Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Guru Diminta Ajari Siswa Indonesia Raya Tiga Stanza

Guru Diminta Ajari Siswa Indonesia Raya Tiga Stanza
Sekolah menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mewajibkan seluruh sekolah menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza saat upacara bendera. menurutnya, dengan menyanyikannya secara lengkap, diharapkan akan menumbuhkan semangat nasionalisme.

Selama ini lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan di sekolah hanya satu stanza. Padahal lagu Indonesia Raya terdiri dari tiga stanza. Stanza pertama, pendahuluan. Stanza kedua, isinya dan stanza ketiga penutup.

"Jadi selama ini kita hanya menyanyikan pendahuluannya. Inti dan penutupnya malah nggak, makanya mulai tahun ajaran ini wajib tiga syanza," kata Mendikbud yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (21/08/17).

Saat pengumuman guru dan tenaga kependidikan (GTK) berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional 2017, Sabtu (19/8) itu Mendikbud meminta agar seluruh guru mengajarkan lagu Indonesia Raya tiga stanza kepada siswanya. Dia bahkan menitipkan ratusan CD lagu Indonesia Raya tiga stanza.

"Tolong ajarkan di sekolah masing-masing. Dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang lengkap, anak-anak bisa tahu bagaimana mencintai tanah airnya. Dengan begitu, tidak akan ada lagi tindakan kekerasan di sekolah," jelasnya.