» » » Mengingat Kembali Materi Lewat Kalendar Ingatan

Mengingat Kembali Materi Lewat Kalendar Ingatan

Mengingat Kembali Materi Lewat Kalendar Ingatan
Kalendar ingatan adalah sebuah perangkat administrasi yang secara tidak sengaja telah terfikirkan oleh saya yang kemudian saya aplikasikan di dalam KBM. Ini merupakan cara saya untuk memancing para siswa agar mau mengingat kembali isi materi pembelajaran yang telah disampaikan pada hari-hari atau minggu sebelumnya.

Pada kalendar ingatan ini, saya telah mencatat beberapa pokok penting tentang suatu materi, guna mempermudah peristiwa yang pernah dialami siswa, tentunya yang berkaitan dengan proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Alhasil, ini sangat membantu seorang guru agar siswanya tidak mudah lupa pada materi ajar yang sudah diajarkan.

Ini merupakan salah satu cara dari sekian banyak cara untuk menyuguhkan sesuatu yang baru dan inovatif di dunia pendidikan. Kalendar ingatan sangat mudah dibuat dan digunakan oleh para guru, cukup sediakan kalendar yang sudah tidak terpakai, kemudian pada bagian yang polos kita beri garis lurus yang digunakan untuk mencatat hari, tanggal, bulan dan tahun serta pokok-pokok pembelajarn yang akan disampaikan.

Kemudian setelah jadi, langsung kita pakai dan beri penjelasan kepada siswa mengenai peran kalendar ingatan tersebut. Cukup sekian dari saya, terima kasih banyak. Mudah-mudahan bermanfaat. Amin.

*) Ditulis dan dikirim oleh Moh. Alfa Hasyim, S.Pd
Penulis adalah guru honorer SD Negeri 2 Karangsembung, Kec.Karangsembung, Kab.Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Lulusan UPI Kampus Sumedang Fakultas Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar jenjang SI. Lulus pada tahun 2010. Senang bersepeda, mengenal teknologi, dan membaca bacaan tentang Silogisme.

Anda juga ingin mengirim tulisan? Kirim saja di sini.



SekolahDasar.Net | 10 April 2013
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA