» » » » Sertifikasi Penyebab Turunnya Kualitas Pendidikan?

Sertifikasi Penyebab Turunnya Kualitas Pendidikan?

Sertifikasi Penyebab Turunnya Kualitas Pendidikan?
Pengukuran kualitas guru tidak bisa lagi diukur dari nilai yang diperoleh guru dalam program sertifikasi.
Sertifikasi untuk para guru dituding sebagai penyebab penurunan kualitas pendidikan nasional. Pasalnya, para guru berlomba-lomba mengejar materi untuk mengejar sertifikasi sehingga mengurangi waktunya dalam mendidik siswa, baik di lingkungan atau luar sekolah.

Baca juga: Pasca Sertifikasi, Perceraian Guru Meningkat

Menurut pengamat pendidikan Universitas Gadjah Mada (UGM), Slamet Sutrisno, sistem pendidikan nasional membuat kegiatan belajar di sekolah menjadi teralienasi, karena minimnya interaksi antara siswa dan guru di luar jam sekolah.

“Semua ini disebabkan oleh beban birokratisasi administratif, karena itu pengukuran kualitas guru tidak bisa lagi diukur dari nilai yang diperoleh guru dalam program sertifikasi maupun UKG,” kata Slamet yang SekolahDasar.Net kutip dari Berita Satu (25/11/15).

Dalam ujian kompetesi pun, banyak perkara yang harus diperhatikan misalnya kemampuan guru dalam mengoperasionalkan komputer. Karena itu menurutnya, Kemendiknas harus menciptakan metode pengukuran kualitas guru yang lebih koheren termasuk keterampilan dan inonasi guru.

Sementara itu pengamat pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Wuryadi menyatakan semenjak digulirkannya program sertifikasi guru pada tahun 2007, guru terbelenggu dalam rutinitas yang birokratis. Termasuk juga Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), belum bisa meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.



SekolahDasar.Net | 25 November 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA