» » » » 100 Soal Pretest PPG Guru SD dan Kunci Jawabannya

100 Soal Pretest PPG Guru SD dan Kunci Jawabannya

100 Soal Pretest PPG Guru SD dan Kunci Jawaban
Download 100 soal pilihan ganda pretest Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk Guru SD yang terdiri dari kompetensi pedagogik dan soal profesional.
Pendataan calon peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPGJ) sudah berada pada tahap penetapan lokasi dan jadwal pretest. Informasi ini juga dapat dilihat di akun SIM PKB Guru masing-masing guru. Pelaksanaan pretest PPG tahun ini untuk periode pelaksanaan sertifikasi guru tahun 2018-2022 ini tidak hanya guru terundang sebagai peserta PPG namun juga peserta pretest PPG tahun lalu yang belum lulus.

Pretest merupakan persyaratan akademik pelaksanaan PPG, yaitu peserta yang ajuan pendaftarannya sudah disetujui oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) harus mengikuti seleksi akademik melalui pretest dengan dilakukan ujian secara online berbasis komputer di tempat uji kompetensi yang sudah ditetapkan oleh LPMP.

Kegiatan pretest PPG dalam Jabatan di bagi menjadi 4 sub kompetensi ujian yaitu tes potensi akademik (TPA), tes pedagogik, tes bidang studi, dan tes bakat dan minat. Dari masing masing sub kompetensi tersebut dikerjakan secara tersendiri dan waktunya juga sudah disesuaikan dengan tingkat kemampuan dari setiap mata ujian.

Standar minimal untuk hasil nilai pretest PPG atau seleksi kemampuan akademik bagi calon peserta PPG sudah ditetapkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Untuk pendataan PPG tahap 2 ditetapkan bahwa batas lulus pretest adalah nilai minimal 50 untuk program studi keahlian kompetensi atau kejuruan dan nilai 60 untuk program studi umum atau non kejuruan.

Untuk persiapan menghadapi pretest PPG dalam Jabatan, guru dapat mencari soal-soal latihan pretest PPG yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Soal latihan pretest PPG untuk mengikuti sertifikasi guru, khususnya bagi guru kelas SD ini sebagai gambaran dan referensi pembelajaran sebelum pelaksanaan pretest PPG.

Contoh soal-soal pretest PPG untuk Guru SD

1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit

3) Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang peserta didik
D. tes awal (pre-test)

7) Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara peserta didik
C. pembelajaran didominasi arahan dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal

15) Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas di sebut penilaian ....
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik

45) Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan kecuali .....
A. Metode Kupas rangkai suku kata
B. Metode kata lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Cerita

56) Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...
A. 9 dan 1386
B. 18 dan 1386
C. 18 dan 1368
D. 9 dan 1368

84) Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?
A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C. Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia

100) Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah basah dan sampah kering. Hal yang paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah...
A. Dibakar habis
B. Di daur ulang
C. Dikubur didalam tanah
D. Dibiarkan ditempat terbuka

Untuk mempermudah guru dalam menghadapi ujian pretest PPG, dapat dilakukan dengan mendownload kumpulan atau contoh soal latihan pretest PPG yang dilengkapi dengan kunci jawaban. Sehingga bisa dipelajari untuk persiapan menghadapi pretest PPG dan akhirnya mendapatkan nilai yang memuaskan serta bisa mengikuti sertifikasi guru.

Soal-soal latihan pretest yang disertai dengan kunci jawaban untuk guru SD baik guru kelas rendah (awal) dan guru kelas tinggi dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Soal yang diujikan pada pretest PPG terdiri dari kompetensi pedagogik dan soal profesional dalam bentuk pilihan ganda berjumlah kurang lebih 100 soal. Materi yang nantinya diujikan dalam pretest terdiri dari 4 kelompok materi soal yakni: 40 soal Potensi Akademik , 20 Soal Pedagogik (20 Menit), 40 s.d 70 Soal Bidang Keilmuan dan 15 Soal Bakat/Minat.

Setiap guru harus mempersiapkan diri sebaik mungkin akar dapat mengerjakan soal pretest PPG dengan baik dan memperoleh nilai yang bagus dan dapat lulus seleksi calon peserta PPG. Bagi guru yang mengikuti PPG yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan lulus akan mendapatkan sertifikat pendidik dan berhak mendapatkan tunjangan profesi guru.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 28 April 2018

KOMENTAR ANDA