Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kumpulan Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 5

Kumpulan Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 5
Download soal UAS atau soal Penilaian Akhir Semester 1 kelas 5 sesuai Kurikulum 2013.
Penilaian Akhir Semester (PAS) pada Kurikulum 2013 (K13) atau juga dikenal dengan Ulangan Akhir Semester (UAS) ganjil dilaksanakan pada sekitar bulan Desember sesuai dengan kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Jadwal pelaksanaan PAS semester 1 kelas 5 SD Kurikulum 2013 dibuat oleh Dinas Pendidikan masing-masing daerah.

Untuk setiap tema kelas 5 SD Kurikulum 2013 (K13) terdiri 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap akhir dari setiap subtema dilaksanakan Penilian Harian atau Ulangan Harian (UH). Untuk tengah semester dilaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS). Ujian tulis untuk menilai kompetensi pengetahuan (KI-3) yang telah dipelajari.

DAFTAR TEMA DAN SUBTEMA SEMESTER 1 KELAS 5

Tema 1 - Organ Gerak Hewan dan Manusia
Subtema 1 - Organ gerak Hewan.
Subtema 2 - Manusia dan Lingkungannya.
Subtema 3 - Lingkungan dan Manfaatnya.

Tema 2 - Udara Bersih Bagi Kesehatan
Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih.
Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernafasan.
Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernafasan Manusia.

Tema 3 - Makanan Sehat
Subtema 1 - Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?
Subtema 2 - Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh.
Subtema 3 - Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat.

Tema 4 - Sehat itu Penting
Subtema 1 - Peredaran Darahku Sehat
Subtema 2 - Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah
Subtema 3 - Cara Memelihara Organ Peredaran Darah Manusia

Tema 5 - Ekosistem
Subtema 1 - Komponen Ekosistem
Subtema 2 - Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem
Subtema 3 - Keseimbangan Ekosistem

PEMETAAN KOMPETENSI DASAR (KD) KELAS 5

Soal UAS atau penilaian akhir semester 1 Kelas 5 SD disusun berdasarkan kisi-kisi terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Soal UAS Kurikulum 2013 kelas 5 terdiri dari beberapa kompetensi dasar muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

Pemetaan KD kelas 5 sesuai Kurikulum 2013 perlu dilakukan karena dapat mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal. Soal PAS semester 1 kelas 5 disusun berdasarkan kisi-kisi.

Pada Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Matematika terpisah dengan Tematik. Pada Kurikulum 2013 revisi terbaru untuk kelas 5 SD/MI, Matematika menjadi mata pelajaran sendiri. Selain itu, mata pelajaran PJOK juga di luar pembelajaran tematik. Materi pokok Matematika kelas 5 semester 1 Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

1. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
2. Perkalian dan Pembagian Pecahan
3. Menghitung Kecepatan dan Debit
4. Penggunaan Skala dan Denah

DOWNLOAD SOAL PAS KELAS 5 KURIKULUM 2013

Untuk bahan persiapan menghadapi UAS atau PAS, khususnya kelas 5 yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan berikut ini. Selengkapnya soal UAS atau soal penilaian akhir semester 1 kelas 5 SD sesuai Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru yang belum disertai kunci jawabannya dapat didownload melalui link berikut:




Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka (bilangan bulat skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik yang mengacu pada setiap Kompetensi Dasar (KD). Nilai penilaian akhir semester (NPAS) merupakan nilai setiap Kompetensi Dasar (KD).