» » » Menumbuhkan 5 Budaya Karakter di Jaman Now

Menumbuhkan 5 Budaya Karakter di Jaman Now

Upaya nyata menumbuhkan budaya karakter Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan integritas pada peserta didik.
Peringatan hari besar nasional dan hari besar agama adalah waktu yang tepat untuk sekolah mengadakan kegiatan dalam rangka memberikan wadah kontribusi untuk peserta didik mengetahui sejarah sebuah acara dan berpatisipasi langsung dalam keseluruhan rangkaian kegiatan mulai dari persiapan keragaman pakaian, tulisan inspiratif, tampilan kreatifitas, kegiatan berbagi dan bazar peserta didik. Keseluruhan kegiatan merupakan upaya nyata menumbuhkan budaya karakter mulai dari Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan integritas pada peserta didik dalam satu wadah.

SD Muhammadiyah 9 melalui peringatan Hari Pahlawan dan Milad Muhammadiyah ke 108 mengadakan acara pawai di lingkungan sekitar sekolah. Pawai diikuti oleh seluruh warga sekolah dengan pakaian yang beragam pada masing-masing tingkat kelas mulai dari pakaian adat, pahlawan, seragam sekolah, batik nasional, kebaya malangan, tapak suci dan hisbul wathon sesuai aturan panitia sekolah. Hal tersebut secara nyata merupakan wujud dari perilaku taat aturan dan disiplin sekaligus memperlihatkan kepada peserta didik tentang wujud Bhineka tunggal lka di sekolah meskipun berbagai ragam pakaian dan ciri masing-masing tingkat kelas tetap bersatu bersama mensukseskan acara pawai, semua adalah rangkaian operasional dari karakter nasionalis.

Tingkatan Kelas yang berpartisipasi dalam pawai menyiapkan satu tampilan kreasi bebas yang akan ditampilkan pada panggung bersama bisa berupa tari, drama, musik, dan paduan suara. Selain itu setiap kelas menyediakan beragam tulisan inspirasi untuk dibawa selama pelaksanaan pawai dengan tujuan untuk mengajak kebaikan pada diri diri sendiri dan masyarakat sekitar. Tampilan kreasi dan tulisan inspirasi merupakan wadah mewujudkan kreatifitas dan keberanian peserta didik yang merupakan operasional dari karakter mandiri.

Proses persiapan tampilan kreasi dan pembuatan ragam tulisan inspirasi dilakukan bersama –sama antara peserta didik, wali kelas pendamping beserta wali murid yang tergabung dalam paguyuban kelas. Kegiatan bersama seperti ini wadah nyata untuk peserta didik terlibat dalam sebuah komunitas kebersamaan yang terdiri atas beragam usia dan karakter, selain itu selama proses jalannya pawai peserta didik memberikan buah tangan kepada masyarakat yang sudah tertempel stiker ajakan kebaikan pada perayaan Hari Pahlawan dan Milad Muhammadiyah. Buah tangan pun beragam mulai dari bunga mawar, permen yang dikreasi bunga, sampai mie yang berbentuk keranjang. Keseluruhan rangkaian di atas mulai kebersamaan dan solidaritas akan menumbuhkan budaya gotong-royong pada diri peserta didik.

Akhir kegiatan jalan pawai di sekitar lingkungan sekolah seluruh warga sekolah menikmati bazar, tampilan kreasi dan pembagian hadiah undian. Selama proses ini seluruh peserta didik selalu diingatkan untuk menjaga ke sopan santun dalam melihat tampilan bersama agar semua bisa menikmati dengan baik. Proses bazar dan pengambilan hadiah peserta didik dilatih langsung untuk selalu jujur sekaligus upaya penguatan karakter religius dan Integritas.

Ayo selalu bersemangat untuk menciptakan sarana dan wadah nyata penguatan karakter pada peserta didik untuk bekal masa depan yang sukses dan berkarakter.

*) Ditulis oleh Louis Ifka Arishinta, M.Pd. Guru SD Muhammadiyah 9 Malang

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 25 November 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA