» » » » Faktor yang Memengaruhi Kualitas Pendidikan Nasional

Faktor yang Memengaruhi Kualitas Pendidikan Nasional

Faktor yang Memengaruhi Kualitas Pendidikan Nasional
Faktor dan permasalahan ini satu sama lain sangat terkait, saling memengaruhi, dan penangannya butuh keseriusan.
Kualitas pendidikan nasional masih sangat rendah, dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Hal ini dikatakan oleh banyak pengamat pendidikan. Rendahnya kualitas tersebut, banyak faktor yang memengaruhinya.

Maswan, dosen Unisnu Jepara menulis di harian Suara Merdeka di antara faktor yang memengaruhi kualitas pendidikan nasional adalah faktor politik yang tidak kondusif, perkembangan ekonomi tidak stabil, konsep manajemen pendidikan belum terbangun secara profesional dan tersistem, sikap mental bangsa yang malas belajar dan sejenisnya.

Menurutnya jika hubungannya dengan faktor-faktor tersebut dikaji dari sudut pandang manajemen pendidikan, akhirnya memunculkan permasalahan pendidikan yang dapat kita identifikasi.

Faktor dan permasalahan ini satu sama lain sangat terkait, saling memengaruhi, dan penangannya butuh keseriusan. Permasalahan pendidikan ini diibaratkan seperti benang kusut, sangat dibutuhkan kecerdasan, keterampilan dan ketekunan dalam mengurainya.

Baca: Kualitas Pendidikan Tak Naik Bukan Salah Guru

Permasalahan pendidikan yang sangat mencuat dan ini yang memengaruhi rendahnya mutu pendidikan nasional, yaitu mutu sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana yang sangat kurang, pembiayaan pendidikan yang minim, isi kurikulum yang tidak jelas arahnya, masalah pemerataan pendidikan dan sejenisnya.

Berbagai faktor dan permasalahan pendidikan tersebut yang belum dapat teratasi menyebabkan mutu pendidikan Indonesia menjadi sangat rendah. Ini terlihat dari ranking pendidikan Indonesia berada di level bawah dalam Program for International Studies Assessment (PISA) 2015. Indonesia berada di ranking ke-72, jauh di bawah Vietnam yang menempati rangking ke-8.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 13 Juli 2018

KOMENTAR ANDA