» » » » Aplikasi Administrasi Kepala Sekolah SD

Aplikasi Administrasi Kepala Sekolah SD

Aplikasi Administrasi Kepala Sekolah SD
Aplikasi Administrasi Kepala Sekolah SD ini dibuat dengan excel yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan.
Keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. Dia harus mampu membawa lembaganya kearah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Kepala sekolah merupakan orang yang paling betanggung jawab terhadap aplikasi prinsip-prinsip administrasi pendidikan yang inovatif di sekolah. Tugas kepala sekolah dasar (SD) dapat diklasifikasi menjadi dua, yaitu tugas-tugas di bidang administrasi dan tugas-tugas di bidang supervisi.

Tugas di bidang administrasi adalah tugas-tugas kepala sekolah yang berkaitan dengan pengelolaan bidang garapan pendidikan di sekolah, yang meliputi pengelolaan pengajaran, kesiswaan, kepegawaian, keuangan, sarana-prasarana, dan hubungan sekolah masyarakat. Dari keenam bidang tersebut, bisa diklasifikasi menjadi dua, yaitu mengelola komponen organisasi sekolah yang berupa manusia, dan komponen organisasi sekolah yang berupa benda.

Kepala sekolah sebagai administrator memiliki hubungan yang sangat erat dengan berbagai aktivitas pengelolaan administrasi yang bersifat pencatatan, penyusunan dan pendokumenan seluruh program sekolah. Secara spesifik, kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk mengelola kurikulum, administrasi peserta didik, mengelola administrasi personalia, mengelola administrasi sarana dan prasarana, mengelola administrasi kearsipan dan mengelola administrasi keuangan.

Baca: Kontribusi Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru

Dalam menjalankan tugasnya, setiap Kepala sekolah dituntut memiliki administrasi. Mengingat banyaknya administrasi kepala sekolah, maka dari itu penting kiranya jika dokumen tersebut dilengkapi. Untuk menunjang tugas dan kinerjanya Kepala Sekolah terkait dengan tugas administrasi dapat lebih mudah dengan menggunakan Aplikasi Administrasi Kepala Sekolah SD. Aplikasi ini dibuat dengan excel yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Kepala Sekolah sebagai administrator merupakan suatu kondisi Kepala Sekolah melakukan tata kelola sumber daya yang berkaitan dengan lembaga sekolah yang dipimpinnya, baik dari tenaga kependidikan, staf, peserta didik sampai dengan hubungan kemasyarakatan. Tata kelola tersebut bersifat pendokumentasian segala kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya dalam rangka mencapai tujuan dari visi misi yang telah ditetapkan.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 31 Juli 2018

KOMENTAR ANDA