» » » » Soal SKB Tes CPNS Guru SD dan Kunci Jawabannya

Soal SKB Tes CPNS Guru SD dan Kunci Jawabannya

Soal SKB Tes CPNS Guru SD dan Kunci Jawabannya
Soal latihan seleksi kompetensi bidang (SKB) tes CPNS 2018 untuk guru SD yang sudah disertai dengan kunci jawabanya
Pemerintah membuka 238.015 formasi pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018. Jumlah itu terdiri atas 51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda). Kuota yang diterima pada seleksi penerimaan CPNS 2018 seluruh Indonesia ini terbesar dalam seleksi penerimaan CPNS selama ini.

Berdasarkan data Kemenpan dan RB, terdapat formasi 122.000 guru dan dosen yang dibuka pada peneriman CPNS tahun ini. Dari total formasi guru dan dosen itu, formasi khusus guru 88.000 untuk guru kelas Sekolah Dasar (SD) dan guru mata pelajaran di instansi pemda, 12.000 untuk guru madrasah di Kementerian Agama, dan 14.454 untuk dosen di Kemenag dan Kemenristekdikti.

Tes CPNS tahun 2018 terdiri atas tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dan tes seleksi kompetensi bidang (SKB). Pertama, peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang harus mengerjakan 100 soal berbasis Computer Assisted Test (CAT) yang terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal.

Setelah peserta dinyatakan lulus tes komptensi dasar (TKD) dengan nilai di atas passing grade alias nilainya berada di atas ambang batas, maka selanjutnya dilakukan seleksi tahap dua, yakni tes kompetensi bidang (TKB). Dalam TKB ini peserta diuji kemampuan pada bidangnya. Kelulusan TKB dilihat dari pencapaian nilai tertinggi. Soal dalam TKB sesuai dengan jurusannya.

TKB merupakan salah satu jenis bentuk tes akhir seleksi CPNS 2018. Tes ini untuk mengukur kemampuan atau keterampilan peserta ujian CPNS sesuai dengan kompetensi jabatan formasi yang dibuka. Sehingga materi soal TKB untuk jabatan yang satu berbeda dengan jabatan yang lain. Soal tes TKB disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional tertentu.

Contoh peserta CPNS tahun 2018 yang melamar formasi jabatan Guru Kelas SD yang dibuka oleh instansi daerah, maka materi ujian TKB-nya berkaitan dengan pengetahuan substansi yang berkaitan dengan pendidikan sekolah dasar. Tes TKB untuk formasi guru disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional guru yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

TKB ini adalah mencakup wawasan sebagai seorang guru dalam bidang pengajaran dan juga mencakup wawasan seorang tenaga pendidik dalam memberikan ilmu pengetahuan dan metode pendidikan terhadap siswa didik yang dimiliki. Tes TKB pada seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 ini menguji kompetensi, kemampuan dan kecakapan seorang tenaga pengajar.

Diprediksi soal tes kompetensi bidang (TKB) bagi pelamar CPNS 2018 formasi guru kelas SD tidak akan jauh dengan soal Uji Kompetensi Guru (UKG) yang telah dilaksanakan oleh Kemendikbud. Soal-soal seleksi kompetensi bidang (SKB) tes CPNS 2018 untuk guru SD tidak lepas dari 4 kompetensi yang wajib dimiliki guru, yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

SOAL LATIHAN TES KOMPETENSI BIDANG GURU KELAS

Pilihlah salah satu jawaban jawaban yang benar
1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit

30) Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah ….
A. Pengukuran
B. Evaluaasi
C. Penilaian
D. Penilaian

41) Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika adalah....
A. Model Inquiry Learning
B. Model Discovery Learning
C. Model Problem Based Learning
D. Model Project Based Learning

52) Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ...
A. Puisi, prosa, sajak
B. Puisi, pantun, drama
C. Puisi, prosa, drama
D. Puisi, drama, sajak

59) Harga 2 koper dan 5 tas adalah Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2 tas adalah Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas adalah ...
A. Rp 240.000,00
B. Rp 270.000,00
C. Rp 330.000,00
D. Rp 390.000,00

84) Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?
A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C. Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia

100) Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah basah dan sampah kering. Hal yang paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah...
A. Dibakar habis
B. Di daur ulang
C. Dikubur didalam tanah
D. Dibiarkan ditempat terbuka

KUNCI JAWABAN SOAL LATIHAN SKB GURU KELAS SD

1. B
2. A
3. D
4. C
5. B
6. A
7. B
8. A
9. C
10. C
11. D
12. B
13. C

Selengkapnya 100 soal latihan seleksi kompetensi bidang (SKB) tes CPNS 2018 untuk guru SD yang sudah disertai dengan kunci jawabanya dapat didownload melalui link berikut ini:

https://drive.google.com/file/d/1xAAhuzfFNNnMR_LS4mQYIxoBCOaYg2UA/view

Puluhan ribu soal yang disediakan BKN untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Keduanya memiliki persediaan puluhan ribu soal. Para peserta tidak akan dapat menyontek saat melakukan tes. Sebab, peserta lain yang duduk di sebelahnya juga harus menghadapi soal yang berbeda dari puluhan ribu pertanyaan yang dipersiapkan.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 24 Oktober 2018

KOMENTAR ANDA