» » » Sosialisasi Kisi-kisi Ujian Nasional UN 2013

Sosialisasi Kisi-kisi Ujian Nasional UN 2013

Para pelajar yang ada di tingkat akhir jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA ataupun SMK tahun depan harus masih menjalani Ujian Nasional (UN). Walau sudah banyak yang menantang dan menyayangkan aturan ini. Saat ini Kemendikbud bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) masih terus menyempurnakan kisi-kisi soal Ujian Nasional (UN) 2013.

Kisi-kisi UN 2013 yang telah dibuat sejak tahun 2012 ini ditargetkan selesai pada pekan kedua atau pekan ketiga bulan November untuk selanjutnya segera disosialisasikan ke sekolah-sekolah sehingga para guru dapat fokus mempersiapkan anak didiknya. Sehingga targetnya sosialisasi kisi-kisi UN 2013 sudah bisa dilakukan bulan November.

Pembuatan kisi-kisi UN 2013 juga didasarkan dan dikembangkan pada kurikulum yang tengah diajarkan guru pada anak didiknya. Oleh sebab itu, pendalaman materi bagi anak didik sebenarnya dapat dilakukan tanpa menunggu kisi-kisi.

Sebenarnya sosialisasi kisi-kisi UN 2013 baru bisa dilakukan setelah BSNP memberi mengizinkan untuk melansir kisi-kisi UN tersebut. Karena secara teknis, Kemendikbud hanya berwenang memberikan konsep atau draf kisi-kisi UN, langkah selanjutnya menjadi wewenang penuh BSNP sebagai badan yang bertanggungjawab besar pada UN.

Hati-hati dan jangan mempercayai kisi-kisi atau bocoran soal UN yang diperjualbelikan bebas di pasaran. Karena, tidak akan ada kisi-kisi atau kunci jawaban UN yang diperjualbelikan. Kisi-kisi UN 2013 tidak disajikan dalam bentuk butir-butir soal. Melainkan kisi-kisi yang diberikan hanya menampilkan judul, atau panduan mengenai materi apa saja yang akan diujikan.

Sumber: Kompas.com



SekolahDasar.Net | 17 Oktober 2012
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA