Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Guru Hebat Itu Punya Kompetensi Lebih, Ini Cirinya

Ciri guru hebat
Guru hebat harus fokus dalam pengembangan seluruh potensi yang dimiliki peserta didiknya.
Guru hebat adalah mereka yang memiliki kompetensi lebih, bukan guru yang sekadar memenuhi standar. Hal ini dikatakan Guru Besar Universitas Negeri Yogyakara (UNY), Prof. Suwarsih Madya saat seminar bertajuk, "Aku Guru Hebat Apapun Kurikulumnya" di Universitas Negeri Semarang (Unnes).

"Untuk menjadi guru yang hebat, harus mendidik dengan niat sebagai ibadah, memperkokoh kepribadian, meningkatkan kompetensi secara kontinyu dengan memahami konteks secara menyeluruh,” kata Suwarsih yang SekolahDasar.Net lansir dari laman Unnes (14/07/15).

Baca juga: Resep Ini Dapat Membuat Guru Menjadi Hebat

Menurutnya guru yang hebat adalah guru yang mampu menyusun, melaksanakan, dan memberikan penilaian terkait pembelajaran kapan dan dimana saja dia ditempatkan. Guru hebat juga harus fokus dalam pengembangan seluruh potensi yang dimiliki peserta didiknya.

Terkait dengan perubahan kurikulum, Suwarsih mengajakan apa pun kurikulumnya, guru harus memastikan peserta didik tumbuh dan berkembang sesuai potensi masing-masing dalam situasi dan kondisi yang ada.

Seluruh guru diminta untuk tetap siap mengajar dengan kurikulum apa pun yang ditetapkan pemerintah. Karena kurikulum akan terus berubah mengikuti situasi politik, sosial, budaya dan perkembangan teknologi. Sementara, tugas guru tidak berubah.

Farida Fahmalatif SPd MPd, guru berprestasi tingkat nasional 2014 yang juga hadir dalam seminar itu mengatakan perubahan kurikulum harus disikapi dengan positif. Guru harus mengembangkan kompetensi personal, sosial, pedagogik dan profesional.

"Kurikulum apa pun, guru harus berprestasi dan menginspirasi", kata farida.