Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mendikbud: "Tidak Ada Lagi Istilah Sekolah Favorit"

Mendikbud: "Tidak Ada Lagi Istilah Sekolah Favorit"
Dengan ini, tidak ada lagi istilah sekolah favorit atau tidak favorit.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya sedang merancang sistem penerimaanya siswa baru menggunakan zona, bukan rayon. Sistem ini bertujuan untuk menghapus kastanisasi sekolah.

"Kalau sekarang, banyak sekolah favorit yang jadi rebutan. Dengan ini, tidak ada lagi istilah sekolah favorit atau tidak favorit," kata Muhadjir yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (06/12/16).

Sistem baru ini akan mempertimbangkan seberapa jauh jarak anak dari sekolah. Aturan sistem penerimaan siswa menggunakan zona ini mewajibkan sekolah negeri menerima anak pintar maupun bodoh.

"Ini pemerataan hak, tak boleh ada diskriminasi," kata Muhadjir.

Sistem penerimaan ini mempertimbangkan jarak dan waktu tempuh setiap anak ke sekolah. Jika saat ini kan mempertimbangkan nilai, maka dengan sistem ini yang penting anak mudah menjangkau sekolah.

Baca juga: Seperti Inilah Sekolah Dasar (SD) di Jepang

Sistem penerimaan siswa menggunakan zona masih dalam perumusan. Namun, Kemdikbud menargetkan aturan tersebut akan selesai pada 2017. Sistem baru itu akan berlaku bagi semua jenjang, baik SD, SMP,  dan SMA sederajat.