» » » » Soal UTN Sertifikasi Guru SD dan Kunci Jawabannya

Soal UTN Sertifikasi Guru SD dan Kunci Jawabannya

Soal UTN Sertifikasi Guru SD dan Kunci Jawabannya
Download kumpulan soal UTN sertifikasi guru dengan disertai pembahasan dan kunci jawabannya.
Untuk lulus program sertifikasi guru, khususnya guru kelas SD harus mengikuti Ulang atau Ujian Tulis Nasional (UTN). UTN diikuti oleh guru yang belum lulus Uji Kompetensi Guru (UKG) atau nilainya di bawah nilai minimal (passing grade) kelulusan UKG yang ditetapkan. Guru diberi kesempatan mengikuti UTN ulang jika nilanya masih dibawah passing grade.

UTN dan UTN ulang sertifikasi guru kelas SD dilaksanakan melalaui Computer Based Test (CBT) atau online. Setiap guru diberi waktu selama 120 menit untuk menyelesaikan soal sebanyak 60 sampai 100 soal pilihan ganda. Masing-masing guru peserta UTN atau UTN ulang akan mendapatkan soal berbeda-beda namun memiliki bobot yang sama.

Untuk guru SD, sesuai kisi-kisi ada tiga mata pelajaran (mapel) UKG, yaitu guru SD kelas rendah, guru SD kelas tinggi, dan guru penjaskes SD. Dengan kisi-kisi UTN ini dapat memberi gambaran kepada peserta sertifikasi guru tentang soal-soal UTN yang akan di ujikan. Materi yang akan diujikan yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

SOAL UTN SERTIFIKASI GURU DAN JAWABANNYA

13. Kelainan tulang yang disebabkan kebiasaan duduk yang kurang baik, diistilahkan dengan sebutan skoliosis yakni …
a. Tulang pinggang membelok ke depan
b. Tulang belakang membelok ke belakang
c. Tulang belakang membengkok ke kiri atau ke kanan
d. Tulang pinggang membengkok ke kanan atau ke kiri

20. Menyimak merupakan keterampilan berbahasa untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah ketika mendengarkan informasi lisan secara langsung, hal lain yang perlu diperhatikan adalah ..
a. Mencatat informasi sesuai yang diinginkan
b. Mengamati gesture nara sumber
c. Mencatat isi bahan simakan dari awal sampai aakhir
d. Mencatat setiap pernyataan

40. Jika hutan-hutan banyak ditebangi oleh manusia yang tidak bertanggung jawab secara terus menerus dan tidak ada penanaman kembali maka akan mengakibatkan ..
a. Patahan tanah dan meningkatnya kadar O2
b. Retakan tanah dan menurunnya kadar CO2
c. Kesuburan tanah berkurang dan menurunnya kadar O2
d. Banjir dan suhu meningkat

54. Barisan yang terbentuk adalah 1,3,5,7, .... maka besarnya suku ke-10 adalah ...
a. 17
b. 19
c. 22
d. 25

Selengkapnya kumpulan soal UTN sertifikasi guru dengan disertai pembahasannya dan kunci jawaban dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Jika lulus akan mendapatkan sertifikat profesi pendidik sebagai syarat menerima tunjangan profesi guru (TPG). Guru dapat mengikuti UTN ulang tanpa mengikuti pendidikan lagi, maksimal empat kali. Ujian sertifikasi guru dilaksanakan dua kali dalam satu tahun. Hasil nilai UTN dan UTN ulang diumumkan secara online melalui website LPTK penyelanggara.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 25 Agustus 2018

KOMENTAR ANDA