Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Terbaik Menjadikan Keluarga Harmonis dan Bahagia

Tips Terbaik Menjadikan Keluarga Harmonis dan Bahagia
Selalu meluangkan waktu untuk keluarga adalah kuncinya.

Keluarga merupakan hal yang selalu menjadi prioritas utama dalam hidup seseorang. Dalam menjalani hidup berkeluarga sangat dibutuhkan perhatian dari masing-masing pasangan. Untuk meraih sebuah kebahagiaan perlu adanya perencanaan yang matang. Terutama untuk pasangan yang masih menjalani tahun-tahun pertama tentunya banyak harapan dan rencana dalam membina rumah tangga agar menjadi keluarga harmonis dan bahagia.

Dalam menyusun rencana untuk kebahagiaan memang tidak mudah, namun anda dapat berkomunikasi dan meluangkan waktu bersama untuk merencanakannya. 

Tips Terbaik Menjadikan Keluarga Harmonis dan Bahagia 


Menurut Psikolog Intan Erlita, keharmonisan dan kebahagiaan sebuah keluarga tidak bisa diukur dengan angka namun dirasakan. Sebab dengan keluarga yang bahagia, pasangan akan ikut juga berbahagia. Untuk memperoleh keluarga harmonis dan bahagia membutuhkan perjuangan dan kerja keras. Pasangan harus memahami beberapa tips dalam mencapai kebahagiaan keluarga tersebut.

1. Meluangkan Waktu Bersama

Bagi anggota keluarga, meluangkan waktu untuk berkomunikasi dan bercerita tentang masalah satu sama lain adalah hal yang sangat penting. Ketika salah satu anggota keluarga menemukan masalah, sharing adalah hal yang tepat dalam memecahkan masalah. Terutama kepada anak-anak, anda harus coba mendekati, mengajak bicara dari hati ke hati dan jangan membuat mereka takut. Semakin sering anda meluangkan waktu untuk keluarga, maka akan tercipta keluarga harmonis dan bahagia.

2. Jujur dan Memprioritaskan Pernikahan

Salah satu hal penghambat terciptanya suasana harmonis keluarga ialah ketidakjujuran dan ketidakterbukaan pasangan atau anggota keluarga. Oleh karena itu, jujur dan terbuka terhadap pasangan sangat penting bagi kelangsungan sebuah keluarga.

3. Hindari Pertengkaran dan Menciptakan Suasana Menyenangkan

Pepatah mengatakan "rumahku adalah surgaku". Ungkapan tersebut benar adanya. Bahwa sebuah rumah tangga yang harmonis dan bahagia adalah surga bagi keluarga. Keluarga harmonis dan bahagia adalah idaman semua pasangan. Hindari pertengkaran dan ego masing-masing pasangan. Saling menciptakan suasana kegembiraan dan kesenangan dalam keluarga.

4. Bijak dan Tegas dalam Menghadapi Masalah

Suatu masalah dalam keluarga sering memicu hubungan menjadi tidak baik dalam keluarga. Anda harus mampu bersikap tegas dan selalu berpedoman pada ajaran agama. Untuk menuju keluarga harmonis dan bahagia sebaiknya anda mencari solusi dan jalan keluar yang terbaik. Tidak membawa masalah luar atau pekerjaan  ke dalam masalah keluarga. Karena permasalahan ini akan membuat keharmonisan keluarga menjadi goyah dan hancur.

5. Jadwalkan Kegiatan Untuk Keluarga

Dengan menjadwalkan kegiatan keluarga seperti makan bersama, mempererat silaturahmi dengan orangtua pasangan maupun kerabat, mengajak keluarga bertamasya, atau merencanakan kegiatan yang positif untuk keluarga.

Perjuangan untuk menjadikan keluarga harmonis dan bahagia merupakan tugas bersama. Menciptakan keluarga yang penuh kegembiraan, kebersamaan dan saling mengasihi. Memprioritaskan keluarga dibandingkan urusan pribadi. Saling  jujur dan terbuka dalam keluarga. Selalu meluangkan waktu untuk keluarga adalah kuncinya.

Berlangganan via Email