• Kajian Buku Teks - Ayo Belajar Matematika untuk SD dan MI kelas IV


    Profil Buku Teks
    Judul : Ayo Belajar Matematika untuk SD dan MI kelas IV
    Pengarang : - Burhan Mustaqim dan  Ary Astuti
    Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen
    Pendidikan Nasional
    Tahun : 2008
    Ukuran Buku : 17,6 x 25 cm
    Tebal Buku : 249 halaman


    Kajian Buku Teks
    Buku teks ayo belajar matematika untuk SD kelas IV ini dilihat dari cover sudah baik, yaitu gambar berwarna seorang ibu melakukan transaksi jual beli, disitu ada pesan yang disampaikan mewakili isi buku matematika. Ada uang yang menggambarkan Materi pertama yaitu Operasi Hitung Bilangan. Dan ada gambar timbangan yang mewakili materi ketiga, yaitu Pengukuran.

    Jenis font dan ukuran font yang digunakan cocok dengan siswa sekolah dasar kelas 4, dimana ukurannya besar. Selain itu juga warna font tidak hanya hitam, untuk judul sub bab menggunakan warna lain yang cerah. Dan setiap ada yang penting dihiasi dengan kotak yang berwarna-warni sehingga akan menarik siswa untuk membaca dan mengingatnya.

    Buku teks Ayo Belajar Matematika untuk SD kelas 4 ini untuk setiap bab baru selalu diawali dengan gambar full halaman penuh yang berwarna serta materi dan diskripsi materi. Sehingga akan memberikan gambaran kepada siswa tentang apa yang akan dipelajari. Setelah itu ada peta konsep yang membantu mengetahui sub materi yang akan dipelajari. Serta di dalam buku teks terdapat gambar-gambar ilustrasi yang menarik untuk membantu pemahaman siswa mengenai sebuah materi.

    Dilihat secara langsung buku ini memiliki ketebalan yang lumayan, dengan 249 halaman, karena buku Teks ini digunakan untuk satu tahun, semester 1 dan 2. Saya berpendapat ketebalan ini masih wajar, karena untuk satu tahun, dan saya lebih setuju jika buku dibuat satu tahun, bukan per semester dengan pertimbangan siswa akan mudah memahami seluruh pelajaran (materi) karena masih dalam kesatuan. Jika dibuat persemester bisa saja siswa mengabaikan semester pertama jika sudah selesai. Dan dianggap sudah tidak ada kaitannya. Dari segi harga pun akan lebih murah jika dibuat buku dengan format untuk setahun (2 semester). Dan untuk ukuran buku teks Ayo Belajar Matematika untuk SD kelas 4 ini cocok, karena tidak terlalu besar.
    Di buku tesk Ayo Belajar Matematika untuk SD kelas 4 juga disertai rangkuman yang membantu siswa untuk mengingat kembali apa saja yang telah dipelajari dan konsep-konsep yang harus dia pahami. Seperti kebanyakan buku teks matematika, dan sifat pelajaran matematika yang memerlukan banyak latihan soal. Buku teks ini memberikan latihan-latihan soal untuk lebih memahami konsep dan juga latihan evaluasi untuk mengukur sampai mana siswa menguasai materi. Tapi buku teks ini tidak disertai petunjuk penggunaan.

    Di dalam buku teks ini disertai kolom reflesi yang berupa cek list, yang bisa diisi siswa, dari sub-sub materi yang sudah dipelajari mana saja yang sudah paham dan yang belum paham. Sehingga juga bisa membantu guru untuk mengetahui keberhasilan siswa dan menerima pelajaran dan guru dalam membimbing siswa. Serta dalam buku teks ini disertai glosarim, indeks dan daftar pustaka.

    Bahasa yang yang digunakan buku teks Ayo Belajar Matematika untuk SD kelas 4 cukup mudah dipahami siswa, tapi gaya penulisannya yang cenderung berupa pertanyaan akan membuat siswa menjadi binggung. Bahasa yang digunakan adalah sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Dari segi keruntutan secara kurikulum buku teks ini sudah runtun yaitu menyajikan materi dari standart kompetensi yang ada, dan urut sesuai dengan kurikulum yang ada. Mulai dari kompetensi dasar 1.1 sampai kompetensi dasar 8.4. Lalu keruntutan secara isi, buku teks ini memberikan kemudahan, yaitu dimulai dari yang mudah dan lanjut ke yang lebih kompleks. Misalnya; dalam materi Bilangan Pecahan, yaitu menyajikan pecahan yang sederhana ½ samapi 4/8 dan sebagainya. Dengan keruntutan dari yang mudah ke yang sulit berarti secara psikologi siswa juga sudah sesuai. Siswa diberikan materi yang mudah dahulu kemudian ke yang lebih sulit. Isi dari buku teks ini sudah sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan sekolah dasar.

    Apakah buku teks ini sudah memenuhi kebutuhan siswa dan guru? Sudah, bagi siswa buku ini akan mudah dipahami, akan menarik siswa untuk membaca. Bagi guru buku ini bisa menjadi sumber belajar bagi siswa yang relevan dengan isi kurikulum. Disertai dengan materi, dan latihan-latihan soal yang diharapkan akan mampu membuat siswa lebih memahami apa yang dia pelajari. Bagi guru, dengan buku teks ini akan membantu dalam menyampaikan materi dalam pembelajaran matematika di kelas 4 sekolah dasar. Dan buku teks Ayo Belajar Matematika ini layak untuk digunakan di sekolah dasar, dari kajian kriteria buku teks yang baik, semua hampir ada di buku teks ini.



    SekolahDasar.Net | 02/03/2011 | #Buku Ajar

    Ketik email Anda:

KOMENTARI Kajian Buku Teks - Ayo Belajar Matematika untuk SD dan MI kelas IV

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Informasi Terbaru