Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tunjangan Profesi Guru Akan Dihapus, Ini Dasarnya

Tunjangan Profesi Guru Akan Dihapus, Ini Dasarnya
Dasar penghapusan TPG karena tidak semua guru berkinerja bagus meskipun telah mendapat tunjangan.
Pemerintah berencana akan menghapus Tunjangan Profesi Guru (TPG) yang selama ini diberikan kepada guru yang telah memiliki sertifikat pendidik. Dengan dihapusnya TPG, ke depan guru hanya akan menerima tunjangan kinerja setelah melalui pengujian.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sumarna Surapranata mengatakan, dasar penghapusan TPG karena tidak semua guru berkinerja bagus meskipun telah mendapat tunjangan itu.

Baca juga: Syarat Utama Pemberian Tunjangan Profesi Guru

Menurut Sumarna penghapusan TPG sah dilakukan mengingat dalam Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) yang akan segera diterapkan itu disebutkan bahwa besaran gaji PNS tergantung pada kinerja.

Kemendikbud menegaskan bahwa insentif kepada guru akan diberikan sesuai dengan kompetensi dan kinerja. Oleh sebab itu mekanisme pemberian tunjangan harus disesuaikan. Pemerintah ingin secepatnya insentif kepada guru berbasis kompetensi dan kinerja direalisasikan.

"Ke depan, tunjangan harus disesuaikan dengan tiga komponen uji yang akan dilakukan Kemendikbud, yakni penilaian kinerja guru (PKG), uji kompetensi guru (UKG), dan prestasi siswa," kata Sumarna yang SekolahDasar.Net kutip dari Koran Sindo (27/09/15).

Reformasi tunjangan guru akan dimulai tahun ini diawali dengan UKG pada November mendatang. Selain itu akan dilaksanakan PKG untuk memastikan kualitas dan transparansi evaluasi kinerja guru. Dua hal itu akan menjadi menu pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang merupakan terobosan baru pelatihan guru.

Guru besar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Hafid Abbas mendukung revisi sertifikasi guru karena tidak memberi dampak perbaikan atas mutu pendidikan nasional. Menurutnya sertifikasi guru melalui portofolio dan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) selama 90 jam tak lebih dari formalitas belaka.

"Pada 2010 biaya sertifikasi mencapai Rp110 triliun. Namun Bank Dunia memublikasi guru yang sudah sertifikasi dan yang belum ternyata menunjukkan prestasi yang relatif sama," kata Hafid.

Hafid berpendapat, ada tiga implikasi dari program sertifikasi yang harus dibenahi. Pertama, Kemendikbud harus menghilangkan pola formalitas dalam program sertifikasi guru. Kedua, kaitkan sertifikasi dengan pembenahan mekanisme pengadaan calon guru di perguruan tinggi. Ketiga, sertifikasi guru harus diselenggarakan berbasis kelas.

Menurutnya selama ini mereka yang mengikuti program sertifikasi guru tidak dirancang untuk mengamati kompetensinya mengajar di kelas. Akibatnya sertifikasi guru tidak berdampak pada peningkatan mutu.