cara membekali ilmu kepada anak lewat pendidikan

Warisan ilmu lebih berharga dan bermanfaat ketimbang harta. Sebab, manfaat ilmu tidak hanya pada diri sendiri, tetapi bisa dirasakan masyarakat secara luas.

Dikisahkan dari Majalah Intisari, seorang pemuda mendapat warisan dari kedua orangtuanya. Sebelum sang ayah meninggal, ayahnya berpesan agar ia menjaga buku-buku miliknya. Sebab, buku itulah harta yang tak terhingga.

Namun sepertinya, pikiran pemuda itu berbeda. Baginya harta berlimpah itu adalah uang yang banyak. Dan benar saja, tidak lama uang warisan tersebut habis dalam seketika.

Karena tidak punya uang, pemuda itu menjual beberapa benda yang ada di rumah orangtuanya, termasuk buku-buku tua miliki ayahnya. Kebetulan, ada temannya yang ingin membeli dengan murah.

Ketika buku dan beberapa barang terjual, hidup si pemuda juga tak kunjung berubah. Ia masih miskin dan tidak memiliki uang.

Suatu hari, ia tidak sengaja bertemu dengan temannya yang dulu membeli buku tua ayahnya. Bedanya kini kehidupan temannya itu sungguh makmur. Penasaran, si pemuda pun bertanya.

“Sepertinya hidupmu sangat makmur,” kata si pemuda.

Teman si pemuda tersenyum. “Ini semua berkat buku-buku tua yang aku beli padamu. Buku siapakah itu?” Tanya si teman.

“Buku ayahku. Memang kenapa?”.

“Buku-buku tersebut isinya tentang pelajaran kehidupan. Bahkan ada tips-tips tentang kehidupan yang sangat membantu. Semua yang aku dapatkan sekarang ini, karena buku-buku tersebut,” jawab si teman.

Mendengar itu semua, si pemuda pun menyesal. Menyesal karena tidak mendengar pesan ayahnya. Menyesal karena menganggap uang adalah segalanya.

Salah satu cara membekali ilmu kepada anak lewat pendidikan, yaitu dengan menyekolahkan anak setinggi-tingginya sampai apa yang dicita-citakan bisa terwujud.

Dengan ilmu, masa depan anak akan terarah dan apapun akan menjadi mudah. Dengan ilmu, anak akan terhindar dari masa depan susah. Mari bekali ilmu kepada anak agar masa depannya cerah.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 3 Mei 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA