Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Lengkap, Tujuan Pembelajaran (TP) Kelas 1 SD untuk E-Rapor


Dalam penerapan Kurikulum Merdeka, guru kelas 1 sudah pasti memahami apa itu CP dan TP. Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang wajib dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi serta lingkup materi yang dibuat secara komprehensif dalam bentuk narasi. Capaian Pembelajaran untuk Sekolah Dasar (SD) terdiri dari 3 fase, yaitu A, B, dan C.

Tujuan pembelajaran atau TP adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. TP dibuat dengan memperhatikan eviden atau bukti yang dapat diamati dan diukur pada peserta didik, sehingga peserta didik bisa dinyatakan mencapai suatu tujuan pembelajaran. Dalam menyusun tujuan pembelajaran sebaiknya memuat dua komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi.


Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan aplikasi e-Rapor Kurikulum Merdeka bagi satuan pendidikan Sekolah Dasar. Aplikasi e-Rapor adalah pilihan bagi guru dan satuan pendidikan sebagai alat bantu melakukan pelaporan hasil belajar peserta didik untuk dikomunikasikan kepada orang tua. e-Rapor diharapakan bisa memudahkan guru dalam mengadministrasikan laporan hasil belajar peserta didik.

Contoh Kalimat CP dan TP Kelas 1 Sesuai e-Rapor

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila

Kalimat CP

Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah

Kalimat TP

  1. Menyebutkan simbol sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
  2. Melafalkan bunyi sila-sila Pancasila
  3. Menceritakan hubungan antara simbol dan sila Pancasila dalam Lambang Negara Garuda Pancasila
  4. Menyebutkan contoh perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga
  5. Menyebutkan contoh perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah 
  6. Menerapkan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga 
  7. Menerapkan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah 

Download Tujuan Pembelajaran (TP) Kelas 1 SD

Langkah pertama yang dilakukan guru kelas 1 ketika menggunakan aplikasi e-Rapor Kurikulum Merdeka adalah Input Tujuan Pembelajaran (TP). TP ini akan menjadi dasar penyusunan deskripsi, untuk proses input cukup dilakukan oleh guru kelas. Mata pelajaran kelas 1 SD yaitu ; Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni dan Budaya, Bahas Inggris, dan muatan lokal.

Selengkapnya Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan pembelajaran (TP) kelas 1 SD semua mata pelajaran dapat Anda download. CP dan TP untuk mengisi aplikasi e-Rapor Kurikulum Merdeka ini berformat excel. Sebagai bahan referensi atau memudahkan guru dalam mengadministrasikan laporan hasil belajar, Anda dapat mendownload CP dan TP kelas 1 SD lengkap semua mata pelajaran melalui tautan berikut ini:


Aplikasi e-Rapor jenjang SD Kurikulum Merdeka terintegrasinya dengan sistem pada Dapodik. Guru kelas 1 harus membuat dua rapor, yaitu rapor intrakurikuler dan juga rapor P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Aplikasi e-rapor jenjang SD dan petunjuk manualnya bisa diunduh melalui laman ditpsd.kemdikbud.go.id. Setelah memliki Tujuan Pembelajaran (TP), guru tinggal menyiapkan hasil penilaian.