» » Contoh Soal UKG Online dari Kemendikbud

Contoh Soal UKG Online dari Kemendikbud

Contoh soal uji kompetensi guru (UKG) atau kisi-kisi soal demi memudahkan para guru menghadapi ujian kompetensi telah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Seperti dikutip dari kompas.com (23/07) bahwa Kemendikbud telah menyediakan contoh soal yang dapat diakses secara gratis di www.ukg.kemdikbud.go.id.

Tetapi sampai tulisan ini dibuat, website resmi Kemendikbud untuk mendapatkan contoh soal UKG online yang beralamat di www.ukg.kemdikbud.go.id belum bisa diakses. Hal ini tidak sesuai dengan yang dikatakan oleh Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Utara Bambang Winarji di Medan, Minggu (22/7/2012) "Tinggal diakses saja, terus diunduh, di sana ada pedoman-pedoman bahasan yang diujikan, 30 persen pedagogik, 70 profesional,".

Untuk saat ini, hanya kisi-kisi soal UKG yang bisa didapatkan oleh guru yang akan menjalani uji kompetensi yang akan berlangsung 30 Juli-12 Agustus 2012. Untuk mendapatkan kisi-kisi soal UKG untuk semua jenjang pendidikan dari tingkat SD sampai SMA bisa di dapatkan di website Badan PSDMPK-PMP yaitu http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/ukguru.

Dalam uji kompetensi, guru akan mengerjakan soal yang berjumlah 100 soal dengan waktu 120 menit. Komposisi instrumen materi tes UKG adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional. Setiap lokasi ujian akan diawasi satu pengawas, dan teknisi. Para peserta UKG akan mengikuti ujian secara bergelombang. Tidak ada yang tahu soalnya akan seperti apa ketika pelaksanaan ujian yang sesungguhnya dan kemungkinan bocor sedikit karena semua berlangsung secara online.

Persiapkan diri sejak dini dengan terus belajar dan tetap bersikap tenang. Karena tujuan awal dari UKG Online adalah untuk menghimpun data awal dalam proses pembinaan profesi guru. PGRI juga pun meminta Kemendikbud agar UKG tidak dikaitkan dengan sertifikasi, terlebih dengan penerimaan tunjangan profesi guru (TPG). Kepada para guru peserta uji kompetensi hendaknya tidak terpengaruh rayuan oknum tertentu yang dapat menyediakan bocoran soal UKG dengan iming-iming uang.



SekolahDasar.Net | 26 Juli 2012
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA