» » » » Kisi-kisi Soal Ujian Bahasa Inggris USBN SD 2018

Kisi-kisi Soal Ujian Bahasa Inggris USBN SD 2018

kisi-kisi soal ujian tulis dan ujian praktik Bahasa Inggris
Kisi-kisi soal ujian tulis dan ujian praktik mata pelajaran Bahasa Inggris ujian sekolah berstandar nasional (USBN) jenjang Sekolah Dasar (SD) tahun pelajaran 2017/2018 sudah dirilis. Kisi-kisi ini digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal ujian tulis dan ujian praktik mata pelajaran Bahasa Inggris untuk ujian akhir siswa kelas 6 SD.

Pembuatan naskah soal ujian Bahasa Inggris, jika sebelumnya sebanyak 25 persen soal disiapkan oleh Pusat sebagai soal jangkar dan 75 persen soal disiapkan oleh guru dan dikoordinasi oleh Dinas Pendidikan. Sekarang, sebesar 20 sampai 25 persen soal disiapkan oleh Pusat dan 75 persen hingga 80 persen disiapkan oleh guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru (KKG).

Kisi-kisi soal Bahasa Inggris menggunakan materi irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. Jumlah soal ujian tulis mata pelajaran Bahasa Inggris 50 soal dengan rincian; pilihan ganda sebanyak 35 soal, Isian sebanyak 10 soal, dan uraian 5 soal. Jadwal pelaksanaan ujian ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

KISI-KISI UJIAN BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR

  • Disajikan dialog tidak lengkap tentang instruksi dalam kelas, siswa dapat menentukan kalimat instruksi yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut.
  • Disajikan dialog tidak lengkap tentang meminjam barang, siswa dapat menentukan frasa yang tepat untuk melengkapi dialog yang menggunakan kata excuse me
  • Disajikan dialog tidak lengkap tentang cara mengoperasikan handphone , siswa dapat menentukan kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat dalam dialog.
  • Disajikan dialog tidak lengkap tentang hadiah ulang tahun , siswa dapat menentukan ungkapan memberi barang yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut.
  • Disajikan format kartu ucapan selamat yang tidak lengkap, siswa dapat menentukan informasi yang tepat untuk melengkapi kartu ucapan tersebut.
  • Disajikan dialog tidak lengkap tentang aktivitas di kelas, siswa dapat menentukan kalimat instruksi yang tepat untuk melengkapi dialog yang tersedia.
  • Disajikan dialog tidak lengkap tentang kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan kata/frasa yang tepat untuk merespon instruksi dalam dialog.

Selengkapnya kisi-kisi soal ujian tulis dan ujian praktik Bahasa Inggris ujian akhir kelas 6 SD dapat diunduh melalui tautan berikut ini:




Untuk bahan belajar menghadapi USBN tahun pelajaran 2017/2018, bisa menggunakan kumpulan soal try out atau soal latihan USBN SD. Kumpulan soal try out USBN SD tahun 2018 ini sudah disertai dengan pembahasannya.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 1 Maret 2018

KOMENTAR ANDA