» » » » Anak-anak SD Ini Berenang di Sungai Demi ke Sekolah

Anak-anak SD Ini Berenang di Sungai Demi ke Sekolah

Anak-anak SD Ini Berenang di Sungai Demi ke Sekolah
Anak-anak rela menyeberangi sungai selebar 30 meter dengan cara berenang demi bisa sampai ke sekolah.
Semangat anak-anak ini untuk menempuh pendidikan layak diacungi jempol. Mereka rela menyeberangi sungai selebar 30 meter dengan cara berenang demi bisa sampai ke sekolah. Hal yang sama juga dilakukan saat mereka pulang sekolah.

Sebelum menyeberangi sungai, anak-anak Desa Pimping, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan terlebih dahulu melepas baju sekolah. Setelah itu, mereka berenang. Satu tangan diangkat sambil memegang pakaian sekolah.

Sementara itu, buku atau peralatan sekolah dititipkan di pondok petani yang berada di dekat sekolah agar tidak basah. Anak-anak Desa Pimping mengaku menyeberangi sungai agar bisa lebih cepat tiba di sekolah.

“Rumah jauh dari sekolah. Kalau mau ke sekolah saya dan teman-teman berenang melewati sungai,” ujar salah satu pelajar bernama Kia yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (20/11/17).

Kalau jalan kaki lewat jalan yang jauh itu bisa satu jam. Sedangkan jika lewat sungai setengah jam sudah sampai di sekolah. Mereka baru memilih berjalan kaki melalui jalan lain ketika air sungai pasang.

“Kalau air tidak pasang bisa saja kami berenang lewat sungai karena tidak terlalu dalam dan arus juga tidak deras," kata Burhan, kakak kelas Kia.

Anak-anak ini harus menyeberangi sungai karena orang tuanya tidak memiliki kendaraan untuk bisa mengantar ke sekolah melalui akses lainnya. Masyarakat yang melihat anak-anak ke sekolah dengan menyeberangi sungai merasa prihatin.

“Setiap saya di ladang pasti ketemu mereka ketika pulang dari sekolah. Biasanya mereka membungkus seragam dengan plastik hitam agar tidak basah,” kata Markus, petani yang kerap melihat anak-anak menyeberangi sungai.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 20 November 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA