» » » » Bazar Daerah Meningkatkan Rasa Persatuan Siswa

Bazar Daerah Meningkatkan Rasa Persatuan Siswa

Bazar Daerah Meningkatkan Rasa Persatuan Siswa
Pelaksanaan bazar selain sebagai sarana belajar juga meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan warga sekolah.
Bazar daerah merupakan salah satu bazar yang diadakan MIN 1 Kota Malang khususnya kelas 5 sebagai puncak dari pelaksanaan pembelajaran tematik Tema 3 “Makanan Sehat” yang masing masing kelas mencerminkan daerah tertentu dengan menampilkan berbagai macam ciri khas dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari makanan, kesenian, alat musik dan anjungan daerah lengkap dengan ciri khas daerah. Tujuan diadakan bazar yaitu:

  • Sebagai sarana belajar untuk semua muatan pembelajaran pada tema 3
  • Wadah membangun kerja sama yang baik antar siswa, sekolah dan orang tua yang terbentuk dalam paguyuban kelas.
  • Meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan warga sekolah.

Pelaksanaan bazar daerah melibatkan seluruh warga sekolah mulai siswa, orang tua dan wali kelas, mereka harus saling bekerjasama agar bazar berjalan dengan lancar dan sukses. Banyak persiapan –persiapan yang dibutuhkan untuk menyambut pelaksanaan bazar daerah, mulia dari penentuan dengan undian daerah mana yang harus diangkat oleh masing-masing kelas, Misalnya kelas kami 5H dapat undian DI Yogjakarta, persiapan undian jenis makanan sehat khas daerah masing-masing yang akan di sajikan dalam kelas dengan cara siswa mendata diri makanan khas apa yang akan dijual, persiapan tampilan seni daerah hasil undian, penentuan hasil karya seni, alat musik yang menjadi ciri khas daerah sampai penataan kelas lengkap dengan hiasan khas daerah. Pelaksanaan berada pada kelas masing-masing tetapi bisa dikunjungi oleh semua warga sekolah, tetapi pembukaan acara dan tampilan siswa dilakukan bersama sama seluruh kelas dari kelas A – I karena sekaligus memperingati hari sumpah pemuda yang bertepatan pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2017.

Pelaksanaan bazar daerah sebagai puncak pelaksanaan pembelajaran tematik Tema 3 “ Makanan Sehat” mampu sebagai sarana lengkap membahas semua muatan dalam satu kegiatan. Misalnya muatan IPA tentang makanan sehat diwaliki seluruh jenis makanan sehat yang terpilih pada masing-masing daerah, Muatan SBdP membedakan tangga nada mayor dan minor dari pilihan lagu yang mengiringi tari daerah masing-masing, muatan IPS siswa mampu membangun secara langsung interaksi sosial dan interaksi lingkungan dalam setiap proses pelaksanaan bazar daerah mulai interaksi individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Muatan PKN yaitu penerapan saling menghormati dan menghargai keberagaman budaya. Muatan Bahasa Indonesia kami siswa mampu membuat iklan dan menerapkan iklan dalam proses jual beli.

Pelaksanaan bazar daerah yang tepat dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2017, membuat kami siswa sangat senang karena kegiatan ini kami bisa berperan langsung, dan bisa melihat ciri khas daerah di Indonesia secara nyata tanpa kita harus jauh jauh pergi ke daerah tersebut, kita bisa melakukan seluruh rangkaian bersama-sama teman dan kami menjadi semakin cinta budaya Indonesia yang beragam. Akhirnya jam 12.00 siang kegiatan bazar daerah selesai dan sebelum kami seluruh siswa pulang, kami harus tetap bertanggung jawab pada kebersihan kelas masing masing. Semoga tulisan ini bermanfaat.

*) Ditulis oleh Recha Nisfiyafi'. Siswi kelas 5 MIN I Malang.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 31 Oktober 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA