Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Buku Pedoman UKG 2012

3 bulan ini guru yang sudah mendapat sertifikat pendidik akan menjalani uji kompetensi guru. Untuk itu guru yang akan mengikuti ujian sudah diberikan pengarahan atau sosialisasi untuk kesiapan dalam menghadapi UKG. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK - PMP) telah menerbitkan Buku Pedoman Uji Kompetensi Guru (UKG)

Buku Pedoman Uji Kompetensi Guru (UKG) ini terdiri dari 4 BAB. Bab Pendahuluan dari buku pedoman UKG memuat latar belakang, karena sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Ada dasar hukum yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan UKG yang harus diketahui guru.

Tujuan UKG salah satunya yang tertulis di Buku Pedoman UKG 2012 adalah untuk memetakan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Uji kompetensi guru pada tahun 2012 akan dilaksanakan dengan 2 (dua) cara yaitu:
1. Sistem online
2. Sistem manual (paper pencil test)

BAB II dari Buku Pedoman Uji Kompetensi Guru memuat beberapa subbab, diantaranya: Landasan UKG yang meliputi 3 aspek (1.) Aspek Filosofis (2.) Apek Teoritis Pedagogik dan (3.) Aspek Empirik Sosial. Prinsipnya UKG mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content.

Pengembangan instrumen uji kompetensi awal yang tertulis di Buku Pedoman UKG 2012, terdiri atas kisi-kisi dan butir soal. Soal UKG dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban.Komposisi instrumen tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional dengan waktu pengerjaan soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal.

Selengkapnya bisa dibaca di Buku Pedoman UKA 2012, yang bisa didownload di tautan di bawah ini:

Download Buku Pedoman Uji Kompetensi Guru (UKG)
atau
Download Buku Pedoman Uji Kompetensi Guru (UKG)

Ada baiknya anda memiliki dan mempelajari tentang seluk beluk uji kompetensi guru lewat Buku Pedoman UKG yang resmi diterbitkan oleh Badan PSDMPK - PMP agar anda tidak terjebak pada informasi-informasi yang tidak jelas. Semoga bermanfaat.