» » » » Silabus Kelas 5 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013

Silabus Kelas 5 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013

Silabus Kelas 5 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013
Silabus Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru.
Untuk melaksanakan proses pembelajaran yang terarah, diperlukan adanya sebuah kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sebagai rambu-rambu yang dijadikan acuan dalam penyusunan silabus. Setelah menyusun silabus sebagai program pembelajaran, guru harus mengimplementasikan program yang telah disusunnya itu dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pegangan dan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

Silabus tematik Kurikulum 2013 SD/MI dikembangkan dengan memadukan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam suatu tema. Pengembangan silabus dilakukan merujuk silabus mata pelajaran, untuk materi pembelajaran menyesuaikan dengan kompetensi dasar setiap mata pelajaran. Sedangkan kegiatan pembelajaran merupakan gabungan kegiatan pembelajaran untuk satu tema/subtema untuk seluruh kompetensi dasar dari muatan mata pelajaran yang diikat dalam tema/subtema tersebut.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam mengembangkan silabus tematik

1. Mengidentifikasi materi pelajaran dari setiap kompetensi dasar yang ingin dicapai dari semua mata pelajaran yang akan diintegrasikan.

2. Mengidentifikasi tema-tema yang menarik bagi peserta didik, lalu memilih beberapa tema yang akan dijadikan sebagai tema pembelajaran.

3. Memetakan materi pelajaran untuk setiap tema/subtema yang sesuai. Pemetaan materi perlu juga memperhatikan keruntutan dari materi untuk setiap mata pelajaran dan tingkat kesulitan dari materi tersebut agar mendapatkan alokasi waktu yang cukup.

4. Merancang kegiatan pembelajaran berdasarkan pemetaan materi pelajaran yang telah dilakukan.

5. Mendesain penilaian yang akan dilakukan untuk proses pembelajaran yang telah dirancang berdasarkan tema atau sub tema yang telah diajarkan.

6. Melaporkan hasil penilaian sesuai dengan kompetensi mata pelajaran yang telah dicapai. Hasil penilaian ini akan dijadikan dasar bagi pendidik untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Hasil evaluasi ini digunakan untuk mengidentifikasi tema dan materi pembelajaran kembali.

Download Silabus Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru


Dalam buku Silabus Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 tersebut berisi; Karakteristik Mata Pelajaran di SD, Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu, Pengembangan Silabus Tematik, Pembelajaran dan Penilaian, Kontektualisasi Pembelajaran, Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran. Guru atau satuan pendidikan dapat mengembangkan silabus tematik dengan mengambil tema yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 18 Januari 2018
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA