» » » » Tahun ini Dipastikan Tidak Ada Rekrutmen CPNS

Tahun ini Dipastikan Tidak Ada Rekrutmen CPNS

Ditetapkan kebijakan penerimaan pegawai baru di lingkungan instansi pusat dan daerah tahun 2015 ini dilakukan penundaan.
Tahun 2015 ini dipastikan tidak ada rekrutmen atau tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal ini berdasarkan Surat Edaran (SE) dari MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi nomor B/2163/M.PAN-RB/06/2015 tertanggal 30 Juni 2015.

Dalam Surat Edaran yang ditujukan kepada para kepala daerah dan pejabat pembina kepegawaian di pusat itu disebutkan alasan tidak adanya rekrutmen CPNS tahun ini, dan baru akan dilaksanakan 2016.

Baca juga: Inilah Sistem Baru Rekrutmen Guru PNS

Alasan ditundanya rekrutmen CPNS karena masih ada beberapa instansi yang belum menyelesaikan penetapan struktur organisasi dan peta jabatannya, menetapkan kebutuhan pegawai, menyampaikan data riil jumlah PNS, serta perkiraan PNS yang akan pensiun.

Selain itu, anggaran penerimaan CPNS tahun ini belum disediakan pemerintah, baik anggaran untuk penyusunan naskah soal, biaya upload naskah soal ke dalam sistem computer assisted test (CAT), dan biaya pelaksanaan seleksi.

"Maka ditetapkan kebijakan penerimaan pegawai baru di lingkungan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah tahun 2015 ini dilakukan penundaan," tulis dalam Surat Edaran MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (03/07/15).

Untuk itu, sebelum tahun 2016 instansi pusat dan daerah diberi kesempatan untuk menyelesaikan analisis jabatan dan analisis beban kerja. Termasuk menghitung kebutuhan pegawai dalam lima tahun mendatang.

MenPAN-RB mengatakan biaya rekrutmen CPNS sangat besar, oleh sebab itu harus dianggarkan setahun sebelumnya. Pihaknya tahun ini akan menganggarkan rekrutmen CPNS 2016. Sehingga untuk rekrutmen tahun depan tidak ada hambatan.



SekolahDasar.Net | 3 Juli 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA