» » » » Pengertian Metode Inquiri, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Metode Inquiri, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Metode Inquiri, Kelebihan dan Kekurangannya
Tujuan utama menggunakan metode inquiri adalah membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan penemuan ilmiah.
Pengertian metode inquiri adalah metode pembelajaran yang mana siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses penemuan, penempatan siswa lebih banyak belajar sendiri serta mengembangkan keaktifan dalam memecahkan masalah.

Metode mengajar adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang digunakan oleh seorang guru atau instruktur. Pengertian lain adalah teknik pengajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual maupun kelompok, agar pelajaranitu dapat disrap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik.makin baik metode mengajar makin efektif pula pencapaian tujuan. ( Ahmadi, 2005 : 52). Proses inquiri adalah suatu proses khusus untukmeluaskanpengetahuan melalui penelitian.

Peran utama guru dalam pelajaran inquiri sebagai metoderator (Sutrisman,Tambunan 1987:6-39). Metode inquiri merupakan metode pengajaran yang berusaha meletakan dasar dan mengembangkan cara berpikir ilmiah. Dalam penerapan metode ini siswa dituntut untuk lebih banyak belajar sendiri dan berusaha mengembangkan kreatifitas dalam mengembangkan masalah yang dihadapinya sendiri. Dan tujuan utama menggunakan metode inquiri adalah membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan penemuan ilmiah.

Langkah-langkah penerapan metode inquiri

Kegiatan-kegiatan belajar yang disajikan dalam semangat berbagai inquiri menambah motivasi dan dan memajukan partisipasi aktif (Hamalik,200 :64). Syarat-syarat penerapan metode inquiri adalah merumuskan topik inquiri dngan jelas dan bermanfaaat bagi siswa, membantu kelompok yang seimbang baik akademik mupunsosial dan mejelaskan tugas, menyediakan balikan kepada kelompok-kelompok dengan cara yang responsive dan tepat waktunya.

Sekali-sekali perlu intervensi oleh guru agar terjadi interaksi antara pribadi yang sehat dan demi kemajuan tugas. Melaksanakan penilaian terhadap kelompok, baik terhadap kemajuan kelompok maupn hasil-hasil yang dicapai (Hamalik,2004 :65).

Menurut pendapat Sudjana (2004 :155) dalam menerapkan metode inquiri adalah beberapa tahapan yaitu : perumusan masalah untuk dipecahkan siswa menetapkan jawaban sementara atau lebih dikenal dengan istilah hipotesis, siswa mencari informasi, data, fakta yang diperlukan untuk menjawab permasalahan atau hipotesis, dalam menarik kesimpulan atau generalisasi, mengaplikasikan kesimpulan dalam situasi baru.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Inquiri:

a. Kelebihan Metode Inquiri
Siswa aktif dalam kegiataan belajar. Sebab ia berpikir dan menggunnakan kemampuan untuk hasil akhir perkembangan secara bepikir ilmiah. Seperti mengali petanyaan, mencari jawaban, dan menyimpulkan atau memproses keterangan. Dengan metode inquiri dapat dikembangkan seluas-luasnya dan melatih anak untuk belajar sendiri dengan positif sehingga dapat dikembangkan pendidikan demokrasi.

b. Kelemahan Metode Inquiri
Metode inquiri kurang cocok pada anak yang usianya terlalu muda misalnya anak Sekolah Dasar khususnya di kelas rendah. Dengan penerapan metode inquiri memerlukan kecerdasan anak yang tinggi, bila anak kurang cerdas, hasilnya kurang efektif.

Berdasarkan pendapat tersebut diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan tetapi semua itu dapat diatasi dengan baik jika seorang guru kreatif dalam menggunakannya dan siswa akan terlihat aktif dalam proses belajar mengajar.



SekolahDasar.Net | 8 Januari 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA