» » » » » Anak Diwajibkan Ikut PAUD Sebelum Masuk SD

Anak Diwajibkan Ikut PAUD Sebelum Masuk SD

Ikut PAUD akan jadi syarat pendidikan sebelum masuk SD
PAUD akan diwajibkan kepada setiap anak sebagai salah satu syarat pendidikan sebelum masuk SD.
Pendidikan anak usia dini (PAUD) wajib diberikan untuk anak-anak usia dini sebelum masuk ke tingkat sekolah dasar (SD). Hal ini dikatakan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (Sesditjen PAUDNI) Kemendikbud, Ella Yulaelawati.

"Pendidikan di kepulauan itu harus merakyat dan berkualitas dan itu bisa didapatkan lewat PAUD. Tetapi, PAUD harus memiliki standar yang tinggi supaya bisa memberikan pendidikan dasar pada anak sebelum masuk ke tingkat SD," kata Ella yang SekolahDasar.Net kutip dari Kompas (05/05/15).

Nantinya, PAUD akan diwajibkan kepada setiap anak sebagai salah satu syarat pendidikan sebelum masuk SD. Anak mengikuti PAUD minimal satu tahun. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan tata cara belajar kepada anak agar bisa memahami dengan mudah saat masuk ke tingkat SD.

Baca juga: Dilarang Memberi Tes Calistung Untuk Masuk SD

Ella mengatakan banyak hal yang bisa dilakukan dalam memberi pembelajaran kepada anak di PAUD. Misalnya, belajar membaca sebagai pengetahuan dasar untuk anak, namun menurutnya jangan terlalu terus-menerus membaca. Semua harus disesuaikan dengan kondisi anak supaya tidak mudah bosan.

Di seluruh wilayah Indonesia saat ini total ada sekitar 73.000 PAUD dan akan mendapatkan pengembangan dalam meningkatkan kualitas. PAUD menjadi prioritas Kemendikbud dalam memberikan penanaman pendidikan karakter sejak dini pada anak.



SekolahDasar.Net | 5 Mei 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA